Parigi, PPID – Kamis 5 April 2018, melalui akstraksi pergelaran seni budaya yang sangat spektakuler dan menakjubkan, Kabupaten Poso akhirnya kembali mengukir prestasi gemilang melalui penampilan terbaik putri-putri pariwisata Poso dalam suatu event berskala nasional “Tomini Fashion Carnival” yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong malam tadi. Lomba yang diikuti perwakilan dari berbagai daerah di tanah air seperti: Bali, Jember, Banyuwangi, Parigi, Poso, Palu, Gorontalo, Malang, Jogyakarta dan Semarang, akhirnya Kabupaten penghasil ebony melalui putri pariwisata Rinda Arifdayanti Ahmad yang menggunakan costume The Agility of Sogili, tampil memukau meskipun harus puas ditempat ketiga setelah Bali dan Banyuwangi.

Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu yang hadir langsung menyaksikan lomba tersebut mengaku bangga atas prestasi yang telah dipersembahkan oleh anak-anak Poso yang tampil terbaik diajang bergengsi itu. Menurutnya, meskipun kita menempati peringkat tiga, tapi kita patut memberi apresiasi dan berbangga karena ternyata mampu menyingkirkan beberapa daerah lain yang datang dari luar Sulawesi Tengah, bahkan berhasil menempel ketat Bali dan Banyuwangi sebagai daerah pariwisata terkemuka di Indonesia dengan selisi nilai yang sangat tipis. Ini sekaligus membuktikan bahwa Poso memiliki banyak potensi yang sangat besar untuk dikembangkan bahkan kedepan bisa menjadi daerah yang sangat diperhitungkan dalam event-event regional maupun nasional.

Baca Juga :  Gerakan Keamanan Pangan Desa Hingga Pelaksanaan Sidang Isbat Nikah Terpadu dan Promosi Hasil Perikanan

Apalagi Kabupaten Poso baru pertama kali mengikuti event seperti ini dan secara mengejutkan justru berhasil menyaingi daerah yang terkemuka dibidang seni budaya di tanah air dengan memperoleh juara ketiga. Hal ini tentu merupakan peluang besar bagi kab. Poso untuk meraih prestasi yang lebih baik dimasa datang. Karena itu Bupati Darmin berharap dengan berbagai prestasi yang telah dicapai selama ini kiranya akan menjadi pemicu semangat bagi pemerintah bersama seluruh masyarakat untuk terus berkarya guna mewujudkan Poso yang baru, Poso yang Cerdas dan mandiri. Kalau bukan kita siapa lagi??kalau bukan sekarang kapan lagi?? tegas bupati Darmin meluapkan kegembiraannya usai lomba sebelum meninggalkan Parigi menuju Poso.

Baca Juga :  Nikah Itsbat, Bupati Darmin Nyatakan Pelayanan Rp 0, -

Dikatakan, sekecil apapun yang kita kerjakan tapi jika membawa manfaat yang besar bagi banyak orang, bagi Tana Poso akan jauh lebih berharga dibanding sebuah retorika besar tapi pada akhirnya tidak mampu berbuat apa-apa. Itulah sebabnya Pemerintah Daerah Kabupaten Poso terus berupaya melakukan pembinaan serta membuka ruang dan kesempatan bagi semua kalangan untuk terus mengembangkan prestasi melalui karya-karya nyata guna mengharumkan nama baik Kabupaten Poso menuju masa depan yang cerah. Kehadiran Bupati Darmin membuat kami lebih percaya diri dan bersemangat dalam mengikuti lomba, ujar Arifdayanti Ahmad yang tampil memukau ratusan penonton di Kabupaten tetangga itu.

Dalam Lomba Tomini Fashion Carnival Parigi, Kabupaten Poso sendiri mengikutsertakan 4 peserta masing-masing Ristra Bella, Cindy Aristhah Micelle Hasim dan Arifdayanti Ahmad yang tergabung dalam Tim kreatif Silondaya Poso. Acara lomba dibuka langsung Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola. Msi dan dihadiri para Bupati dan sejumlah pejabat dari masing-masing daerah perwakilan peserta. (AS)

KOMENTAR