Pamona Puselemba, PPID – Kamis, 12 Oktober 2017 bertempat di Lapangan Puselemba Kelurahan Tentena Kecamatan Pamona Puselemba, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi Peringatan 70 Tahun Gereja Kristen Sulawesi Tengah Bersinode & Perayaan 125 Tahun Injil Masuk Tana Poso.

Peringatan Perayaan yang diikuti oleh 26 Klasis yang ada di Wilayah Sinode GKST dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Cipta Karya & SDA Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. Saliman Simanjuntak, Kapolda Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Karosarpras, Kombes Pol. Drs. Edward Tamboto, S.Ik, Direktur PT. Poso Energy, H. Ahmad Kalla, Bupati Morowali Utara bersama Ketua Tim Penggerak PKK Morowali Utara, Atripel Tumimomor dan Ny. Ho Liliana Tumimomor, Ketua Umum Majelis Sinode GKST, Jet Roson Rense, S.Th, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Poso bersama beberapa Anggota DPRD Kab. Poso dan seluruh Hamba-Hamba Tuhan.

Peringatan yang berlangsung meriah ini diwarnai dengan Defile dari tiap Klasis dan beberapa Penampilan serta Atraksi Tari-Tarian yang dikolaborasikan dengan Permainan Marching Band dari beberapa Sekolah-Sekolah yang ada di Kota Wisata Tentena yang mengisahkan tentang Perjalanan Dr. A. C. Kruyt yang memulai pekabaran Injil di Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Uztads Yusuf Djambolino Memuji Kepemimpinan Darmin - Samsuri

Perayaan kali ini bertujuan untuk memotivasi warga Jemaat GKST untuk terus menerus menjaga keberlangsungan perbuatan yang memperbarui kerukunan juga menjaga kebersamaan dalam keberagamaan untuk tercapainya dan terpeliharanya kehidupan yang aman dan damai, sejahtera lahir batin dalam bingkai NKRI.

Dalam Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah yang dibacakan oleh Kepala Dinas Cipta Karya & SDA Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun GKST yang dilaksanakan kali ini, merupakan suatu ungkapan rasa syukur warga Gereja akan eksistensi GKST yang telah banyak memberikan peran dalam pembinaan Umat Kristiani di Wilayah Sulawesi Tengah.

Sedang dalam Sambutan Bupati Poso mengapresiasi keberadaan GKST yang memberi arti penting bagi perkembangan dan peningkatan pelayanan kepada Jemaat dan masyarakat serta memberi nilai religius yang tinggi terhadap wilayah daerah Sulawesi Tengah khususnya Tentena yang berada di Kabupaten Poso sebagai kota Pusat Pergerakan Organisasi GKST sampai saat ini membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan Gereja-Gereja di Sulawesi Tengah saat ini.

Baca Juga :  Pemda Poso Tanggap Bencana Pasca Gempa 6,9 SR, Bupati Darmin : Tetap Lakukan Pelayanan Terbaik

Pemerintah Daerah juga terus mendukung setiap Kegiatan yang dilaksanakan oleh GKST diantaranya melalui Dinas Pertanian & Dinas Lingkungan Hidup Kab. Poso yang menyediakan 1000 bibit Pohon untuk aksi penanaman pohon yang akan dilaksanakan dalam kegiatan Perayaan ini. Juga pada kesempatan ini Bupati Poso yang didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kab. Poso menyerahkan beberapa sertifikat tanah kepada Ketua Umum Majelis Sinode GKST sebagai aset GKST.

KOMENTAR