Poso Kota Utara, PPID – Puncak Peringatan Hari Kartini Ke – 139 tahun 2018 dihadiri oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Torulemba. Kedatangan Bupati Darmin disambut dengan paduan suara dari Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Poso. Dalam peringatan Ke-139 kali ini mengangkat tema “ Dengan semangat Kartini kita tingkatkan peran perempuan dalam keluarga untuk membentuk generasi muda yang berkarakter menuju Poso Kota Cerdas”.( 24/04/2018)

Peringatan kali ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba, seperti Lomba Senam Tobelo dan Lomba Kebaya Kartini selain itu Ikatan Bidan Indonesia juga menyelenggarakan Pelayanan Pemeriksaan Kanker Serviks secara gratis yang telah dilaksanakan pada hari Jumat (20/04/2018).

Hadir dalam acara puncak peringatan Hari Kartini ini, antara lain sesepuh Perempuan Kabupaten Poso Ny, Indah Sri Setyowati Samsuri, Para Kepala OPD dilingkungan Pemda Kabupaten Poso, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan tokoh perempuan serta beberapa organisasi-organisasi perempuan lainnya yang ada di Kabupaten Poso.

Dalam Laporannya Ketua pelaksana Peringatan Hari Kartini Ke 139 Tingkat Kabupaten Poso menyampaikan bahwa kali ini dilaksanakan dengan beberapa kegiatan sebelum pelaksanaan acara puncak ini. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi lomba senam tobelo, lomba peragaan busana kebaya Kartini yang diikuti oleh 27 peserta selain itu juga ada pelayanan pemeriksaan kanker serviks yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan indonesia. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini selain untuk menggali potensi yang ada pada setiap perempuan tapi juga menjadi ajang silahturahmi sekaligus memperat kerjasama pada semua organisasi perempuan sehingga dapat meningkatkan fungsi dan peran bukan hanya terbatas dilingkungan keluarga akan tetapi dalam lingkungan yang lebih luas lagi, baik dalam bekerja maupun ditengah masyarakat.

Baca Juga :  Menuju Poso Cerdas Ditunjang Guru Yang Cerdas Dan Profesional

Cita-cita Kartini dimasa sekarang ini telah banyak yang terwujud. Diberbagai sektor kaum perempuan telah memainkan peranan penting dan menjadi mitra sejajar dengan kaum pria. Tetapi kodrat sebagai perempuan tetap menjadi prioritas terutama dalam membina keluarga, mendidik anak dan menjadi partner suami dalam membangun rumah tangga yang harmonis.

Setelah laporan panitia dibacakan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video riwayat R.A Kartini. Kemudian pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kartini Ke 139 dan yang menjadi Pembina Upacara saat itu adalah Sesepuh Perempuan Kabupaten Poso Ny. Indah Sri Setyowati Samsuri, SH. Diakhir upacara tersebut dinyanyikan Lagu Ibu Kita Kartini yang dibawakan oleh Paduan Suara Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Poso.

Sesepuh Perempuan Kabupaten Poso dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan hari kartini merupakan momentum untuk mengenang kembali jasa ibu Kartini, selaku pelopor kebangkitan kaum perempuan indonesia. Karena jasa-jasanya yang penuh perjuangan dan keberanian serta pengorbanan yang tulus untuk memajukan kaum perempuan pribumi dari segala ketertingalan. Lebih lanjut Ny. Indah Sri Setyowati Samsuri, SH juga mengajak kaum perempuan agar menyikapi perkembangan zaman dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus ibu Kartini agar selalu aktif dan kreatif serta terus berkiprah dalam mendukung dan menjalankan program pemerintah sesuai kedudukan dan fungsi kita masing-masing. “Kaum perempuan hendaknya menjadi pelopor dan tampil digaris terdepan dalam mewujudkan cita-cita R.A Kartini” ujarnya.

Baca Juga :  Langkah cepat Pemda menangani warga Poso di Wamena Papua

Sementara itu Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu diawal sambutannya mengapreasiasi dan kebanggaan kepada Kartini-Kartini Kabupaten Poso yang sudah menyelenggarakan acara ini dengan tepat waktu, walaupun dengan berbagai pekerjaan ibu rumah tangga tapi bisa membagi waktu untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini secara tepat waktu.

Selain itu Bupati Poso juga menyampaikan selamat memperingati Hari Kartini kepada seluruh kaum perempuan di Kabupaten Poso, semoga momentum ini menjadi inspirasi bagi kita semua khususnya bagi kaum perempuan untuk tetap konsisten didalam meneruskan perjuangan Ibu Raden Ajeng Kartini sebagai pelopor kebangkitan kaum perempuan di Indonesia khususnya didalam memperjuangkan derajat dan emansipasi perempuan Indonesia.

Makna peringatan Hari Kartini yang kita peringati setiap tahun dibulan April merupakan kilas balik kelahiran sosok tokoh wanita indonesia yang telah memperjuangkan nasib dan hak-hak kaum perempuan dengan gigih tanpa pamrih sehingga kaum perempuan diangkat dari jurang kenistaan, kebodohan dan keterbelakangan. R.A Kartini berjuang mengeluarkan kaum perempuan dari semua ketidak adilan itu, sehingga kaum perempuan telah memperoleh hak-haknya sebagai wanita mempunyai kebebasan dan emansipasi/ persamaan hak dengan kaum lelaki hingga saat ini.Sehubungan dengan itu Bupati Poso juga mengapresiasi dan bangga kepada para Kartini Kabupaten Poso sudah ada menjadi Pimpinan DPRD, Camat dan Lurah.

Baca Juga :  Wakil Bupati Buka Pelatihan Penguatan Usaha Mantan Narapidana Terorisme

Pengarustamaan gender yang digalakkan pemerintah adalah salah satu bentuk kelanjutan perjuangan kaum Kartini. Sehingga melalui berbagai sosialisasi yang telah dilaksanakan didaerah ini baik oleh Pemerintah, LSM dan Organisasi Perempuan telah memberikan banyak masukan, pencerahan dan motivasi bagi kaum perempuan di Kabupaten Poso untuk bersama-sama bersinergi dengan Pemerintah didalam pembangunan, pemerintahan dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Khususnya didalam mendukung Kabupaten Poso Cerdas meraih piala Adipura dimasa yang akan datang,

Bupati Poso berharap emansipasi yang telah diperjuangkan Ibu Kartini beberapa abad yang lalu tidak menjadi momok dalam membina dan menjaga kerukunan rumah tangga yang telah dibina bersama pasangan masing-masing. Karenanya kaum perempuan juga harus memahami tentang pentingnya keseimbangan hidup dalam meniti karir dan menjaga kerukunan rumah tangga. Kodrat wanita sejatinya harus lemah lembut, kemayu dan penyayang, yang menjadi nilai plus bagi ibu-ibu didalam mensukseskan karir dan keharmonisan keluarganya demi masa depan yang bahagia, sehat dan sejahtera.

Semoga Kartini-Kartini Poso dapat meneladani dan senatiasa meneruskan perjuangan R.A Kartini didalam kehidupan berbangsa, bernegara khususnya didalam membangun Bumi Sintuwu Maroso kearah yang lebih baik menuju Kabupaten Poso yang CERDAS.

Kemudian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang Lomba Senam Tobelo dan Lomba Kebaya Kartini Tahun 2018 serta penyerahan hadiah dan piala bagi pemenangnya dan acara ditutup dengan foto bersama (Esan).

KOMENTAR