Poso, PPID – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melaksanakan Apel perdana bersama di awal Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan Launching Program Unggulan Kesehatan Gratis dan Penyerahan Bantuan Program Pendidikan Gratis, UMKM Mandiri serta Santunan Duka. Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang memimpin langsung Apel bersama tersebut yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Poso, Senin (10/01/2022).

Dalam apel bersama tersebut hadir pula Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Anggota Forkopimda Kabupaten Poso, Mantan Wakil Bupati Poso Ir. T. Samsuri, Para Staf Ahli Bupati Poso, Para Asisten Setdakab Poso, Kepala BPJS Cabang Palu, Kepala BPJS Poso, Para Kepala OPD Lingkup Pemda Poso, Pejabat Administrator dan Fungsional serta ASN Lingkup Pemda Poso.

Mengawali sambutannya Bupati Poso menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh ASN yang disiplin dan semangat mengikuti apel bersama, sebagai pertanda kesiapan awal kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Sintuwu Maroso tercinta dengan menunjukan kerja nyata dan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Poso melalui bidang tugasnya di OPD masing – masing. “Meskipun sudah satu minggu berlalu, namun pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Daerah, pribadi, dan keluarga, saya mengucapkan Selamat Natal, 25 Desember 2021 bagi saudara – saudara Umat Kristiani, dan Selamat Tahun Baru 1 Januari 2022, untuk kita semua”. Ungkap Bupati Poso.

Baca Juga :  16 Parpol Di Poso Sepakat Menolak Politik Uang, Kampanye Hitam dan Politisasi Sara

Bupati Poso juga menyampaikan bahwa pada hari ini kita akan bersama – sama menyaksikan Launching Program Kesehatan Gratis bagi masyarakat yang kurang mampu sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Daerah yakni Poso Sehat seperti yang termuat dalam RPJMD 2021-2026. “Melalui perjanjian kerjasama dengan BPJS Pelayanan Kesehatan Gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dengan layanan kelas III dapat terwujud sesuai dengan jenjang layanan kesehatan, mulai dari Puskesmas, Rumah Sakit yang berada di Kabupaten, Provinsi dan sampai ke pusat.” Terangnya.

Bupati Verna berharap dengan adanya program ini Pemerintah Daerah bisa membantu masyarakt kita yang belum tersentuh pelayanan kesehatan serta program ini bisa dilakukan dan diaplikasikan dengan baik oleh OPD tekhnis dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah beserta seluruh jajarannya.

Baca Juga :  Rapat Paripurna Penandatangan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS RAPBD Perubahan Kabupaten Poso

“Program Poso Sehat yang dilaunching hari ini adalah sebagai upaya untuk mengcover kurang lebih 3.21 persen masyarakat Kabupaten Poso yang belum terdaftar di JKN KIS. Upaya ini merupakan langkah Pemda untuk tetap memberi perlindungan dan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Dari jumlah keseluruhan 248.698 jiwa masyarakat kita, selain yang telah terdaftar dalam BPJS Kesehatan ASN, TNI, POLRI dan BUMN, Pemerintah Daerah telah berupaya mendaftarkan 33.918 jiwa. Dengan demikian secara keseluruhan masyarakat Kabupateh Poso yang terdaftar di JKN sejumlah 240.703 jiwa atau 96,79 persen, telah melampaui 95 persen standar Universal Health Coverage (UHC). Kita bersyukur dengan upaya tersebut, karena Kabupaten Poso telah mencapai standar UHC, sisa masyarakat yang belum terdaftar sejumlah 3,21 persen atau 7.995 jiwa nantinya apabila memerlukan layanan kesehatan dapat di bantu dan didaftarkan ke Dinas Sosial kemudian lanjut ke BPJS serta dilayani pada hari yang sama.” Ungkapnya.

Selain itu Bupati Verna juga menginginkan para ASN harus memiliki integritas dan komitmen untuk bekerja lebih keras dan mengaktualisasikan seluruh potensi yang ada. Agar dapat membuktikan peran dan kontribusi dalam mensukseskan program kerja pemerintah daerah juga mampu menjelaskan kepada masyarakat secara mendetail tentang program-program unggulan Pemerintah Daerah serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Sepakat Dalam KUA PPAS TA 2020, DPRD Dukung Pemda Poso Raih Adipura

Usai menyampaikan sambutannya, Bupati Poso melaunching Program Kesehatan Gratis ditandai dengan Pelepasan Balon, dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan BPJS Kesehatan.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari program unggulan lainnya yang juga sudah mulai berjalan dari Tahun 2021 yang lalu yakni Program Poso Pintar berupa penyerahan secara simbolis honor guru tenaga honor daerah TK, SD dan SMP. Program Poso Sejahtera berupa penyerahan bantuan secara simbolis kepada UMKM dan penyerahan santunan duka kepada ahli waris, kemudian penyerahan Kartu BPJS, penyerahan bantuan Operasional Sekolah, penyerahan operasional mobil tinja kepada DLH serta penyerahan barang promosi pariwisata daerah Kabupaten Poso.

Diakhir apel bersama, Bupati Poso melanjutkan dengan silaturahmi bersama seluruh OPD yang hadir. (Upick)

KOMENTAR