Kalla hadzil ard mataqfii masahah
Lau na’isibila samahah
Wanta’ayasna bihab
Lau tadiqil ardi naskan kalla kolb

“Seluruh bumi ini akan terasa sempit
Jika hidup tanpa toleransi
Namun jika hidup dengan perasaan cinta
Meski bumi sempit, kita akan bahagia”

Poso, PPID – Sebagai makhluk sosial manusia hidup dalam bermasyarakat yang kompleks akan nilai karena terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Untuk menjaga persatuan antar umat beragama dan rasa Sintuwu Maroso di Tana Poso maka diperlukan sikap toleransi.

Kunjungan di Rumah Kepala Dinas Kominfo Kab. Poso, Doc by Esli Humas

Itulah yang tampak dalam Perayaan Idul Fitri 1439 H / 2018 M yang ditunjukkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam kunjungan Lebaran yang dipimpin langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua bersama Pimpinan-Pimpinan OPD dan keluarga terhadap Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama anggota DPRD Kabupaten Poso seperti Dandim dan Kapolres, Tokoh-Tokoh masyarakat  seperti H. Yusuf Runa dan H. Arifin Tuamaka serta Pimpinan OPD muslim, Jumat 15 Juni 2018.

Baca Juga :  Malam Nuzulul Qur’an di Mesjid Raya Poso

Tradisi kunjungan lebaran yang dilakukan setiap tahun ini diawali dari rumah pribadi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si. Tradisi ini dilakukan semata-mata untuk menjalin hubungan silaturahmi agar terjadi komunikasi dan koordinasi yang baik antar umat beragama di Kabupaten Poso.

Kunjungan di rumah jabatan Wakil Ketua I DPRD Kab. Poso, doc by Esli Humas

Sehingga pembangunan di Kabupaten Poso dapat terlaksana dengan baik karena adanya dukungan serta kerjasama yang baik dari semua pihak.

Hubungan kekerabatan yang terjalin dengan erat ini semakin bertambah meriah dengan adanya tradisi “mangkoni mangkeni” atau bungkus-membungkus oleh Ibu-Ibu yang turut serta dalam rombongan Kunjungan Lebaran Pemda Poso.

Kunjungan di Rumah Kadis Pendapatan, doc by Esli Humas

Kunjungan yang berakhir di Rumah Jabatan Danyonif 714/ SM ini disambut dengan guyuran hujan pada pukul 17.30 wita namun tidak menyurutkan semangat serta rasa persaudaaran yang tinggi antar umat beragama sehingga suasana kembali dihangatkan dengan hubungan silaturahmi yang dicontohkan oleh Pemda Poso dengan seluruh pihak demi terciptanya kehidupan masyarakat Tana Poso yang lebih tenteram, persatuan di Bumi Sintuwu Maroso serta pembangunan di daerah dapat terlaksana dengan mudah dan lancar sesuai dengan metode kerja Darmin- Samsuri ; “K3I” (Adanya Komunikasi, Koordinasi, Kerjasama yang baik antara semua pihak serta saling memberikan Informasi). (GP)

Baca Juga :  Padamu Poso Kami Mengabdi, Komunitas Poso Babaca

Seperti yang terdapat dalam lirik lagu “Deen Assalam”
..Melalui perilaku mulia dan damai
Sebarkanlah ucapan yang manis
Hiasilah dunia dengan sikap yang hormat
Dengan cinta dan senyuman..

KOMENTAR