Poso Kota Utara, PPID – Bupati Poso Kolonel marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu selasa (6/3/2018), secara resmi membuka Pelatihan calon anggota pasukan pengibar bendera yang akan melaksanakan tugas pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, baik pada acara penaikan bendera maupun penurunan bendera. Menurut Kadispora Frits Sam Purnama selaku penyelenggara kegiatan, calon paskibraka berjumlah 62 orang yg terdiri dari 33 orang laki-laki dan 29 orang perempuan yg merupakan hasil seleksi dan berasal dr sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas yg ada di Kab. Poso, dan akan mengikuti pelatihan selama lebih kurang 5 bulan.

Dari jumlah tersebut 2 orang diantaranya dipersiapkan untuk mewakili Kabupaten Poso selaku paskibraka di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Palu. Sementara itu bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya antara lain mengatakan, melalui pelatihan paskibraka diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dgn melahirkan jiwa patriotisme, jiwa pejuang dan sikap pantang menyerah yang harus dimiliki oleh setiap calon paskibraka. Karena itu bupati Darmin minta agar setiap anggota paskibraka jangan mudah menyerah ketika menghadapi tantangan atau permasalahan, tetapi sebaliknya kata Bupati Darmin, jadikanlah tantangan/permasalahan yg dihadapi menjadi suatu peluang yg membawa nilai-nilai positif dalam tugas dan tanggung jawab khususnya dlm mengikuti pelatihan.

Baca Juga :  Family Day Keluarga Besar Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso

Dikatakan, suksesnya pelaksanaan pengibaran sang merah putih bukanlah semata-mata tujuan utama dari pelatihan paskibraka tetapi lebih dr itu bagaimana menyikapi dan belajar dr nilai-nilai dr pelatihan itu utk diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan selanjutnya menjadi contoh yg baik dalam mengharumkan nama bumi sintuwu maroso serta bangsa dan negara tercinta.

Bupati Darmin juga berpesan kepada calon paskibraka agar tetap menjaga keharmonisan dan kekompakan, menjaga nama baik keluarga, sekolah dan tana Poso tercinta. Ia juga mengingatkan bahwa tidak sedikit kawan-kawan calon paskibraka yg ingin menjadi anggota paskibraka, namun karena keterbatasan dan tuntutan persyaratan sehingga kalian inilah yg terpilih berdasarkan proses seleksi yg sangat ketat, ujarnya. Karena itu manfaatkanlah kesempatan yg baik ini, siapkanlah fisik dan mental saudara-saudara agar dapat melewati semua jenjang pelatihan sampai selesai dan jadilah sebagai anggota paskibraka yang prima dan siap pakai dimasa datang, tegas mantan Danyon Marinir itu serius.

Baca Juga :  Pengembangan Kewirausahaan Melalui Pasar Ramadhan

Pembukaan pelatihan paskibraka itu sendiri ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan dan pemasangan topi latihan oleh bupati Poso Kol. Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Ketua purna paski Faidul Keteng dan Kadisporaa Frits Sam Purnama. (AS)

KOMENTAR