Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menjadi Inspektur Upacara Bendera, memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 Tingkat Kabupaten Poso, Kamis (17/8) di Alun-alun Sintuwu Maroso Poso

PPID, Poso Kota – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menjadi Inspektur Upacara Bendera, memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 Tingkat Kabupaten Poso, Kamis (17/8) di Alun-alun Sintuwu Maroso Poso secara hikmat, aman, tertib dan meriah.Ribuan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari , Pasukan TNI, POLRI, SATPOL PP dan Damkar Kabupaten Poso, KORPRI, PNS, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka.

Pembawa bendera Merah Putih Setvanie Pricylla Theresya Logugu siswi SMA N 2 Tentena

Ratusan undangan juga terlihat antara lain Pimpinan Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Poso, Rektor Unsimar Poso, Kisman Lantang, SE, M.Si, Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua, Para pejabat di lingungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda serta Tokoh Wanita. Diluar lapangan alun-alun juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara ini dengan tertib.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu sebagai Inspektur Upacara memimpin peringatan detik-detik Proklamasi sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Poso Ny. Elen Ester Pelealu, SE membacakan Naskah Proklamasi.

Petugas pembentang bendera Marzuki dari SMA Negeri 3 Poso sementara penarik bendera Sikanna dari SMA Negeri 2 Poso Kota selatan pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017

Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf. Moh. Ridho Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dilaksanakan oleh Tim Diponegoro siswa-siswi SMA/SMK/MA baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Poso,Bertindak sebagai Komandan Paskibraka Lettu Razib Fibrian T, ST. HAN lulusan Akmil 2013 jabatan Danton II Kompi Senapan E Yonif 714/SM, Danton 17 Paskibraka Delanova Joshua Roosevel Tadjimo dari SMA Negeri 2 Poso Kota Selatan dan Danton 8 Paskibraka Aditya Prasetya Rambing dari SMA GKST 2 Tentena. Pembawa bendera Merah Putih Setvanie Pricylla Theresya Logugu siswi SMA N 2 Tentena dan petugas pembentang bendera Marzuki dari SMA Negeri 3 Poso sementara penarik bendera Sikanna dari SMA Negeri 2 Poso Kota selatan.

Baca Juga :  Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-72 di Kabupaten Poso

Pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 dimeriahkan atraksi kesenian yakni konfigurasi gebyar bendera merah putih, tarian massal sintuwu maroso yang dibawakan oleh kurang lebih 400 siswa siswi SMP, SMA, SMK negeri/Swasta se-kota poso akan membentuk konfigurasi HUT RI ke-72, dan gebyar konfigurasi merah putih ini ditampilkan sebagai manifestasi pendidikan karakter bangsa untuk pancasila, UUD 1945 dan NKRI dan Drama Kolosal dari Kodim 1307 Poso ikut serta memeriahkan HUT RI ke-72 tahun 2017, dan taklupa dimeriahkan penampilan drum band yang meraih juara 1 pada open turnament drum band madago raya untuk tingkat SD dari SD Negeri 7 Poso, untuk tingkat SMP dri SMP Negeri 3 Poso dan untuk tingkat SMA dari SMA Negeri 1 Poso.

Sementara pesan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu selaku pemimpin di daerah ini sekaligus sebagai orang tua dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 menyampaikan kepada masyarakat tanah poso, sintuwu maroso agar : (1).Waspadalah terhadap setiap ideologi (paham yang bertentangan dengan pancasila, UUD 1945 dan NKRI,(2).Jadikanlah pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara, (3). NKRI adalah bentuk negara yang berdaulat yang harus dipertahankan hingga tetes darah yang terakhir, (4). Mari kita rawat kebhinekaan untuk saling menghormati perbedaan sebagai rahmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, (5). Jagalah Persatuan dan kesatuan, bina persaudaraan dalam suasana yang aman dan tertib menuju poso CERDAS (Ceria, Elok, Ramah, Damai, adil dan sejahtera).

Baca Juga :  Rapat Evaluasi Realisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso Tahun Anggaran 2018

Selanjutnya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melepas balon sebagai simbol kemerdekaan indonesia dan diikiti seluruh peserta Upacara sehingga lapangan menjadi lautan merah putih. yang paling menggembirakan sebagai kado istimewa bagi pemda poso yang berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang diserahkan oleh Manejer Muri Andre Purwandono kepada Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu atas berhasilnya pemasangan stiker sebanyak 27.817 yang merupakan simbol 72 tahun kemerdekaan RI, angka 8 menandakan bulan agustus dan angka 17 menandakan tahun 2017.

Menutup rangkaian upacara tersebut dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah bagi pemenag lomba diantaranya lomba desa/kelurahan tingkat kabupaten poso juara 1 diraih oleh desa maliwuko kecamatan lage, juara 2 desa sedoa kecamatan lore utara, juara 3 mayakeli kecamatan pamona puselemba, untuk kategori kelurahan juara 1 gebang rejo barat kecamatan poso kota, juara 2 kelurahan ranononcu kecamatan poso kota selatan, juara 3 kelurahan sawidago kecamatan pamona utara, sementara penyerahan piagam penghargaan bagi kepala desa, kapolmas, babhinsa desa tokorondo kecamatan poso pesisir yang membantu pemberantasan narkoba, penyerahan piagam penghargaan dari gubernur sulawesi tengah bagi koperasi berprestasi yang diraih oleh koperasi patagraha desa tambarana kecamatan poso pesisir utara, penyerahan piagam penghargaan dan hadiah berupa piala bagi tim paduan suara dinas koperasi, umkm dan perdagangan kabupaten poso atas prestasi meraih juara 1 lomba paduan suara antar dinas koperasi, umkm dan perdagangan tingkat propinsi sulawesi tengah dalam rangka hari ulang tahun koperasi ke-70 tahun 2017 yang dilaksanakan di kabupaten parigi moutong, penyerahan kartu indonesia sehat integrasi jamkesda kabupaten poso kepada masyarakat kurang mampu serta penyerahan remisi bagi 50 orang nara pidana rutan kelas II B poso. Penyerahan piagam penghargaan dan hadiah diserahkan oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, dan Forkopinda Kabupaten Poso.

KOMENTAR