Poso, PPID – Menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No B1/8/M.SM.00.01/2018 tanggal 7 Juni 2018 Perihal Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Maka pada Kamis 21 Juni 2018 Pemerintah Daerah Kabupaten Poso di bawah duet Kepemimpinan Darmin- Samsuri melaksanakan Apel Perdana setelah cuti bersama di lingkungan Pemda Kabupaten Poso berlokasi di Lapangan Maroso Poso.

Pelaksanaan Apel Perdana setelah Cuti Lebaran di Lingkup Pemda Poso, Doc by Bobby Humas

Pelaksanaan Apel tersebut dibanjiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemda Poso, Pimpinan OPD, Staf Ahli, Para Asisten ini dimulai pukul 07.30 wita dengan Komandan Apel Kepala Bappelitbangda Kabupaten Poso dan diterima langsung sebagai Pejabat Penerima Apel oleh Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu. Dalam sambutannya Bupati menginstruksikan kepada seluruh Pimpinan OPD dan Para Camat agar melaporkan kehadiran seluruh Pejabat dan stafnya masing-masing secara berjenjang kepada Bupati melalui Plt. Sekda hari ini juga dan akan diteruskan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta.

“Tidak ada alasan yang dapat dibenarkan untuk menambah libur kecuali sakit dengan melampirkan surat keterangan dokter. Bagi ASN yang tidak hadir (tanpa keterangan, red) terhitung mulai hari kerja pertama akan dipotong 50 % Tambahan Penghasilan Pegawai-nya (TPP) sedang yang tidak masuk sampai dengan besok 22 Juni 2018 akan dipotong sebesar 100% TPPnya alias tidak akan menerima TPP sama sekali”, tegas Mantan Kepala Departemen Operasi Pendidikan Komando Distrik Marinir ini.

Baca Juga :  Darmin - Samsuri menghimbau Masyarakat memberikan Kontribusi Positif dalam Membangun Daerah lewat Media Sosial
Pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan di hari pertama akan dipotong TPPnya sebesar 50% dan yang tidak hadir di hari kedua akan dipotong sebesar 100%, doc by Bobby Humas

Statement ini disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta apel sebagai bentuk apresiasi atas ketegasan yang diberikan oleh Bupati Darmin dan Wabup Samsuri kepada Aparatur Sipil Negara yang berani melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Pemda Kabupaten Poso. Sejauh ini di bawah Kepemimpinan Darmin-Samsuri telah banyak memberikan hak para aparatur namun dinilai kurang memberikan timbal balik dengan pemberian kewajiban dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga untuk mengatasinya Bupati Darmin secara tegas mengambil langkah tegas dengan pemotongan TPP bagi mereka (pegawai,red) yang masih membandel dengan masalah kedisiplinan.

Dalam rangka melaksanakan amanat permendagri No 86 Tahun 2017 tentang tata cara penyusunan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD pasal 14 ayat 3 yang mengamanatkan agar dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan berbasis sistem aplikasi elektronik. Oleh karenanya pada beberapa waktu yang lalu menindaklanjuti amanat permendagri tersebut, Bupati Darmin telah mengeluarkan instruksi Bupati Nomor 1 tahun 2018 tentang percepatan implementasi e-planing, yang di dalamnya terdapat modul e- RPJMD/Renstra dan renja perangkat daerah, e- musrembang, e-mogombolipu, e-pokir dan e-pra RKA sehingga pada kesempatan ini Pemda melaunching Aplikasi e-planning dan meresmikan Kliniki Cerdas e-planning yang ditandai dengan pelepasan balon.

Baca Juga :  Sertijab Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemda Poso
Bertindak sebagai Komandan Apel Kepala Bappelitbangda Kab. Poso, doc by Bobby Humas

Sebenarnya Kabupaten Poso sendiri sudah menerapkan penggunaan e-planning ini beberapa tahun yang lalu  namun masih dalam bentuk sistem informasi perencanaan pembangunan daerah (sippd) yang fitur atau modulnya belum lengkap, dengan melakukan kerjasama (mou) dengan komisi pemberantasan korupsi republik indonesia (kpk ri), maka sippd yang selama ini dikembangkan oleh bapelitbangda telah di up grade atau dilengkapi fitur-fitur seperti yang dikehendaki oleh kpk antara lain e-pokir dan e-pra rka dan di ubah sebutannya dari sippd menjadi e-planing.

Pemerintahan Darmin-Samsuri terus berupaya berbenah memperbaiki mengatasi segala keterbatasan kemampuan kasubag program dan petugas admin dalam proses pelayanan terhadap masyarakat, sehingga melalui bapelitbangda membentuk “klinik cerdas e-planing” dimana setiap petugas admin dan subag program baik OPD, kecamatan maupun desa dan kelurahan dapat memanfaatkan klinik cerdas e-planing tersebut untuk MEMINTA BIMBINGAN TEKNIS DAN berkonsultasi secara gratis, dan bila dibutuhkan tim cerdas bapelitbangda bisa diundang ke opd, kantor camat atau kelurahan dan desa untuk melayani konsultasi tentang program e-planing maupun teknis jaringannya.

Baca Juga :  Bupati Poso Molimbu Bersama Masyarakat Bancea
Apel dirangkaikan dengan Launching Aplikasi E-planning dan Peresmian Klinik Cerdas E-planning, Doc by Bobby Humas

Dengan harapan setelah e-planning dilaunching maka akan segera menyusul e-budgeting di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta aplikasi elektronik pelayanan publik di bidang perininan dan pendapatan, pelelangan (LPSE) dan pelayanan bidang pegawaian.

Program inovasi klinik cerdas e-planing yang berbasis di bapelitbangda ini akan melayani konsultasi dan bimbingan teknis setiap hari (kecuali hari libur) bertempat di bidang perencanaan makro bapelitbangda kabupaten poso.

Silaturrahmi jabatan tangan pasca lebaran seusai Apel Perdana bersama seluruh ASN Pemda Poso, doc by Bobby Humas

Di akhir apel perdana ini Bupati yang didampingi Wakil Bupati Poso, Plt. Sekda, para Staf Ahli, Asisten serta Pimpinan OPD menyalami satu persatu setiap pegawai di lingkungan Pemda guna menjalin silahturahmi bermaaf-maafan setelah melewati bulan suci ramadhan selama sebulan penuh. Momen ini pun dimanfaatkan untuk menjalin hubungan keakraban sebagai pelayan masyarakat serta menciptakan hubungan persaudaraan di lingkup Pemda Poso guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat demi pembangunan di Bumi Sintuwu Maroso. (GP)

KOMENTAR