Bupati Poso Kolonel Marinir (purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Umum Daerah Poso (RSUD) ke-90 tahun 2018 mengusung tema “Dengan Semangat HUT RSUD Poso Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Profesional Terakreditasi 2018 Menuju Poso Cerdas”, bertempat dihalaman parkir belakang RSUD poso.

Dalam kegiatan perayaan HUT tersebut Bupati Poso Kolonel Marinir (purn) Darmin Agustinus Sigilipu menandatangani serta menyaksikan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan antara Ketua Komite Medik yg Lama dr. Massalinri Hasmar, M.Epid. M.Kes, S.Ps dengan Ketua Komite Medik yg Baru dr. Anthonius Lino, Sp.An serta penyerahan Kartu BPJS Kesehatan secara simbolis bagi 2 (dua) orang perwakilan Tenaga Kontrak RSUD Poso didampingi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Direktur RSUD Poso dr. Massalinri Hasmar, M.Epid., M.Kes,. S.Ps Kepala BPJS dan disaksikan seluruh Anggota FKPD Kabupaten Poso, Para Anggota DPRD Kabupaten Poso, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, M.Si, para Kepala OPD, BUMN/BUMD, para Kepala Kantor Vertikal lainnya, para Dokter Medis, Perawat serta Pejabat Fungsional dan Struktural di Lingkungan RSUD Poso serta undangan lainnya.

Tenaga Kontrak RSUD Poso yang mendapatkan kartu BPJS Kesehatan berjumlah 300 org terdiri dari Tenaga Perawat 160 orang, Bidan 40 orang, Laboratorium 5 orang, Fisioterapi 3 orang, Tenaga Farmasi 18 orang, Tenaga Administrasi 27 orang, Tenaga Operator 7 orang, Tenaga Gizi dan Kebersihan 18 orang, Satpam 6 orang, Pol PP 4 orang.dan sopir 2 orang. Selanjutnya bupati poso melaunching Videotron Pemberlakuan Jam Berkunjung dan Kawasan Tanpa Asap Rokok di RSUD Poso yang ditandai dengan Penekanan Tombol Mouse serta Penandatanganan Komitmen dan Dukungan untuk Akreditasi RSUD diikuti pula Wakil Bupati Poso, Anggota FKPD Kab. Poso, Para Pimpinan OPD, Pimpinan BUMN BUMD, Tamu Undangan serta Keluarga Besar RSUD Poso., Penandatanganan Komitmen ini bertujuan memberikan dukungan kepada pihak rumah sakit untuk dapat terakreditasi di Tahun 2018.

Baca Juga :  Ketua Tim Akreditasi Rumah Sakit Memuji Pelayanan Pemerintah Kabupaten Poso
Bupati dan Wakil Bupati Poso bersama Forkompinda Kab.Poso Dok. By Rustam

Dalam sambutan Direktur RSUD Poso dr. Massalinri Hasmar, M.Epid. M.Kes, S.Ps mengatakan, ulang Tahun RSUD yang ke 90 tahun 2018 hari ini sangat berkesan buat saya karna 60 hari mengemban tugas dan amanah sebagai direktur RSUD Poso, berbagai upaya dan hal-hal yang sudah dijalani untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat apalagi target tahun ini RSUD poso harus terakreditasi dan semakin mendapat tempat dihati masyarakat sebagai rumah sakit rujukan yang profesional dan berkualitas sebagaimana tercantum dalam visi misi serta menunjukan presatasi dengan peran rumah sakit dan fungsi utamanya.

