Poso, PPID – Sebanyak 80 Kepala Desa Terpilih dari 16 Kecamatan yang menggelar Pilkades serentak pada tanggal 4 Desember yang lalu resmi dilantik oleh Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang. Acara pelantikan Kepala Desa Periode 2021 – 2027 kali ini juga dirangkaikan dengan Pelantikan 80 Ketua TP-PKK Desa dan Peresmian Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta Pengganti Antar Waktu BPD. Acara pelantikan tersebut dilaksanakan Lapangan Sintuwu Maroso, Selasa (21/12/2021).

Di awal sambutannya Bupati Poso mengucapkan selamat dan sukses kepada para Kades dan Ketua TP-PKK Desa yang baru saja dilantik serta kepada Anggota BPD dan Pengganti Antar Waktu BPD yang baru diresmikan.

Selain itu Bupati Poso dalam sambutannya juga menekankan beberapa poin penting kepada Kepala Desa, diantaranya : Pertama: Kehidupan berdemokrasi memungkinkan kita berbeda pendapat dan berbeda pilihan, namun perbedaan itu tidak lantas membuat kita saling bertentangan satu sama lain. Kepala desa yang baru harus mampu menyatukan masyarakatnya meskipun pada waktu perhelatan Pilkades yang lalu berbeda pilihan. “Mari menjadikan perbedaan itu sebagai kekuatan dalam memberi motivasi ke arah yang lebih baik demi kesejahteraan seluruh masyarakat. Jangan ada pengkotak-kotakan atau diskriminasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” Terangnya.

Baca Juga :  Lampaui Target Sensus Penduduk Online 2020, Pemda Poso Raih Penghargaan BPS

Kedua: Apapun latar belakang kita apapun jabatan kita, kita adalah satu keluarga besar Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan visi dan misi yang sama. “Jadi tingkatkan kebersamaan, selalu saling koordinasi sebagai team work segera lakukan konsolidasi dengan seluruh perangkat, BPD, LPM dan tokoh-tokoh yang ada di desa sebagai mitra untuk bersama-sama bekerja membangun desa. Serta berkoordinasi dengan unsur TNI/Polri yang ada di desa untuk memperkuat Satgas Covid-19 agar masyarakat siap menghadapi ancaman pandemi gelombang ketiga yang dikhawatirkan akan masuk melanda Indonesia.” Ungkapnya.

Ketiga: Segera melaksanakan konsolidasi internal di desa masing-masing bersama jajaran, serta tertib dalam penggunaan aset desa, lakukan serah terima aset desa dengan pejabat yang lama, melaksanakan tata kelola keuangan desa yang transparan, efektif dan akuntabel sesuai dengan visi misi yang tertuang secara teknis dalam APBDES.

Keempat: Guna mengingatkan kita semua sebagaimana pelantikan hari ini, saudara-saudara telah diambil sumpah dan terikat dengan aturan, kita harus berorientasi pada tingkat kepuasan publik. “Saudara-saudara adalah pelayan publik dan bukan pihak yang dilayani. Saya ingatkan berikan service terbaik bagi masyarakat kita, layanilah masyarakat dengan sepenuh hati, setulus hati, bukan dengan sesuka hati tapi tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian sebab kita juga terikat dengan aturan. Selain itu pemerintah berkomitmen memberantas segala bentuk pungutan liar (pungli) dan gratifikasi. Kami tegaskan kepada saudara-saudara agar tidak melakukan hal tersebut baik atas nama diri sendiri, atas nama pemerintah desa, apalagi mengatasnamakan pimpinan. Sebab sanksi hukumnya jelas. “Tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Darmin : Lagu Lemba Ntana Poso Merupakan Bentuk Penghormatan & Doa

Dibagian lain sambutannya, Bupati juga berpesan kepada anggota BPD agar dapat melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa dan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 antara lain: menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat, membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap kinerja kepala desa, melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa serta yang terpenting adalah menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya.

“Kepada Ketua TP-PKK Desa yang baru saja dilantik, saya minta kepada saudara-saudara untuk menjalankan amanah dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab menyukseskan implementasi Sepuluh Program Pokok PKK , berdayakan keluarga di wilayah kerja saudara, hingga ke tingkat rumah tangga” Terang Bupati Poso kepada Ketua TP-PKK Desa.

Baca Juga :  Kejar Target KTP-Elektronik dan Akta Kelahiran, Bupati Perintahkan Lakukan Terobosan dan Kerja Cepat.

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan Lomba Desa serta peresmian 1 Unit Mobil bak terbuka aset Desa Mekarsari, Kecamatan Lore Timur.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos, Anggota DPRD Provinsi Sulteng Ny. Ellen Inkiriwang Pelealu, SE, Sekda Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH., MH, Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi KD Mapeda, SH.,MH, Wakil Ketua I DPRD Samuel Munda, SE, Anggota DPRD Kabupaten Poso, Para Kepala OPD, Ketua TP. PKK Kabupaten Poso Ny. Nur Afni Baretha, Ketua TP-PKK Kecamatan, serta tamu undangan lainnya. (AD)

KOMENTAR