Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang menghadiri dan mengukuhkan pengurus Lembaga Adat Tampo Bada Periode 2021 – 2026, bertempat di Gedung Serbaguna Jemaat Sion, Desa Gintu, Kecamatan Lore Selatan, Jumat (02/09/2022).

Pada kegiatan ini, Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang nobatkan sebagai Sesepuh Adat Tampo Bada yang ditandai dengan penyematan POHEA’ di Kepala Bupati Poso, dihadapan perwakilan masyarakat adat Tampo Bada. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Musyawarah Wilayah Ke-V Majelis Adat Bada Tahun 2022.

Musyawarah kali ini tentunya bertujuan untuk memaksimalkan kerja – kerja cemerlang masyarakat adat Tampo Bada yang tentunya dibutuhkan satu tekad bulat serta tujuan bersama membawa paguyuban ini lebih eksis dan matang yang akan dirumuskan dalam berbagai pertemuan lembaga adat yang dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 2 s/d 3 September 2022. Juga kegiatan ini tentunya menjadi legitimasi hukum adat untuk memaksimalkan yang menjadi warisan leluhur para tetua adat dalam menjaga dan melestarikan adat Tampo Bada.

Baca Juga :  Festival Etnik Air Terjun Saluopa

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang dalam sambutannya mengatakan, selalu pihak Pemerintah Daerah sangat merespon dan mendukung dengan digelarnya kegiatan Musyawarah Ke-V Majelis Adat Bada tahun 2022 yang menjadi sarana komunikasi antara pemangku adat serta pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan program kerja.

Sebagai Pemerintah Daerah, saya akan terus mendorong lembaga adat masyarakat Tampo Bada senantiasa dapat bersinergi dengan Pemkab Poso dalam mensukseskan Program-progran pembangunan, urusan pemerintahan dan urusan pelayanan sosial kemasyarakatan, sehingga bersama seluruh elemen masyarakat Poso dapat mendukung terwujudnya cita-cita bersama untuk Poso yang Maju, Tangguh dan tersedepan di Sulawesi Tengah dengan semangat membangun bersama kita akan Sejahterah Bersama di Bumi Sintuwu Maroso.

Baca Juga :  Pemda Poso Kehilangan Putra Daerah Terbaik

Selanjutnya Bupati Verna, mengukuhkan Majelis Wilayah Adat Bada Periode 2021-2026, yaitu selaku Tuana Mahile : Gawi Wengkau, Ketua : Dr. Drs. Jhon Yus Madoli, M.Si, Sekretaris : Meysta Bambari, Bendahara : Leki Adios Tompa, SE, Bidang Adat Budaya : Antonius Taula, Bidang Ekonomi : Drs. Kalima Tompa, Bidang Lingkungan Hidup : Heles Yabes Kapuy, S.Pd.,M.Kes, Bidang Perempuan dan Anak : Arnius Toii serta Bidang Generasi Muda : Reymon Kapuy.

Akhir dari rangkaian kegiatan tersebut, Bupati Verna bersama seluruh majelis adat Tampo Bada beserta undangan lainnya berkunjung ke lokasi Patung Megalith Palindo yang diakhiri dengan kegiatan modulu-dulu atau makan bersama yang dilandasi oleh semangat kebersamaan dan saling berbagi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kab. Poso, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Diskominfosandi, Perwakilan Kepala OPD, Camat Lore Selatan dan Barat serta serta unsur Tripika Kecamatan.

KOMENTAR