PPID – Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si melaksanakan Buka Puasa Bersama yang dipusatkan di Mesjid Nurul Huda Desa Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara (23/05/2018)

Menyertai rombongan Tim Safari Ramadhan adalah Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE. M.Si bersama ibu, Para Pimpinan OPD baik yang terjadwal hari ini untuk mendampingi Penceramah maupun yang belum terjadwal, Ketua MUI Kabupaten Poso H. Arifin Tuamaka, S.Ag. MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso Drs. H. Makmur M. Arif, M.Pdi, Ketua TP. PKK Kabupaten Poso Indah Sri Setyowati Samsuri bersama Pengurus TP. PKK Kabupaten, dan Pimpinan Bank Sulteng Poso.

Tepat pada pukul 16.00 Wita Tim Safari menuju Kecamatan Poso Pesisir Utara dan sesuai jadwal ada 10 Mesjid di wilayah Kecamatan Poso Pesisir Utara yang akan menjadi tujuan Tim Safari untuk dikunjungi dengan memberikan pencerahan kepada umat muslim khususnya lewat ceramah agama yang akan disampaikan oleh para Mubaliqh.

Baca Juga :  Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso di Wilayah Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan

Tauziah / Ceramah Agama yang disampaikan diharapkan dapat memberi kesejukan bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan sehingga situasi keamanan dan kekerabatan akan terus terpelihara dan terjaga dengan baik demi terwujudnya Kabupaten Poso yang aman, damai dan sejahtera.

Kedatangan Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso disambut oleh Anggota DPRD Kabupaten Poso Gafar Patu dan Iskandar Lamuka, Camat bersama Unsur Tripika Kecamatan, Kepala Desa Tambarana bersama Perangkat Desa, Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa Tambarana, Ketua PHDI Kab. Poso Kadek Gunaya, Ketua FKPPI Kab. Poso Agustin Sigilipu bersama Pengurus, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda yang ada di wilayah Desa Tambarana serta masyarakat desa wilayah setempat.

Kesederhanaan dan suasana keakraban sangat terasa baik sesama umat muslim maupun non muslim. Camat Poso Pesisir Utara Ruslan Baba, S.Sos. M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso atas kunjungannya dan ucapan terima kasih telah dipercayakan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan buka puasa bersama.

Baca Juga :  Perayaan Ucapan Syukur Warga Gereja GKST Tangkura bersama Pemda Poso

Camat juga melaporkan kondisi keamanan diwilayah ini dalam keadaan aman dan kondusif, umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan damai dan hubungan silahturahim antar umat beragama terjalin dengan baik.

Ketua Tim Safari Ramadhan Ir. Samsuri dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Camat bersama seluruh perangkat desa dan masyarakat yang telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan tim. Tentunya ini merupakan hal yang luar biasa sebab bukan hanya umat muslim yang turut terlibat namun umat beragama lain juga ikut membantu agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Wakil Bupati Samsuri juga menyampaikan untuk tetap menjaga keamanan bersama baik selama bulan suci Ramadhan maupun nantinya setelah Ramadhan, jangan mudah percaya dengan isu isu yang dapat memecah persatuan umat yang selama ini telah terjalin dengan baik. Mari bersama sama kita mendukung Program Pemerintah Daerah yang terus bergerak maju dalam pembangunan demi terwujudnya masyarakat poso yang sejahtera.

Baca Juga :  PERSEKUTUAN YANG INDAH MEMBANGUN KARAKTER IMAN YANG TEGUH.

Diakhir sambutan Wakil Bupati Samsuri menyampaikan agar umat muslim selama menjalankan ibadah puasa tetap menjaga kesehatan dengan harapan ibadah puasa yang dijalankan dapat bermanfaat serta menambah pahala kebaikan kita.

Jelang Buka Puasa Bersama, Tim Safari Ramadhan bersama masyarakat muslim setempat melaksanakan dzikir bersama yang dipimpin oleh imam mesjid Nurul Huda. Dan setelah buka puasa bersama dilanjutkan dengan Sholat Magrib Berjama’ah bertindak sebagai Imam adalah Ketua MUI Kabupaten Poso. Selesai melaksanakan Sholat Magrib berjama’ah, Tim bersama rombongan menikmati jamuan makan malam bersama yang telah disiapkan oleh warga setempat.

Di sela-sela kegiatan ini pula, Imam Mesjid Nurul Huda menerima bingkisan Ramadhan dari Pemerintah Daerah Kab. Poso, FKPPI Kab. Poso, dan TP. PKK Kabupaten Poso.

Perbedaan itu indah, ibarat pelangi yang memiliki banyak warna. Jadikan Bulan Suci Ramadhan ini sebagai Bulan yang penuh berkah, menjalin silahturahim antar umat beragama demi terwujudnya Kabupaten Poso yang Damai, Adil dan Sejahtera.

Marhaban Yaa Ramadhan (FE)

KOMENTAR