Musrembang RKPD di Kecamatan Tahun 2019
Mapane 26 Feb 2018
Tema: percepatan pencapaian prioritas pembangunan infrastruktur sosial dan ekonomi yg terintegrasi menuju poso cerdas
cluster 6 kacamatan poso pesisir bersaudara.

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri M.Si, bersama anggota DPRD AMIR Kusa, Sarifudin Odjobolo, Iskandar Lamuka, Ibu Mambe, Kepala Bapelibangda, Pimpinan OPD, Camat dan Sekcam, Unsur Tripika Kecamatan, Lurah dan Kades Seposo Pesisir Bersaudara dan Delegasi dari Kecamatan dan Kelurahan.

diawali sambutan dari camat poso pesisir mengucapkan selamat datang semoga upaya hari ini dapat meningkatkan harkat bagi Poso Pesisir Bersaudara. telah dilaksanakan mogombo lipu hari sabtu 24/02/2018 kiranya apa yg menjadi prioritas dari Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara dapat terlaksana terutama Kecamatan Poso Pesisir meminta rehap Kantor Camat Poso Pesisir yang sudah sangat memprihatinkan.

Doc By Topan

kemudian dilanjutkan Arahan Ketua DPRD disampaikan oleh Bpk. Iskandar Lamuka beliau mengatakan pelaksanaan musrembang ini semoga dapat menambah bobot dan kualitas. kenapa musrembang ini penting, perencanaan prioritas dilakukan karena anggaran yang terbatas. pelaksanaan musrembang kiranya jadi awal evaluasi apakah yang menjadi prioritas sebelumnya sudah tertampung didokumen pemerintah. jangan hanya menjadi daftar panjang tetapi benar benar menjadi kebutuhan masyarakat ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Poso Apresiasi Disiplin ASN, Kepala OPD Dilarang Tinggalkan Tempat Tanpa Izin Dari Bupati/Wabup

selanjutnya Sambutan Bupati Poso disampaikan oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri M. Si diawali degan salam cerdas Wakil Bupati Poso menyapa para peserta musrembang.
mengawali sambutannya Wabup mengatakan Rancangan RKPD tahun 2019, bagi Pemda poso adalah RKPD tahun ketiga RPJMD periode 2016-2021 yang memuat visi misi pemerintah daerah sebagai berikut: “TERWUJUDNYA KABUPATEN POSO YANG DAMAI, ADIL DAN SEJAHTERA YANG DIDUKUNG SUMBER DAYA MANUSIA YANG ANDAL DAN BERMARTABAT”.

Adapun kelima misi tersebut :
misi 1: meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat aman dan tentram dalam bingkai sintuwu maroso.
misi 2: menguatkan ekonomi kerakyatan berbasis UMKM Koperasi BUMDES Pertanian dan pariwisata.
misi 3: rencana pembangunan ruang kota untuk kota poso karna merupakan jalur lintas. paling tidak org dapat melihat kabupaten poso dari pusat kotanya yg tertata dgn baik.
misi 4: kita tetap memperhatikan nilai nilai agama, budaya jgn sampai lebur kita harus menjaga agar tdk hilang.
misi 5: mewujudkan tata kelola pemerintah krn mengemban tugas sdh sangat berat apalagi dgn adanya dana desa.

Baca Juga :  Pemantapan Etika dan Budaya Politik di Kabupaten Poso Tahun 2018

apa yg kita bentuk ini akan dilanjutkan ke tingkat Provinsi dan nasional.
musrembang ini agak berbeda sebab dilakukan per cluster diawali dari mogombo lipu. ditampung sekecamatan sehingga tdk lagi panjang dalam pembahasannya.
kemudian Wabup mengatakan dengan doa restu kita semua apa yang kita harapkan dapat memperoleh adipura tahun ini dapat terwujud sebagai tolak ukur bahwa daerah itu maju bersama masyarakatnya.

kita juga berharap kota kita menjadi tujuan utama wisata karena kota poso merupakan jalur strategis titik temu antara beberapa daerah. dengan keuntungan jalur titik temu ini kemungkinan baik kita dapat mempromosikan budaya kita yang kaya akan keragaman budaya dan alam dan tentunya mewaspadai kemungkinan buruk yang diakibatkan jalur pertemuan dengan potensi penyebaran narkoba diharapkan untuk menjaga anak anak kita dari bahaya narkoba.
marilah kita sama sama mengerti kondisi daerah kita ucap samsuri. kuncinya manusia kita pintarkan dan sehatkan dengan demikian keadaan akan semakin baik. inilah yang harus kita perhatikan kedepan.

Baca Juga :  Pelantikan 567 orang PPK & PPS se-Kabupaten Poso

memasuki 3 tahun pemerintahan Bupati DAS bersama Wakil Bupati Samsuri ijinkan saya mengajak seluruh elemen untuk bahu membahu untuk pembangunan sehingga dapat menyejahterakan rakyat kabupaten poso ungkap Samsuri. sekian
kemudian dilanjutkan penyerahan data KTP Elektronik kepada 3 kacamatan poso pesisir, poso Pesisir selatan dan poso pesisir Utara oleh wakil bupati poso. ditutup dengan penandatanganan berita acara musrembang oleh 3 kacamatan. (NL)

KOMENTAR