Kasiguncu, PPID – Peresmian Kantor Kesehatan Pelabuhan Poso Wilayah Kerja Bandar Udara Kasiguncu oleh Direktur Jenderal Pencegahan & Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dr. Anung Sugihantono, M. Kes didampingi Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si pada Selasa, 24 April 2018. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Poso Syaifudin Labanu, SH, MM melaporkan bahwa Pembangunan Kantor Wilayah Kerja Bandar Udara Kasiguncu dibangun dengan dana APBN melalui DIPA Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Poso. Syaifudin juga mengharapkan dengan diresmikannya kantor ini kinerja para pegawai di lingkungan kantor kesehatan pelabuhan Poso menjadi lebih efektif, terfokus dan terarah.

Peresmian Gedung Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Poso Wilayah Kerja Bandara Kasiguncu Poso, doc by Rustam Humas

Pemerintah Daerah Kabupaten Poso berterima kasih atas bentuk perhatian Kementerian Kesehatan RI melalui Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit yang telah membantu pemerintah dalam memfasilitasi sarana kesehatan di Kabupaten Poso guna mewujudkan visi misi Pemda 2016-20 Sebelum meresmikan Kantor Wilayah Kerja Bandara Kasiguncu – Poso ini dalam sambutannya Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit mengatakan bahwa pengembangan pelayanan kesehatan saat ini tengah diupayakan oleh kementrian kesehatan secara serius.

Baca Juga :  Tulisan Slogan "Poso Kota Cerdas Kembali Dirusak"

Adapun fungsi kantor kesehatan pelabuhan sebagai adalah sebagai pintu cegah dan tangkal penyakit oleh karena adanya pergerakan orang & barang (pergerakan/perpindahan) di tengah pembangunan di wilayah masing-masing. Oleh karenanya kementrian kesehatan tetap mengupayakan pembangunan fasilitas ini secara maksimal. Harapan Kementrian Kesehatan kiranya kantor ini dapat mendukung fungsi-fungsi pemerintah daerah dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat serta wujud tanggung jawab pemerintah pusat dalam cegah dan tangkal penyakit sebagai upaya juga menunjang Kabupaten Poso sebagai daerah tujuan wisata. Dengan adanya kantor ini dapat menjadi pintu gerbang untuk mencegah dan menangkal penyakit dari berbagai pergerakan/perpindahan orang atau barang seiring perkembangan zaman.

Apel Simulasi Kesiapsiagaan dalam menghadapi MERS-COV di WIlayah Bandar Udara Kasiguncu Poso, doc by Rustam Humas

Acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit dan pengguntingan pita Gedung Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Poso Wilayah Kerja Kasiguncu oleh Wakil Bupati Poso yang disusul dengan peninjauan lokasi gedung kantor yang baru diresmikan. Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama, Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit serta Wakil Bupati Poso melanjutkan kegiatan Apel Simulasi Kesiapsiagaan dalam menghadapi Mers-COV di Wilayah Bandar Udara Kasiguncu bertempat di Bandar Udara Kasiguncu dengan peserta apel yang terdiri dari seluruh pegawai kantor Kesehatan Pelabuhan Poso bersama TNI/POLRI.

Baca Juga :  Wabup Samsuri Pimpin MUSRENBANG Cluster Dua

Dalam rangkaian kegiatan Apel tersebut diserahkan Dokumen rencana Kontinjen Penanggulangan MERS-COV di Bandara Kasiguncu dari Kepala Bandara Kasiguncu Poso kepada Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit dan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Setelah pelaksanaan Apel dilakukan simulasi Respon Kesiapsiagaan dalam menghadapi MERS-COV di Wilayah Bandara Udara Kasiguncu Poso. (GP)

KOMENTAR