Poso Kota Utara, PPID – (06/03/2018) Sore tadi Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri dan membuka Pelatihan Calon Paskibraka Kabupaten Poso Tahun 2018. Selain dihadiri oleh Bupati Poso, acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Poso Frits Sam Purnama,SH, M.AP serta Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Poso Dr. Faidul Keteng, ST, M.Si. Acara ini bertempat digedung Torulemba Rujab Bupati Poso.

Diawal acara Bupati Poso disambut dengan meriah sorak sorai dan yel yel dari seluruh peserta calon paskibraka sebagai tanda penyambutan selamat datang buat Bupati Poso dan dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh semua peserta yang hadir.

Kemudian laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Poso Tahun 2018 oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Poso Frits Sam Purnama,SH, M.AP, dalam laporannya menyampaikan tentang rencana kegiatannya yaitu :

  1. Nama Kegiatan Pembinaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Poso Tahun 2018
  2. Anggaran dari APBD yang diatur dalam DPA Tahun 2018 Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Poso
  3. Jumlah Peserta Calon Paskibraka Kabupaten Poso Tahun 2018 seluruhnya adalah 62 orang yang terdiri atas dari 60 orang Calon Paskibraka untuk Tingkat Kabupaten Poso dan 2 orang untuk Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah. yang semuanya direkrut dari seluruh SMA yang ada diwilayah Kabupaten Poso
  4. Perekrutan diambil dari seleksi pengurus-pengurus sekolah SMA yang ada diwilayah Kabupaten Poso dan kemudian dilakukan penyeleksian akhir dengan tes kemampuan baris berbaris, kondisi fisik dan kesehatan, psiko tes serta pengetahuan umum.
Baca Juga :  Mencipta Peluang Menjadi Karya Untuk Membangun Poso

Dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama peserta paskibraka yang lulus dan akan mengikuti pelatihan paskibraka. Diakhir laporannya, Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Poso berterima kasih atas peran serta dari Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Poso Dr. Faidul Keteng, ST, M.Si karena banyak membantu dan mendukung seluruh kegiatan paskibraka sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Bupati Poso dalam sambutannya mengapresiasi semangat peserta calon paskibraka dan berharap setelah mengikuti pelatihan paskibraka akan menjadi generasi muda yang mempelopori kedisplinan, mencerminkan sifat patuh, peduli, sabar, sopan dan mandiri. Dengan demikian dalam pergaulan mereka sehari-hari dapat berdampak baik bagi lingkungan sekitar mereka. Bupati Poso juga menyampaikan melalui pelatihan paskibraka ini diharapkan kiranya dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan akan lahir jiwa-jiwa patriotisme, jiwa pejuang dan sikap pantang menyerah yang sejatinya harus ada pada setiap peserta calon paskibraka saat ini.

Baca Juga :  Bupati Darmin Berharap Semua Bantuan Terdistribusi Dengan Baik dan Merata

Kiranya dengan pengalaman yang didapat dari pelatihan peserta calon paskibraka ini dapat menjadi modal bagi para peserta kedepannya dalam menggapai masa depan yang penuh harapan, menjadi contoh yang baik dan terus berbenah diri dalam mengharumkan nama daerah, bangsa dan negara tercinta, tegas Bupati Poso.

Disamping itu Bupati Poso juga berharap kepada peserta agar mengikuti semua petunjuk instruktur/pelatih dengan benar sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai apa yang kita harapkan bersama hingga pada akhir hari pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus 2018. Selain itu mengharapkan untuk tetap menjaga keharmonisan dan kekompakan serta menjaga nama baik keluarga, sekolah dan daerah tercinta Kabupaten Poso. Diakhir sambutannya Bupati Poso menyampaikan semoga pelatihan ini dapat berjalan sukses sesuai harapan kita bersama.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Meninjau Langsung Kegiatan Jumpa Berlian

Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta dan memasangkan topi latihan kepada perwakilan calon anggota paskibraka oleh Bupati Poso didampingi Kadispora dan Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Poso, lalu menyanyikan bersama lagu Bagimu Negeri dan lagu Syukur, Pembacaan Do’a, Laporan Ketua dan ditutup dengan foto bersama. Sekian (ES)

KOMENTAR