Poso, PPID – Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-93 Tingkat Kabupaten Poso yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Poso. Acara diawali dengan senam bersama yang diikuti Bupati Poso, Anggota DPRD Provinsi Sulteng Ny. Ellen Ester Pelealu, SE, Kadis PPPA Kabupaten Poso, Ketua TP PKK Kabupaten Poso, Ketua Persit Candra Kirana Poso, Ketua Bhayangkari Poso, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Poso, Ketua Dharmayukti Karini Poso, Ketua Ikawan Poso dan Organisasi-organisasi Perempuan Kabupaten Poso.

Dalam acara tersebut tidak hanya senam bersama yang dilaksanakan namun juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya yaitu vaksinasi massal, lomba masak para Bapak dari Forkompinda dan Dinas, Pameran hasil kerajinan para ibu dan berbagai kegiatan lainnya, Rabu (22/12/2021).

Bupati Poso dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Ibu sesungguhnya merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa, sehingga mendorong perempuan Indonesia agar menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya dalam isu gender.

Baca Juga :  Sehari Wakil Bupati Poso Menghadiri 3 Kegiatan Sekaligus

Perempuan merupakan fondasi negeri ini karena perempuan atau kaum ibu memiliki sifat Brainy atau kecerdasan, Robustness atau ketangguhan, Affection atau kasih sayang besar pada anak dan keluarga, Visionary atau memiliki visi membawa kebaikan dan empati atau kepedulian pada lingkungan sosial.

“Sifat-sifat yang dimiliki kaum perempuan/kaum ibu tersebut yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya serta kondisi apapun sehingga perempuan/ibu senantiasa berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam setiap profesi yang dijalaninya”. Ujar Bupati.

“Ketangguhan kaum ibu tersebut tentu saja dapat memberi warna tersendiri di dalam mendorong percepatan kemajuan Bangsa dan kemajuan Daerah sesuai cita-cita kita bersama untuk Kabupaten Poso yang maju, Tangguh dan Terdepan di Sulawesi Tengah bersama para Ibu-ibu yang hebat”. Ungkap Bupati Poso.

Bupati juga menambahkan bahwa kasih sayang seorang ibu terhadap anak dan keluarga yang tiada bandingannya mendorong Pemda bersama pihak Legislatif untuk melahirkan satu produk Perda Nomor 6 Tahun 2021 tentang Kabupaten Poso layak anak, Kabupaten layak anak merupakan upaya Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mempercepat, implementasi Konvensi Hak Anak (KHA).

Baca Juga :  Pengembangan Potensi Kreativitas Masyarakat Dalam Semarak HUT Kota Poso

Sehingga dalam kesempatan ini peringatan Hari Ibu Ke-93 Tingkat Kabupaten Poso ini juga akan di Deklarasikan pembentukan Forum Anak Daerah (FAD) tingkat Kecamatan.

“Diharapkan dengan terbentuknya Forum Anak Daerah pada Hari Ibu ini mampu menghormati hak anak dan menjamin kesejahteraan anak serta memberikan bantuan dan bimbingan yang layak bagi orang tua, keluarga, wali dan pihak-pihak yang mengasuh anak supaya tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan stabil serta suasana yang bahagia, penuh kasih sayang dan pengertian”. Pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Poso selaku Ketua Pelaksana Hari Ibu Ke-93 Tingkat Kabupaten Poso Ny. Nur Afni Mangun Baretha menyampaikan laporannya bahwa dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah UU Nomor 7 Tahun 1996 tentang pengesahan konvensi mengenai penghapusan bentuk diskriminasi terhadap perempuan, Keputusan Presiden RI No 316 Tahun 1959 tentang hari-hari nasional yang bukan hari libur sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden RI Nomor 67 Tahun 1961, Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang kedaruratan kesehatan masyarakat dan Keputusan Menteri PPPA Nomor 82 Tahun 2021.

Baca Juga :  Sosialisasi Penataan Sungai Poso kerjasama PT. Poso Energy & Pemda Poso

Dimana maksud peringatan Hari Ibu Ke-93 Tahun 2021 adalah untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung di dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila.

Lanjut disampaikan peringatan Hari Ibu Ke-93 ini menjadi pendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Poso, Kepala Pengadilan Negeri Poso, Kepala-kepala OPD Poso, Forkompinda, Ketua MUI Kabupaten Poso, Ketua Sinode GKST, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan Poso serta undangan lainnya.(RT)

KOMENTAR