dr. Masalinri Hasmar juga katakan, upaya yang sudah lakukan yakni pelayanan loket pendaftaran disatukan dengan loket BPJS hal ini memberikan kemudajan kepada pasien, status pasien yang terbaru khususnya rekam medis untuk mempercepat pelayanan dan menerapkan keselamatan pasien terlebih di UGD langsung dilayani, penataan parkir dan meningkatkan kebersihan yang telah dipihak ketigakan dan penggunaan portal demi kenyamanan pasien, pemberlakuan jam besuk untuk pasien pengunjungdari jam 10.00 pagi sampai jam 01.00 siang, Sore jam 16.00 sore sampai 22.00 malam, anak sehat di bawah umur 12 tahun tidak diperkenankan masuk Rumah sakit demi menjaga kesehatan dan kawasan rumah sakit tanpa asap rokok, beliau juga katakan pada bulan Maret untuk pasien lansia yang memiliki penyakit lebih dari satu jenis kita akan membuka layanan RSUD Poso semaksimal mungkin, untuk memperhatikan kesehatan dari pada karyawan hari ini kita akan memberikan kartu BPJS kepada tenaga kontrak rumah sakit RSUD Poso dengan layanan kelas 2 (dua) serta kedisplinan karyawan RSUD semakin baik dan meningkat ditunjukan dengan adanya apel sore dan pagi, beliau juga berharap agar di tahun ini RSUD poso harus terakreditasi sehingga perlu dukungan dan komitmen dari semua pihak yang menandatangani dukungan komitmen, dan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati karena sudah memberikan Kendaraan Dinas Kesehatan yang baru.

Baca Juga :  Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Lewat Festival Air Terjun Saluopa
Pemberian Kartu BPJS Kesehatan kepada karyawan kontrak RSUD Poso. dok by Rustam

Sementara Bupati Poso Kolonel Marinir (purn) Darmin Agustinus Sigilipu diawal sambutannya mengatakan, perkembangan begitu besar yg dilakukan keluarga besar RSUD poso yg dipimpin direktur baru dan yang memilih beliau adalah bukan saya akan tetapi keluarga besar RSUD poso itu sendiri, perkembangan ini luar biasa dan dipertahankan serta perlu ditingkatkan karena rumah sakit merupakan tempat pelayanan kesehatan.
Darmin Agustinus juga berpesan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah K3I yaitu Komunikasi 2 arah antara pemimpin dan yang dipimpin semua masalah bisa terpecahkan dan mampu kita selesaikan dgn baik, koordinasi agar tugas dan pekerjaan yang dilakukan bisa teratasi dengan baik, kerjasama yang baik, contoh semut yang kecil mampu bekerjasama seberat apapun tugas yang dilakukan bisa teratasi dan yang terakhir informasi kesemua ini dilakukan dengan baik maka akreditasi yang diidam-idamkan akan tercapai.

Baca Juga :  Poso Cerdas menuju Adipura

Bupati juga katakan, di hari ulang tahun.ke-90 ini akan membawah semangat baru terhadap pelayanan RSUD poso yang lebih berkualitas lagi didalam memberikan pelayanan kepada pasien dan masyarakat kabupaten poso sehingga hal ini juga dapat mendorong percepatan akreditasi RSUD poso menjadi RSUD bertype A. dan juga selamat kepada seluruh jajaran dokter, paramedis, staf administrasi serta seluruh staf kontrak yang telah mempersembahkan yang terbaik terhadap pelayanan prima kepada pasien selama ini, jadikan kritik yang sering terlontar dari beberapa orang yang tidak puas atas pelayanan yang diberikan RSUD poso, menjadi cambuk untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan masyarakat yang membutuhkan perolongan, perlu dipahami bahwa pelayanan terbaik yang dimaksudkan bukan saja sebatas pelayanan pasien saja tetapi mencakup administrasi, pemberian informasi bahkan semua yang membutuhkan layanan.dari RSUD.
Salah satu obat untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien adalah senyuman karna dengan senyuman merupakan obat yang mujarab, terapkan disiplin kesrlamatan pasien, lakukan pekerjaan dengan hati yang tulus dan iklas maka apa yang dikatakan dengan K3I yaitu komunikasi, koordinasi, kerjasama dan informasi akan berhasil dengan baik sesuai yang diharapkan yaitu menuju poso cerdas.

Acara dilanjutkan dengan simulasi cara mencuci tangan dengan baik menggunakan cairan anti septik, ini jg menjadi salah satu kriteria penilaian Akreditasi RSUD Poso Tahun 2018, simulasi ini dipraktekan langsung bupati poso didampingi direktur RSUD poso. Kamis 22/02/2018 (FAL)

KOMENTAR