Pamona Pusalemba, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengajak seluruh warga hindu untuk senantiasa mengedepankan Komunikasi, Koordinasi, Kerja sama dan Informasi (K3I) demi terciptanya suasana yang harmonis. Menurut Bupati Poso, timbulnya berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat lebih banyak disebabkan karena tidak terciptanya komunikasi yang baik, kurangnya koordinasi, tidak adanya kerja sama serta tidak adanya keterbukaan Informasi satu dengan yg lain. Ajakan itu disampaikan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu pada Acara Safari Nyepi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang berlangsung di desa Lebony Kecamatan Pamona Puselemba, senin 5/3.2018.

Menurutnya, dengan mengedepankan K3I, apapun yang menjadi permasalahan dalam suatu kelompok ataupun dalam masyarakat luas pasti akan dapat terselesaikan dgn baik tanpa harus terjadi perpecahan. Karena itu Bupati Darmin mengingatkan, siapapun dia, suku apa dia dan dari manapun berasal, jika sudah tinggal di Poso maka dia adalah orang Poso dan wajib menjunjung tinggi adat istiadat setempat dan bertanggung jawab terhadap masa depan Poso, seperti pepatah mengatakan “Dimana kaki dipijak, disana langit dijunjung”.tegasnya. Melalui momentum nyepi, mari kita terus tumbuhkan harmoni dan toleransi yg merupakan landasan kuat dari kehidupan masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati sejalan dgn falsafah negara kita Pancasila karena kedamaian dan kerukunan itu lahir dari ketulusan dan kesadaran setiap orang yg menghargai perbedaan, tegas putra Peura kelahiran Tomohon itu.

Baca Juga :  Berkinerja Terbaik dalam Pelaksanaan DAK Fisik TA 2017, Pemda Poso peroleh Penghargaan

Hal ini penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di Kabupaten Poso Sintuwu Maroso yang hidup dalam kemajemukan dengan terus memelihara perdamaian, persatuan dan kesatuan yang hakiki. Menyinggung tentang target jangka pendek daerah untuk meraih Adipura, Bupati Darmin menghimbau agar seluruh masyarakat termasuk warga hindu untuk ikut berpartisipasi dengan mensinergikan program PHDI dengan program pemerintah daerah sehingga cita-cita bersama yg dituangksn melalui Visi dan Misi Pemda Kabupaten Poso yakni: ” Terwujudnya kabupaten Poso yang damai, adil dan sejahtera yang didukung sumber daya manusia yang handal dan bermartabat”, dapat terwujud.

Bupati Darmin yang hadir dengan menggunakan PDH keki lengkap itu, disambut sangat antusias oleh segenap warga hindu bali serta undangan lainnya dengan pengalungan bunga, pemasangan udeng dan tali pasut sebagai tradisi warga hindu bali dalam menyambut tamu tamu-tamu agung. Bupati Darmin mengaku merasa bangga hadir ditengah-warga hindu bali yg dinilainya selama ini sangat antusias dan memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah daerah dibawah kepemimpinan DAS.

Baca Juga :  Kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso di Mesjid Al Anshar Desa Pandajaya Kecamatan Pamona Selatan

Acara safari nyepi ditandai dengan pembacaan ayat-ayat suci kitab Weda, hikmah nyepi oleh I nyoman Karman, tarian penyembranan dan vocal group wanita hindu. Sementara itu Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten Poso (PHDI) Kadek Gunaya yg mengambil kesempatan pertama berbicara, menyampaikan kegembiraan warga hindu di desa Lebony dan sekitarnya atas langkah bijak yg dilakukan duet pimpinan Darmin-Samsuri dgn memperhatikan warga Poso tanpa membeda-bedakan termasuk warga hindu. Dalam kunjungan safari nyepi itu, bupati Darmin didampingi Waka Polres Poso Kompol. I Gede Swara serta sejjumlah Ka. OPD yg dihadiri Ketua Majelis Umum Sinode GKST dan unsur tripika kecamatan Pamona Puselemba. Sebelum meninggalkan desa Lebony, Bupati Darmin berkenan meninjau obyek wisata Saluopa dan berpesan agar obyek wisata yg sangat indah itu dapat terus dijaga, dilestarikan sehingga dpt dinikmati semua orang yg berkunjung ke- Poso bahkan bagi anak cuci dimasa datang. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, ujarnya. (AS)

Baca Juga :  Memaksimalkan Pelayanan Kesehatan secara merata hingga ke pelosok desa

KOMENTAR