Poso Pesisir Selatan, PPID – Upacara penutupan kegiatan kemah bakti penggalang penegak dan temu saka wira kartika melalui Opster TNI TA.2018 di Lapangan Desa Pantangolemba, Kecamatan Poso Pesisir Selatan secara resmi digelar. Bupati Poso yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs.Joksan Lakukua adalah bertindak sebagai Pembina Upacara, Sabtu sore (12/5).

Sekda Joksan dalam arahan tertulis Bapak Bupati Poso mengatakan bahwa generasi masa depan bangsa sebagai generasi pelanjut , sejak dini harus mempersiapkan diri dengan baik sehingga nantinya bisa menyelesaikan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab khususnya membantu pemerintah meningkatkan pembinaan generasi pemuda yang berkarakter dan memiliki jatidiri kebangsaan yang kokoh dan rela berkorban, sehingga bisa membawa sesuatu yang bermakna bagi semua yang terlibat di dalamnya serta percaya bahwa masa depan anak-anak yang terlibat gerakan pramuka akan semakin cemerlang.

Baca Juga :  Bupati Poso Sambangi Langsung Wilayah Gempa 4,6 SR

Dalam arahan tertulis yang dibacakan dikatakan bahwa Bupati Poso yakin bahwa melalui kegiatan perkemahan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut mampu menumbuhkan kepercayaan diri para peserta baik dari para penggalang maupun penegak atau peserta kemah Saka Wira Kartika, sehingga kegiatan ini telah menjadi sarana belajar, tempat berkarya,serta telah menjadi sarana untuk memperkokoh persaudaraan dan persatuan antar peserta selaku sesama anak bangsa.

Lanjut dikatakannya Sekdakab Poso bahwa Bupati berharap bahwa kegiatan-kegiatan kepanduan di daerah ini terus digiatkan sesuai agenda yang telah terjadwal di Kwarcab Pramuka Kabupaten Poso juga kepada seluruh anggota Pramuka agar dapat mengambil hikmah positif dan dapat menambah bekal serta dapat membangun suasana kemandirian menuju visi misi Kabupaten Poso yang cerdas meraih Adipura serta bagi peningkatan citra daerah Kabupaten Poso di dunia luar.

Baca Juga :  Drumband Gempita Harmoni SDN 7 Poso Sapu Bersih Lomba Devisi SD Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Sementara laporan Ketua Panitia Pelaksana Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, SH. MAP menyebutkan bahwa kegiatan tersebut terdiri dari Saka Kartika Ampana, Saka Kartika Tentena, Saka Kartika Poso, Smpn 1 Kasiguncu, Smpn 1 Poso Kota Utara, Smpn 1 Poso Kota Selatan, Smp GKST Poso, Smp Satap Pantangolemba, Smkn 1 Poso, Smk GKST Poso, Sman 1 Patiwunga. Sedangkan Kegiatan yang dilaksanakan adalah berturut-turut 1.Lomba Yel-yel, 2.Lomba Camp Standar, 3.Lomba Pbb, 4.Lomba HTV/orientasi medan, 5.Lomba Navrat, 6.Lomba Pronering, 7.Lomba Mountenering, 8.Lomba PBH, 9.Lomba Survival. Anggaran dilaksanakannya kegiatan ini adalah bersumber dari DPA Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Poso. Kegiatan ini adalah mengusung tema “membangun karakter generasi milenial menuju Poso Cerdas.”

Baca Juga :  Penutupan MTQ Ke-27 Tingkat Kabupaten Poso

Sekretaris Daerah Kabupaten Poso turut didampingi oleh Dandim 1307 Poso, Ketua FKPPI Kab.Poso Agustin LN. Sigilipu, serta turut dihadiri oleh Danramil Pamona Utara, Danramil Ampana, Unsur Tripika Kecamatan Poso Pesisir, Unsur Tripika Desa Pantango, serta undangan lainnya.

Rangkaian kegiatan acara tersebut juga disertai dengan pemberian piala bergilir Bupati Poso kepada Saka Wira Kartika Tentena Juara 1 Umum dengan jumlah nilai 3.530 dan Poso Kota Selatan sebagai Juara 2 umum dengan jumlah nilai 3.529 setelah upacara selesai kegiatan tersebut dilanjutkan dengan peninjauan tenda oleh Sekda Kab.Poso bersama undangan yang hadir serta melakukan foto bersama. (Esli)

KOMENTAR