Poso, PPID – “Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 tahun yang disusun dengan berpedoman pada rencana kerja pemerintah dan program strategis nasional”. Ujar Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Tahun 2023 di Aula Bapelitbangda Poso Jumat, 04 Februari 2022.

Menurut Wabup Yasin, forum konsultasi publik merupakan bagian dari tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) menjadi agenda tahunan sesuai amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara evaluasi rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Baca Juga :  Peningkatan Keselamatan Berkendara, Bupati Darmin Periksa Narkoba

Berdasarkan Pasal 80 Ayat 1 yang berbunyi bahwa Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan, Lanjutnya.

Wabup berharap penyusunan RKPD Tahun 2023 harus lebih cermat serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah saat ini secara cepat, tepat dan prosedur sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. “Melalui forum konsultasi publik ditelaah dan dipertajam secara bersama-sama agar lebih fokus pada tema pembangunan pada Tahun 2023 yaitu : memperkuat ketangguhan ekonomi dan memajukan infrastruktur serta penataan pelayanan publik.” Jelas Wabup Yasin.

Pada forum konsultasi publik tersebut dilaksanakan Penandatanganan berita acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Poso Tahun 2023 oleh Ketua DPRD Poso, perwakilan Kepala OPD, Akademisi, Pengusaha, Tokoh Agama dan Camat.

Baca Juga :  Program Inovasi Pemda Poso Mulai Dari Kampung KB, Renstra Cerdas Hingga Program SI-TANI

Turut hadir pada pembukaan forum konsultasi publik itu, Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi KD Mapeda, SH., MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH., MH, Kepala Bapelitbangda Dr. Drs Jhon Yus Madoli, M Si. para Kepala Opd Pemda Poso, Rektor Unkrit, Perwakilan pengusaha muda poso, Ketua MUI, Camat, serta tamu undangan lainnya. (AD)

KOMENTAR