Peringatan HUT Kota Poso Ke-123 Sederhana & Meriah, Website PPID Pemda Poso Resmi diluncurkan

41

Lapangan Maroso, PPID – Tahun ini, Kota Poso yang merupakan bagian utama sebagai pusat pemerintahan dari wilayah Kabupaten Poso, di Sulawesi Tengah, genap berusia 123 tahun, yakni tepat pada tanggal 1 Maret 2018. Sebagai bentuk perayaan terhadap momen hari ulang tahun (HUT) dengan usia lebih dari satu abad, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso menggelar acara peringatan HUT Kota Poso, pada Kamis (1/3) di lapangan Alun-alun Sintuwu Maroso.

Acara tersebut berlangsung sederhana namun penuh makna. Selain Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi, dan Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu, serta tamu undangan lainnya, nampak pula hadir Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said, yang dikenal dengan Pasha Ungu.

Penampilan Karnaval dari seluruh Kelurahan yang ada di Wilayah Kec. Poso Kota Bersaudara

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 Wita itu, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, setelah sebelumnya menampilkan karnaval dari seluruh kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Poso Kota Bersaudara, serta peserta karnaval dari Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam acara itu juga diperdengarkan sejarah singkat Kota Poso, yang dibacakan oleh Ketua DPRD Poso. Secara resmi juga website PPID Kabupaten Poso, sebagai situs resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, yang dikelolah oleh Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Poso, diluncurkan tepat diacara peringatan HUT Kota Poso ke-123 tahun.

Baca Juga :  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Persekutuan Sekolah Minggu-Remaja dan Taman Bermain GKST Jemaat Baithani Madale

Atraksi kesenian turut pula menjadi rangkaian kegiatan dalam acara peringatan Kota Poso tahun ini. Selain itu, juga berlangsung penyerahan piagam penghargaan dari Kepala KPPN Poso kepada Bupati Poso. Penyerahan sertifikat hibah tanah, piagam penghargaan kepada unsur Tiga Pilar, dan Kartu Indonesia Pintar, yang diserahkan oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Sambutan Bupati Poso sekaligus melaunching Website PPID pemda Poso

Dalam sambutannya, Bupati Poso Kolonel marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengaku berbahagia pada acara perayaan HUT Kota Poso kali ini. “Meskipun sederhana, namun penuh makna yang dalam tentang perjalanan panjang sejarah kota Poso yg penuh warna warni dengan berbagai kisah dari para warganya yg telah mengiami kota Poso selama seabad lebih dgn dinamika dari keberagaman dan fluralisme penduduknya yg sangat mencintai kedamaian dan kebersamaan dalam budaya dan kearifan lokal” sintuwu maroso “. ujarnya. Karena itu menurut bupati Darmin,pada peringatan ke-123 Kota Poso, selayaknya menjadi sebuah momentum kebangkitan bersama seluruh warga masyarakat Kota Poso khususnya, dan masyarakat kabupaten Poso pd umumnya utk mmbangun kota Poso dgn potensi dan sumber daya masyarakat sintuwu maroso yg memiliki ethos kerja yg tinggi, berdisiplin, cinta budaya dan daerah Poso, sejalan dgn thema peringatan yakni:” Dari kita untuk kita menuju Poso Cerdas. “.

Baca Juga :  Kabupaten Poso Kembali Mengukir Prestasi

Untuk itu bupati Darmin mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Poso untuk menyatukan tekad bersama membangun kota Poso dengan menjalin kerja sama seluruh stakeholder dan masyarakat pada umumnya. Pada momentum peringatan HUT Kota Poso ke-123, Bupati Darmin secara resmi melouncing pengoperasian Webside Pejabat Pengelolah Informadi dan Dokumentasi (PPID) Pemda Poso yang dikelola Bagian Humas dan Protokoler setdakab Poso dgn nama ppidposokab.go.id, sesuai Permen Kominfo RI no 5 thn 2015.

Bupati Darmin berharap melalui Website PPID nantinya akan menjadi sumber informasi terpercaya tentang berbagai kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Sosial kemasyarakatan yg dilaksanakan di Kabupaten Poso yg disajikan dlm bentuk berita dan gambar. Bupati Darmin juga berkenan melakukan pemotongan tumpeng, dan diberikan kepada Ketua DPRD Poso, Ellen Pelealu.

Baca Juga :  Berpikir & bertindak CERDAS dalam membangun Tana Poso
Sambutan Gubernur dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bid. Ekonomi, Pembangunan & Kesra

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan staf ahli bidang ekonomi, mengapresiasi berbagai keberhasilan Pemerintah Kabupaten Poso yang selama ini banyak mengukir prestasi gemilang dibawah kepemimpinan Darmin-Samsuri, diantaranya: Pembangunan TPA modern, Pembangunan Infra strukur dalam kota, Capaian luas tanam Padi dan Jagung, serta berbagai penghargaan lainnya yang merupakan bukti kekompakan dan kesuksesan duet pimpinan Darmin-Samsuri yg baru berusia 2 tahun itu.

Karena itu Gubetnur berharap agar semua pihak utamanya masyarakat Poso untuk memberikan dukungan penuh agar Poso terus maju dan secara cepat bangkit sejajar dgn daerah lain di tanah air.

Rangkaian acara pun berakhir dengan kunjungan stand pameran yang ada di tepi lapangan Sintuwu Maroso. Bupati Poso, Wawali Kota Palu, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD Poso, Kajari Poso, pimpinan OPD dan sejumlah tamu undangan turut melakukan peninjauan stand pameran, yang akan digelar hingg Minggu 4 Maret 2018 mendatang. (AS)

KOMENTAR