Poso Kota, PPID – (05/03/2018) Pagi tadi bertempat di Aula Pertemuan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian & Pengembangan Daerah, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri dan membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Cluster VII untuk wilayah Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan Lage. Musrenbang kali ini mengikut sertakan 4 (Empat) Kecamatan sekaligus yaitu Kecamatan Lage, Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan dan Kecamatan Poso Kota selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan Musrenbang.

Kegiatan ini juga menghadirkan Wakil Ketua I serta beberapa anggota DPRD Dapil I Poso Kota Bersaudara, Kepala-kepala OPD dilingkungan Pemda Poso, Para Camat, Lurah, Kepala Desa serta perwakilan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan undangan lainnya yang seluruhnya berjumlah 221 orang. Diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan diikuti oleh peserta yang hadir, dilanjutkan dengan sambutan selamat datang dari Camat Poso Kota yang menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh pihak yang sudah berpatisipasi dan membantu terlaksananya kegiatan Musrenbang ini, demi mencapai tujuan bersama yaitu membangun Poso yang Cerdas dan meraih Adipura.

Melalui arahannya, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Poso Suharto Kandar mengatakan bahwa setiap usulan-usulan rencana yang diangkat dalam pembahasan Musrenbang harus benar-benar bermanfaat dan merupakan kebutuhan masyarakat. Suharto Kandar juga berharap hasil musrenbang yang akan dilaksanakan kali ini dan selanjutnya akan dibawa ke forum musrenbang tingkat Kabupaten, harus benar-benar proposional dan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Poso.

Baca Juga :  Darmin-Samsuri berlari kencang memberikan Pelayanan maksimal kepada Masyarakat sehari penuh

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M,Si melalui sambutannya mengawali dengan salam cerdas. Selanjutnya Ir. Samsuri memaparkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Poso yang nantinya akan teraktualisasikan dalam bentuk pembangunan. Namun terlebih dahulu harus diusulkan melalui musrenbang serta harus dilihat sisi urgensinya dan merupakan kebutuhan mendesak masyarakat banyak.

Wakil Bupati berharap semoga usulan rencana yang dibahas dalam musrenbang kali ini, benar-benar tepat dan bermanfaat buat masyarakat serta membangun Kabupaten Poso secara utuh demi dan meraih Adipura.

Dilanjutkan dengan penyampaian hasil mogombo lipu dari 4 (empat) Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan Kecamatan Lage. Diawali dengan penyampaian dari Camat Lage, hasil mogombo lipu yang telah melalui proses perengkingan terdapat 20 usulan yaitu : Pembuatan tanggul pembuangan air di desa Sintuwu Lemba, Riol saluran air sawah di Desa Silanca, Pembangunan tanggul di Desa Labuan, Pengaspalan jalan desa diwilayah RT 1 dan RT 3 di Desa Labuadago, Normalisasi sungai Poso dusun 1,2,3,4,5,6 yang berada di Desa Watuawu, Pembangunan jalan raya dusun Buyu Katedo di Desa Sepe, Pembuatan tanggul di desa Tongko, Peningkatan jembatan di lokasi jalan kantong produksi Maliwuko-Labuadago di Desa Maliwuko, Saluran Irigasi di Desa Bategencu, Kelanjutan pembuatan tanggul dusun 1,2,3 di Desa Watuwau, pembangunan jamban SDN 2 Watuawu, pembuatan pagar SD di Desa Pandiri, pembuatan pagar tembok SD Tambaro, SD GKST Tagolu, penyediaan bibit kelapa dalam di Desa Watuawu , Sintuwu Lemba dan Labuadago. Pembuatan jalan kantong produksi di Desa Tongko, Bibit coklat sambung pucuk di Desa Tagolu.

Baca Juga :  Berkinerja Terbaik dalam Pelaksanaan DAK Fisik TA 2017, Pemda Poso peroleh Penghargaan

Dari Kecamatan Poso Kota Selatan, terdapat 19 usulan hasil mogombo lipu yang sudah melalu proses perengkingan yaitu : Renovasi Kantor Lurah Bukit Bambu dan Ranononcu serta rehap ringan kantor lurah Sayo, pembangunan tanggul di Kelurahan Lembomawo. Pengaspalan jalan Patende-Sayo, pembangunan jalan di SMKN 1, 2 Kawua dan perbaikan riol, pembangunan jembatan menuju kuburan Sangena, Rehab Kantor Camat Poso Kota Selatan, perbaikan ruang rapat kantor kelurahan Kawua, pembangunan perpustakaan SDN Lembomawo, pengadaan kursi roda untuk kelurahan Lembomawo, pembangunan pagar kantor kelurahan Bukit Bambu, pembangunan perpustakaan SDN Bukit Bambu, pengadaan tongkat penyangga dewasa empat kaki dikelurahan Kawua, pengadaan kendaraan tiga roda di kelurahan Lembomawo, pengadaan bibit cengkeh unggul dikelurahan Bukit Bambu, pengadaan bibit ikan nila dan pembangunan bak penampungan sampah di Kelurahan Kawua.

Hasil mogombo lipu Kecamatan Poso Kota yang sudah melalui perengkingan antara lain : Pemeliharaan Kantor Kelurahan Moengko. Pembuatan tanggul pemecah ombak di Kelurahan Kayamanya, Perbaikan jalan lingkungan dan pengaspalan di Kelurahan Gebang Rejo, pembangunan kantor Kelurahan Kayamanya Sentral. Pembuatan tanggul di Kelurahan Moengko Baru, pembuatan pagar kantor Kelurahan Kayamanya, rehab kantor Kelurahan Gerbang Rejo Timur, pengaspalan dikelurahan Gebang Rejo Barat. Normalisasi sungai dikelurahan Kayamanya, lanjutan paving block TK pembina di Kayamanya, pembuatan pagar tembok di Moengko Baru, pengadaan motor bak sampah roda tiga di Kelurahan Gebang Rejo, pengadaan mesin kantiting Kelurahan Kayamanya Sentral, pengadaan tong sampah three in one di Kelurahan Gebang Rejo Barat, pengadaan pipa untuk tempat ikan di Kelurahan Kayamanya Sentral.

Baca Juga :  Perayaan HUT Kota Poso Ke-123

Kecamatan Poso Kota Utara hasil Mogombo Lipu antara lain : infrastruktur plat deker di Kelurahan Madale, pengaspalan di Kelurahan Lawanga, pembangunan kantor Kelurahan Bonesompe, pembangunan tanggul wilayah Tawongan, pembangunan sarana air limbah diwilayah Bonesompe, plat deker Kelurahan Tawongan, jembatan konvensional di Lawanga, pembangunan ruang guru dan Perpustakaan SDN Madale, pembangunan POSKESDES Kelurahan Bonesompe, pagar tembok dikelurahan Kasintuwu, pembangunan jalan kantong produksi di Madale, pengadaan kendaraan roda 3 di Kelurahan Tawongan, bibit sapi betina dan pembangunan Gapura di Kelurahan Tegalrejo.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan penanda tanganan berita acara oleh keempat Camat dan selanjutnya diserahkan kepada Wakil Bupati Poso untuk dinaikkan ke musrenbang tingkat Kabupaten Poso tahun 2018 (ES).

Poso Cerdas Adalah Poso Yang Maroso…!!!

KOMENTAR