Mapane, PPID – Upacara Pembukaan Operasi Teritorial TNI “Sintuwu Maroso” di Wilayah Poso Sulawesi Tengah TA 2018 di Lapangan Sepakbola Kelurahan Mapane Kecamatan Poso Pesisir pada Senin 12 Maret 2018 ditandai dengan Pemukulan Kentongan (Padengko) dan pelepasan burung merpati.

Opster TNI adalah salah satu realisasi dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta sehingga harus melibatkan seluruh potensi wilayah dan sumber daya nasional termasuk di dalamnya adalah segenap warga masyarakat Indonesia. Pelaksanaan Opster ini dimana TNI yang menjadi leading sectornya, merupakan gelar Operasi Militer selain perang atau yang biasa disingkat OMSP. Namun tanpa keterlibatan dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa yang ada di Poso dan sekitarnya, pelaksanaan Opster ini tentunya tidak akan berdaya dan berhasil guna secara optimal sesuai yang diharapkan.

Penyambutan Kasdam XIII/Merdeka bersama Ibu, doc by Rustam Humas

UU RI No. 34 tentang TNI telah mengamanatkan kepada TNI untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Sebagai implementasinya, TNI menggelar Operasi Teritorial di berbagai Kotamaops TNI yang salah satunya dilaksanakan di wilayah Poso.

Oleh karena itu, selain fokus pada kegiatan fisik berupa rehab rumah ibadah sebanyak 4 unit dan rumah penduduk sebanyak 71 unit, opster ini nantinya juga akan menyasar kegiatan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan untuk membina kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan sasaran merebut hati dan pikiran rakyat.

Baca Juga :  Peresmian Rumah Pastori II Jemaat Ofra Tambaro

Dalam sambutan Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE, MM yang dibacakan oleh Kasdam XIII/ Merdeka Brigjen TNI Fajar Setiawan, SIP mengatakan bahwa ini semua adalah wujud dari darma bakti TNI kepada rakyat Indonesia yang telah melahirkannya. Selanjutnya demi tugas negara ini, Pangdam XIII / Merdeka mengajak segenap elemen bangsa yang ada di Poso, dan seluruh warga masyarakat Poso, para alim ulama, pendeta, pemangku agama Hindu, pemimpin agama Budha serta para tokoh adat dan tokoh masyarakat agar mendukung jalannya Opster TNI ini, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa yang ada di Poso ini.

Sambutan Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) DAS, doc by Rustam Humas

Pangdam XIII/Merdeka juga berpesan mengingat pentingnya keberhasilan Operasi Teritorial ini untuk mengembalikan kewibawaan pemerintah dan memulihkan kepercayaan warga masyarakat kepada aparat negara, maka diperintahkan kepada seluruh anggota Satgas agar :
1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar memperoleh berkat & ridho-Nya
2. Laksanakan semua aturan dan ketentuan yang berlaku di daerah Operasi guna menghindari terjadinya kerugian personil dan materil
3. Bekerjalah dengan ikhlas dan hati yang bersih untuk membangun bersama rakyat

Sedang dalam Sambutan Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa bagi Pemerintah Daerah Opster TNI membantu serta mendorong terwujudnya pembangunan infrastruktur di daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesehjateraan hidup masyarakat serta terwujudnya tugas bantuan kepada pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah melalui pendekatan teritorial multi dimensi guna memelihara kondisi keamanan secara menyeluruh di daerah sintuwu maroso.

Baca Juga :  Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018 Dirangkaikan Dengan 17 Bulan Berjalan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Bersama TNI/POLRI
Pelepasan Burung Merpati yang melambangkan perdamaian di tana Poso, doc by Rustam Humas

Karena itu Pemda Poso sangat merespon dan mendukung terlaksananya kegiatan opster TNI di wilayah ini untuk kepentingan peningkatan kesehjateraan masyarakat serta menguatkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat di Kabupaten Poso. Apalagi keberhasilan Opster TNI tahun sebelumnya di Kabupaten Poso menjadi evaluasi tersendiri bagi pihak TNI untuk melanjutkan kegiatan Opster ini kembali dilaksanakan di wilayah Sintuwu Maroso tercinta

Untuk itu kita semua patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sampai hari ini masyarakat Kabupaten Poso terus mendukung Pemerintah Daerah di dalam kegiatan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan sosial kemasyarakatan. Kita pun patut berbangga atas sikap masyarakat yang sudah semakin dewasa sehingga tidak lagi mudah terpancing dan terprovokasi terhadap ulah sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab yang berupaya dan ingin menjauhkan rasa aman dan damai dari bumi sintuwu maroso. Karena pada dasarnya masyarakat Poso adalah masyarakat yang damai dan mencintai kedamaian itu sendiri sesuai dengan budaya kearifan lokal sintuwu maroso yang sejalan dengan semboyan bhineka tunggal ika, lanjut Bupati DAS

Penandatanganan Prasasti Peresmian Kantor bersama Tiga Pilar oleh Kasdam XIII/Merdeka, doc by Rustam Humas

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada pihak TNI/Polri selaku Aparatur penegak hukum yang telah bekerja keras untuk selalu menciptakan ketentraman, rasa aman dan damai di Kabupaten Poso. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso khususnya yang ada di wilayah Opster TNI, agar senantiasa terbuka dalam memberikan informasi serta bentuk dukungan lainnya sehingga Opster TNI bisa berhasil dengan baik

Baca Juga :  Bupati Poso: Unkrit Harus Berani Bangkit

Acara yang dirangkaiakan dengan Penandatanganan Prasasti Peresmian Kantor Bersama Tiga Pilar Desa Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir dan Desa Tri Mulya Kecamatan Poso Pesisir Utara serta Penyerahan Piagam Penghargaan bagi Babinsa berprestasi, Penyerahan 1 unit Sepeda Motor Vixion kepada Babinsa Serda Arfan Padja dan penyerahan sembako kepada warga masyarakat. Adapun Babinsa berprestasi kurun waktu semester pertama tahun 2017 s.d. tahun 2018 : Serka Bahrun Babinsa Ramil 1307-01 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako Dam XIII/Merdeka, Sertu Yaman Uwadingo Babinsa Ramil 1307-09 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako yang berhasil dalam mengatasi peredaran narkoba di wilayah binaannya bersama Babinkamtibmas dan masyarakat, Serda Yanto Bandule Babinsa Ramil 1307-01 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako Dam XIII/Merdeka yang berhasil dalam mengatasi kesulitan air bersih di wilayah binaannya Dusun Pantende Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan dan Koptu Abd. Wahab babinsa Ramil 1307-09 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako yang berhasil dalam komsos di wilayah binaannya sehingga mendapat penyerahan senjata rakitan, magasen dan HT dari masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan kegiatan Bhakti Sosial berupa pengobatan gratis, khitanan massal dan pelayanan KB di seputaran area lapangan Mapane oleh Kasdam XIII/Merdeka didampingi Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf. Agus Subianto, Bupati & Wakil Bupati Poso bersama Anggota FKPD. Acara ini juga dimeriahkan oleh Atraksi kesenian seperti Kuda Kepang NKRI Turonggo Mudo, Marawis Gabungan TNI/Polri Yonif 714/SM bersama Den Brimob, Marching Band Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor 13 Poso & Paduan Suara SMA Negeri 2 Poso. (GP)

KOMENTAR