Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu di dampingi Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si, pagi tadi, membuka langsung Rapat Evaluasi terkait PAD Tahun 2018 diruang Pogombo Kantor Bupati Poso. Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Poso dan Seluruh Kepala OPD dan Camat Lingkup Kabupaten Poso. (23/5/2018)

Rapat dimaksudkan untuk mengevaluasi realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilaksanakan oleh Dinas terkait dan para Camat , apakah sesuai atau tidak dengan target atau perkiraan yang telah direncanakan termasuk sumber-sumber strategis yang mampu meningkatkan PAD Kabupaten Poso. Selain itu rapat Juga membahas secara bersama mengenai hal-hal yang menjadi hambatan dalam penerimaan PAD untuk dicari solusi bagi penangananya. Bagimana tidak, PAD adalah salah satu jalan yang mampu untuk membagun sarana kebutuhan masyarakat yang pada akhirnya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat, olehnya pencapaian target harus maksimal, ujar bupati Darmin. Ia juga menambahkan sumber Pendapatan Asli Daerah yang ada harus dikelola secara maksimal sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan capaian PAD Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Bupati : Membangun Kabupaten Poso dari Wilayah Pedesaan

Oleh sebab itu daya minta kepada Kepala OPD terkait bersama para Camat agar lebih serius lagi mengelolah semua sumber-sumber PAD yang ada dilingkup masing-masing agar besaran target yg telah ditentukan dapat tercapai,. Untuk mewujudkan hal itu, tentu diperlukan kerja keras dan koordinasi yg baik lintas sektor, tegas mantan Danyon marinir utu. Disisi lain, Bupati Darmin juga menghimbau kepada seluruh OPD agar gedung-gedung milik Pemda Poso tidak di pihak ketigakan, artinya harus dikelola sendiri dan semestinya secara profesional dan maksimal agar dapat memberikan hasil yang sesuai.

Disamping itu juga dapat digunakan sebagai tempat untuk pelaksanaaan kegiatan-kegiatan Pemda, sekaligus akan memudahkan untuk penyediannya. Karena sewaktu-waktu dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu Wakil Bupati Ir. Samsuri. M.Si mengatakan, untuk pengelolaan gedung yang terdapat cos berhadapan, agar tidak dilakukan pembayaran listrik melalui setoran sewa gedung karena tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Baca Juga :  Poso Jadi Percontohan Daerah Budaya Lokal di Sulawesi Tengah

Wakil Bupati Poso juga mengingatkan, jika terjadi permasalahan terhadap pendapatan dan pengelolaan PAD harus dikomunikasikan dengan pimpinan sehingga dapat diambil langkah strategis yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan yg berlaku. Tidak bertindak sendiri apapun keadaannya agar tidak menjadi bumerang nantinya.

Pada kesempatan itu, Seluruh OPD memaparkan realisasi capaian PAD secara keseluruhan dengan posisi akhir yg bervariasi. Ada realisasi yang tercapai, ada yang tercapai lebih dari target dan ada juga realisasi yang dicapai belum sesuai target atau kurang dari yang di rencanakan. Karena itu Bupati mengharapkan kepada seluruh OPD untuk bisa bekerja lebih giat lagi dengan memaksimalkan seluruh kemampuan yang ada dan menggunakan rencana lain agar nantinya kekurangan saat ini bisa maksimal diwaktu mendatang. Dan saat ini masih ada kesempatan bagi seluruh OPD untuk terus bekerja, demi tercapainya target sebagai mana yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat Definitif Sekretaris Daerah Kabupaten Poso

Lanjut Bupati, Kabupaten Poso sendiri memiliki potensi yang dapat digali secara maksimal untuk menjadi sumber PAD. Tinggal bagaimana kita semua berupaya memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran untuk mengoptimalkan sumber-sumber yang ada tersebut, sehingga akan memberikan kontribusi yg signifikan terhadap peningkatan PAD yang sesuai kebutuhan. Pada kesempatan itu pula Bupati-Wakil bupati mengecek satu persatu OPD terkait dan para Camat, mulai dari target, capaian realisasi, hambatan/kendala yg ditemui sampai pada langkah-langkah terobosan guna mengatasi permasalahan yg ada. Dari hasil evaluasi, rata-rata capaian target OPD menunjukan peningkatan yg signifikan. Hal ini berarti bahwa OPD selaku perpanjangan tangan bupati-wabup telah mampu menunjukan kinerja yg lebih baik.(AS)

KOMENTAR