Bupati Poso membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Poso

Poso Kota, PPID – Pagi tadi bertempat di Aula Pertemuan Bapelitbangda Kabupaten Poso, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil Bupati Ir. Samsuri, M.Si menghadiri dan membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Poso, Kamis 22 Maret 2018. Dalam pembukaan forum pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua I serta beberapa anggota DPRD Kabupaten Poso, Kejari Poso, Dandim 1307 Poso, Kepala-kepala OPD, para Camat beserta utusannya, Rektor Unsimar dan Unkrit, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan utusan lainnya.

Dalam laporan Kepala Bapelitbangda Kabupaten Poso Suratno,SP., M.Si. menyampaikan tentang penyelenggaraan Forum OPD merupakan kelanjutan dari tahapan perencanaan sebelumnya yaitu pelaksanaan Musrenbang RKPD di 19 (Sembilan Belas) Kecamatan yang didahului dengan pelaksanaan Mogombo Lipu dan Musrenbang Tingkat Kecamatan. Dari hasil Forum pertemuan Organisasi Perangkat Daerah ini nantinya akan dilanjutkan ke tahap Musrenbang Tingkat Kabupaten yang rencananya akan diselenggarakan minggu depan. Kemudian dari tahap Musrenbang Tingkat kabupaten nantinya akan dilanjutkan ke forum tingkat propinsi untuk dibawa ke tahap Musrenbang Tingkat Nasional.

Baca Juga :  Menyamakan Persepsi Menghadapi Pilkada 2020, Bupati Darmin Buka Rakor Kesbangpol Sulawesi Tengah

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu diawal sambutannya memberikan salam cerdas yang kemudian diikuti oleh semua peserta yang hadir, Bupati Poso mengajak peserta agar dalam melakukan sesuatu harus berpikir dan bertindak secara cerdas didasari oleh hati yang tulus, ikhlas dan bersih demi membangun Tana Poso yang lebih baik. Selain itu Bupati Poso juga mengapresiasi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si sebagai sosok yang senior dan rendah hati yang selalu setia menjadi rekan kerja, baik dalam keadaan susah maupun senang selalu mendampingi dalam membangun poso yang lebih baik. Bupati Poso berharap dengan adanya hasil Forum Organisasi Daerah tahun 2018 sudah dapat memberikan harapan yang besar terhadap adanya perubahan yang kita rencanakan dalam RPJMD Tahun 2016 – 2021.

Melalui kesempatan ini Bupati Poso juga mengajak kepada kita semua untuk bertekad akan menghentikan kebiasaan lama yang kurang baik yang tidak sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan, mulai proses perencanaan hingga dalam pelaksanaan pembangunan serta dalam pelayanan publik, dan akan membiasakan budaya kerja yang lebih efektif dan efisien tentunya tetap berpedoman pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
Selain itu Bupati Poso juga menegaskan setiap Organisasi Perangkat Daerah melakukan hal-hal sebagai berikut :
1. Mencermati indikator kinerja dan target kinerjanya masing-masing yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Poso Tahun 2016-2021 dan Renstra OPD, setiap program dan kegiatan harus mengacu pada pencapaian target kinerja tersebut.
2. Melaksanakan koordinasi secara lebih intensif dengan OPD mitra bidangnya ditingkat propinsi dan kementrian terkait ditingkat pusat.
3. Melaksanakan koordinasi yang lebih efektif dengan OPD terkait di internal kabupaten guna menyelaraskan kegiatan untuk mendukung program prioritas (unggulan) dimasing-masing OPD.
4. Memperkuat Subag Perencanaan OPD dengan penambahan staf dan fasilitas kerja sesuai kebutuhan sehingga siklus dan tahap-tahap perencanaan dapat dikerjakan dengan tepat waktu dan kualitas yang baik;
5. Melaksanakan terobosan dan inovasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga target-target kinerja dapat dicapai secara efektif dan efisien.
6. Menyiapkan tenaga admin (operator) yang menguasai teknologi informasi untuk mengaplikasikan Smart City dengan berbagai aplikasi pemerintahan (E-Goverment).

Baca Juga :  Dari 13 Kabupaten/Kota Se-Sulteng, Poso Raih Terbaik I Perencanaan dan Capaian Pembangunan

Diakhir sambutannya Bupati Poso juga mengajak melalui Forum ini agar seluruh lapisan masyarakat bahu membahu dengan aparat keamanan untuk dapat menciptakan dan menjaga suasana yang kondusi yang kondusif, sehingga kegiatan pembangunan dapat terus berlangsung secara aman dan berkesinambungan. Kita juga harus dapat menepis isu isu yang sumbernya tidak jelas, apalagi yang mengarah pada fitnah dan adu domba agar tidak menjadikan warga masyarakat resah dan menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat terganggu.

Oleh karena itu Bupati Poso mengharapkan dukungan semua pihak, terutama pimpinan dan seluruh anggota DPRD, seluruh ASN dan OPD, Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan, LSM dan media massa baik elektronik maupun media cetak. Kritik dan saran yang membangun akan kami jadikan bahan perbaikan. Atas semua dukungan yang diberikan kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya, tegas Bupati Poso. Setelah itu Bupati Poso membuka secara resmi Forum Organisasi Perangkat Daerah (ES).

KOMENTAR