Jakarta, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir. (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menandatangani Nota Kesepahaman Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PURKADES) dengan Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Tramsmigrasi bersama pihak swasta. Bupati yang didampingi Kadis Perikanan Yusak Mentara dan Kadis PMD Luciana Sigilipu selain mengikuti penandatanganan pola kemitraan Purdesa, juga mengikuti kegiatan Press Confrence, Talk Show, serta Panel Diskusi 4/Pemberdayaan pertanian melalui pembiayaan, pendampingan dan teknologi bersama Menteri BUMN , Menteri Koperasi dan UKM, dan Buyer Regional Head Asia Pacifik IFAD Country Director and Representative For South East Asia and the Pacific, bertempat di Jakarta Convetion Center dan Hotel Sultan DKI Jakarta selama 2 hari 8-9 maret 2018, dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Baca Juga :  Poso sebagai Pintu Gerbang Cegah & Tangkal Berbagai Penyakit

PURKADES sendiri merupakan cara/strategi untuk terus mendorong dan memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Diharapkan dengan produk unggulan setiap desa bisa membantu memudahkan warganya dalam membangun akses pasar, termasuk mengatasi berbagai hambatan yg selama ini dihadapi warga desa dalam memacu pertumbuhan ekonomi, ujar bupati Darmin. Dikatakan, produk unggulan bagi setiap desa merupakan pinru masuk bagi desa dlm membangun akses pasar yg nantinya bisa dikembangkam dalam skala yg lebih besar sehingga secara makro akan lebih menguntungkan. Bupati Poso berharap program tersebut sedapat mungkin bisa mengatasi masalah kemiskinan secara bertahap.

Hal ini terkait dengan program pemerintah “Satu desa satu produk”, tegas mantan perwira marinir berpangkat kolonel itu disela-sela pertemuan di Jakarta kemarin. Lanjut Bupati Darmin, Kabupaten Poso sesungguhnya banyak memiliki potensi yang bisa dikembangkan sebagai produk unggulan hanya saja kata Bupati Poso, tentu memerlukan sentuhan sumber daya anak-anak bangsa yg terampil. Karena itu Bupati Darmin berharap khusus kepada OPD terkait agar bisa memanfaatkan peluang itu dan bekerja lebih fokus guna mengoptimalkan sumber daya yg ada didesa khususnya di Kabupaten Poso. Sebelum kembali ke-Poso, menurut rencana bupati Darmin Agustinus Sigilipu akan menghadiri acara jalan santai/Fun marathon di Car Free Day minggu 11/3. 2018, yg mengambil star depan hotel Sahid Jakarta bersama Gubernur Sulawesi Tengah  Drs. Longki Djanggola,M.Si, dan warga Sulteng yg ada di Jakarta dan sekitarnya, dlm rangka peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulteng ke-54 Tahun 2018.

Baca Juga :  Hotel Bintang 3 kini Hadir di Poso

(Penulis Drs. Armol Songko)

KOMENTAR