Petirodongi, PPID – Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang meletakan batu pertama untuk pembangunan Tugu Keserasian Petirodongi Kecamatan Pamona Utara yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Poso, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan ini merupakan program dari Dinas Sosial yang akan dialokasikan untuk 3 Desa dan 1 Kelurahan dengan anggaran Rp. 600.000.000 (Enam Ratus Juta Rupiah) yang merupakan bantuan dari Program Sinergitas Antar Kementerian/Lembaga Tahun 2021 dipelopori BNPT yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI, dengan Penguatan Rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten Poso.

Bupati Poso dalam sambutannya berharap Tugu yang akan dibangun ini bukan hanya akan menjadi Monumen biasa, akan tetapi akan menjadi pengingat pada kita semua bahwa kita tidak akan pernah maju jika kita tidak bersatu, bekerjasama dan bergotong royong, serta kita harus hidup rukun dan damai satu sama lain.

Setelah Bupati Verna melakukan Peletakan Batu Pertama Tugu Keserasian, Bupati bersama rombongan kemudian menuju Gereja Jemaat Horeb Petirodongi untuk meresmikan Gedung Sekolah Minggu Jemaat Horeb Petirodongi.

Baca Juga :  Bupati : Membangun Kabupaten Poso dari Wilayah Pedesaan

Bupati Verna disambut dengan Tarian Adat Poso namun tetap dengan prosedur Protokol Kesehatan Covid-19. Dalam acara ini turut hadir beberapa Kepala OPD, Ketua Umum Majelis Sinode GKST, Ketua Majelis Jemaat Horeb Petirodongi, Majelis Klasis, Camat Pamona Utara, Panitia Pembangunan, Anak-anak Sekolah Minggu, Pemerintah dan Majelis Adat Petirodongi.

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang dalam sambutannya menghargai dan mengapresiasi kepada jemaat yang sudah semangat, bekerja keras, berusaha, untuk membangun walaupun mencari dana dengan bersusah payah untuk pembangunan Gedung Sekolah Minggu ini.

Selain itu Bupati Poso juga menyampaikan dalam momen bahagia ini ingin menekankan yaitu Pertama: bangun terus persaudaraan dan persekutuan, eratkan tali kekerabatan dan kekeluargaan. Sebab kita semua tahu tanpa kebersamaan, tanpa persekutuan, tanpa kerjasama maka usaha apapun akan sia-sia;

Baca Juga :  Bayar Pajak Bentuk Partisipasi dan Tanggung Jawab Dalam Pembangunan Daerah

Kedua, dengan adanya gedung sekolah minggu yang baru ini maka harus ada semangat baru, ada tekad baru, ada komitmen baru untuk terus membangun jemaat dan mengembangkan sumber daya manusia melalui pembinaan dan pembentukan karakter yang tangguh. Hal ini sangat penting sebab kita sedang berhadapan dengan modernisasi, globalisasi dan kompetisi, jika kita tidak siap kita akan jauh ketinggalan dan akan semakin terpuruk;

Ketiga, bersama pemerintah daerah kiranya jemaat Tuhan bersinergi dan berkolaborasi yang bermuara pada kesejahteraan, mari kita sama-sama berdoa dan bekerja mengusahakan kesejahteraan untuk negeri ini, kesejahteraan Tana Poso yang kita cintai;

Keempat, saya tahu dan saya sangat mengerti segala sesuatu perencanaan kegiatan baik di aras sinode, aras klasis, aras jemaat maupun di masyarakat telah di persiapkan secara matang bahkan dari tahun lalu. Akan tetapi situasi krisis yang terjadi di seluruh dunia berkaitan dengan pandemi covid-19 varian baru yang sudah mulai masuk di Indonesia mengubah semua rencana manusia. Bukan hanya banyak perencanaan yang tidak bisa dijalankan atau diwujud nyatakan sepenuhnya, tetapi kita juga harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi darurat yang tidak bisa di hindari. “Kita semua terpanggil untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan berbesar hati melaksanakan kegiatan secara terbatas sampai kita betul-betul aman dari pandemi Covid-19”, Ungkap Bupati Poso saat mengakhiri sambutannya.k

Baca Juga :  Kabupaten Poso Terbaik Ke-2 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional 2020

Dalam acara ini Bupati Verna melakukan Pemukulan Gong, Pengguntingan Pita, Penandatanganan Prasati sebagai tanda diresmikannya Gedung Sekolah Minggu Jemaat Horeb Petirodongi yang dilanjutkan dengan peninjauan langsung gedung tersebut.

Selanjutnya Bupati Verna mengikuti Ibadah syukur bersama tamu undangan dan seluruh Jemaat Horeb Petirodongi yang hadir.

KOMENTAR