Poso, PPID – Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Serentak Tahun 2019. 09/03/2018.

Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si tadi pagi menghadiri pelantikan sejumlah anggota PPK dan PPS bertempat di Gor Puselemba. Dari 19 Kecamatan dan 142 Desa dengan jumlah total sebanyak 567 orang. Terdiri dari PPK Sejumlah 57 Orang dan PPS sejumlah 510 Orang. Dihadiri oleh Wakapolres Poso Kompol I Gede Suara, SH, Rektor Unsimar Kisman Lantang, SE., M.Si, Kasdim Mayor Infantri Iqbal Makmur, Wakil Ketua 2 DRPD Kabupaten Poso Darma Gideon Mondolu, SH, Komisioner KPU (Ketua Taufik Hidayat, ST, anggota Ir.Geferson Balebu, Karel Rompas, Iwan Ahmad, SE, Wisnu Pratala, SP), Camat Poso Kota Utara, Efendy Chafii, S.Sos, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Poso, Pengadilan Negeri Poso serta perwakilan dari OPD.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Poso

 

Pelantikan anggota PPK dan PPS : 19 Kecamatan & 142 Desa sejumlah 567 orang. Terdiri dari PPK 57 Orang & PPS 510 Orang, doc by Bobby Humas

Sambutan Ketua KPU Poso yang disampaikan oleh Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Wisnu Pratala menyampaikan bahwa pendaftaran KPU dan PPS tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena begitu banyak orang yang mendaftar namun hanya sedikit yang diterima dimana hanya 3 orang per Kecamatan dan Desa yang dipilih. Semoga saudara yang yang sudah dilantik, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Sambutan Wakil Bupati Poso, menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang telah terpilih karena memenuhi persyaratan diantara banyaknya orang yang mendaftar. Hal ini harus disyukuri diberikan kepercayaan dan kehormatan dari Negara untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta Demokrasi yang akan menentukan nasib Bangsa dan Negara serta Daerah Lima tahun kedepan. Apresiasi dan terima kasih kepada KPU Kabupaten Poso bersama jajarannya yang telah menyelesaikan salah satu tugas tahapan Pemilu 2019 dengan selesainya menyeleksi Calon Anggota PPK dan PPS.

Baca Juga :  Rapat Evaluasi Realisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso Tahun Anggaran 2018

Tugas dan Tanggungjawab yang saudara-saudara emban sebagai penyelenggara Pemilu tentunya tidaklah ringan, memiliki tugas dan wewenang untuk membantu KPU Propinsi, Kabupaten/Kota dalam melakukan pemuktahiran Data Pemilih baik pemilih sementara maupun tetap, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di Tingkat Kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU serta tugas lainnya.

Sambutan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, doc by Bobby Humas

Lebih lanjut Wakil Bupati Poso mengatakan, di era Reformasi sekarang ini kita telah menyelenggarakan beberapa kali Pemilihan Umum. PPK dimasing-masing Kecamatan apabila menghadapi permasalahan krusial, segera melakukan koordinasi dengan anggota PPK dan melakukan Koordinasi dengan KPU Kabupaten. Setiap langkah dan tindakan harus senantiasa berpedoman pada aturan hukum yang berlaku. KPU Kabupaten Poso, Sekretariat KPUD hendaklah memberikan pelayanan dengan mengedepankan semangat Profesionalisme sehingga dapat terjalin komunikasi secara efektif diberbagai tingkatan. Netralitas anggota KPU Kabupaten, PPK dan PPS perlu diteggakan.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso : Aparat Pemda Harus Siap Kapan Saja

Meningkatkan rasa aman dan menjaga ketentraman masyarakat. Mendewasakan masyarakat kita, sehingga partisipasi dalam berdemokrasi semakin meningkat. Karena lewat hal ini, kita juga dapat menjadi penentu arah pembangunan sebagai mana tujuan bersama. Menyiapkan diri terhadap segala sesuatu yang akan menunjang kinerjanya, koordinasi dengan pimpiman kecamatan dan desa. Terutama sekretariat yang dapat digunakan untuk menjadi tempat kerja yang bisa digunakan secara efektif.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati Samsuri menegaskan Apabila tidak mengasai tugas, atau sengaja membelokkan kewenangan untuk kepentingan sendiri, maka akan merusak citra demokrasi. Olehnya mari kita bekerja dengan tulus ikhlas. Agar pemimpin yang dipilih dari kegiatan ini dapat melayani dengan baik sesuai harapan kita bersama (NA).

KOMENTAR