Poso Kota, PPID – Langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Poso untuk menegakan dan meningkatkan disiplin Apaparatur Sipil Negara ternyata tidak sia-sia. Pagi tadi Bupati Poso Kolonel marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengapresiasi kehadiran aparatur sipil negara yang menunjukan peningkatan yang cukup signifikan dibanding hari-hari sebelumnya, dgn capaian prosentasi kehadiran diatas 95 persen. Pernyataan itu disampaikan Bupati Poso dalam suatu apel bersama yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati Poso, pagi tadi senin 12/2/2018.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menilai hal ini merupakan bukti kesadaran seluruh Aparatur Sipil Negara yg ada dijajaran Pemerintah Daerah dalam mengemban tugas sesuai fungsi masing-masing dgn penuh tanggung jawab, terutama dalam menterjemahkan perintah Bupati untuk menegakkan disiplin pegawai dijajaran pmda Poso, sesuai amanat PP no. 53 thn 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil dan Undang Undang no. 5 thn 2014, tentang Aparatir Sipil Negara.

Baca Juga :  Mengajak Masyarakat Untuk Cerdas Mengawal PEMILU Yang Jurdil Dalam Bingkai Sintuwu Maroso

Karena itu harap Bupati Poso agar kemajuan /peningkatan yang telah dicapai patut dipertahankan dan bila perlu terus ditingkatkan, guna menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas. Menyinggung tentang pemeriksaan BPK yang akan dimulai Hari Selasa 13 Februari 2018 besok, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu secara tegas menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD dan Kabag agar tidak meninggalkan tempat tanpa seizin Bupati/Wabup. Bupati Poso berjanji akan menindak tegas bagi pejabat yang tidak mengindahlan instruksi Bupati itu. Selain itu, bagi OPD yang melaksanakan perjalanan lebih dari 2 orang harus mengajukan telaahan staf kepada Bupati Poso, dan jika Bupati tidak ada ditempat maka telaahan dpt disampaikan ke Wabup/Sekda.

Baca Juga :  Kunci Sukses Bersama Raih Pembangunan di Tana Poso

Menghadapi pemeriksaan BPK, Bupati Poso kembali mengingatkan kepada seluruh Ka. OPD agar lebih proaktif serta menyiapkan dokumen yangg diperlukan sebagai obyek pemeriksaan dengan data-data yg ril dan dapat dipertanggung jawabkan. Target kita adalah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian. Oleh sebab itu mari kita bekerja keras dan bekerja cerdas, jika perlu kerja lembur dan tdk perlu libur, ajak bupati serius. Smentara itu Wakil bupati Ir. Samsuri. M.Si usai apel bersama memberikan petunjuk tekhnis mulai dari sistem administrasi keuangan sampai pada masalah aset daerah,. Menurut wabup, selama ini sebetulnya tidak ada kekeliruan yang fatal, tetapi kita terkadang kurang tepat dlm pencatatan aset sesuai keberadaan/status dan pengguna aset itu sendiri, jelas Wakil Bupati Poso. Karena itu setiap aset yg sdh layak dihapus agar segera dihapus, dan yang perlu dimutasi, agar segera dibuatkan SK Mutasi sehingga jelas pososi dan keberadaan aset itu yang sesungguhnya.

Baca Juga :  Rakornas P3MD, Bupati Darmin: "Lakukan Pengawasan Dana Desa Secara Periodik "

Dalam rangka kesiapan itu pula, Bupati Poso mengecek satu persatu beberapa OPD yang dianggapnya memerlukan perhatian khusus seperti Dinas Kesehatan, Pendidikan, Dispenda dan Pertanian. Bupati berharap semua OPD segra menyelesaikan semua pemasalahan guna menampilkan data yang akurat dan berkualitas serta dpt dipertanggung jawabkan. Usai memberikan arahan, Bupati Poso langsung menuju ke gedung Diklat Maliwuko untuk membuka Diklat asisten surveyor kadaster berlisensi kerja sama Pmda Poso dan Kanwil BPN Prov. Sulawesi Tengah. (Penulis Drs Armol Songko )

KOMENTAR