Poso, PPID – Pagelaran seni budaya dalam rangka Menyongsong satu tahun penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Poso di Lapangan Maroso Poso, Sabtu 21 April 2018. Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah pemilih pemula seperti anak-anak sekolah dan beberapa partai politik ini juga diwarnai dengan defile parade seni budaya dari PPK yang ada di Kabupaten Poso dengan memakai atribut adat istiadat Tana Poso.

Kegiatan yang dilakukan secara serentak ini dilaksanakan oleh seluruh KPU mulai dari KPU RI sampai tingkatan KPU Kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.Pagelaran Seni ini merupakan sosialisasi agar masyarakat mengetahui tanggal pemungutan suara Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, partai politik yang menjadi peserta pemilu, maskot Pemilu 2019 ‘Sang Sura’ serta akan diperkenalkan jingle yang berjudul ‘Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat’.

Baca Juga :  Pembukaan Pasar Murah, Bupati Darmin Serahkan Bantuan Bangun Jembatan Gantung
Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Pemilu Serentak di Kabupaten Poso, doc by Om Ale

Pada Pemilu 2019 mendatang memiliki perbedaan dibanding pemilu sebelumnya yang hanya memilih DPR RI,DPD, DPRD Provinsi,DPRD kabupaten/kota. Sedangkan Pemilu 2019 mendatang, selain empat surat suara diatas maka akan ditambah dengan satu surat suara yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Kegiatan yang lebih menitikberatkan pada keikutsertaan bagi pemilih pemula ini yang merupakan Salah satu kategori pemilih yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan demokrasi karena selain jumlahnya yang akan terus bertambah, potensi daya kritis mereka juga dapat menentukan sebuah hasil pemilu. Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya. Pemilih pemula terdiri dari masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus Cabang 20.03 Keluarga Besar FKPPI Kabupaten Poso, Masa Bhakti 2016-2021
Sambutan Ketua KPU Kabupaten Poso Taufiek Hidayat, SE, doc by Om Ale

Adapun syarat-syarat yang harus dimiliki untuk menjadikan seseorang dapat memilih adalah:

1.   Umur sudah 17 tahun;

2.   Sudah / pernah kawin; dan

3.   Purnawirawan / Sudah tidak lagi menjadi anggota TNI / Kepolisian.

Dengan tema yang diusung adalah “Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019” ini juga dimeriahkan oleh atraksi reog singa Turonggo yang berasal dari desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan, kuda kepang tari Turonggo dari Desa Sintuwulemba dan penampilan teaterikal dari Palindo Art yang menampilkan tentang prosesi pemungutan suara / pemilihan serentak.

Dalam Sambutan Ketua KPU Kabupaten Poso Taufiek Hidayat, SE mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan peraturan KPU Nomor 10 tahun 2018 tentang Sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilu, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilu serta meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

Baca Juga :  Penutupan MTQ Ke-27 Tingkat Kabupaten Poso

Sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan & SDM Ir. Andi Rifai, M. Si mengharapkan kiranya melalui kegiatan ini seluruh lapisan masyarakat di Bumi Sintuwu Maroso mendapatkan manfaat yang signifikan bagi perkembangan dan kemajuan daerah Bumi Sintuwu Maroso khususnya di dalam pendidikan dunia politik sehingga seluruh komponen masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk berpartisipasi dalam menentukan nasib bangsa pada umumnya serta daerah Tana Poso pada khususnya melalui pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan berintegritas. (GP)

KOMENTAR