PPID – Bertempat diruang kerjanya tadi pagi, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menerima kunjungan Ketua Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th, bersama Sekretaris Umum Pdt. Yulianus Tolewo, S.Th., MA dan Pendeta Klasis Poso Kota Pdt. Budi S. Tarusu, S.Th. Didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Drs. Joksan Lakukua, Asisten Adninistrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Poso M. Ari Pamungkas, SH., MH, Kadis Pemuda dan Olah Raga, Kepala Badan Kesbangpol, Kadis PU, Kadis P&K, Kabag Hukum, Kabag Humas dan Protokoler serta Kabag Umum dan Perlengkapan Setdakab Poso. Maksud kedatangan adalah untuk mengkoordinasikan mengenai rencana kunjungan kerja Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Kabupaten Poso, sehingga secara bersama antara Pemda Poso dan Sinode GKST serta unsur terkait dapat mempersiapkan hal-hal penting dan mendasar.(13/07/2018)

Baca Juga :  Pesparawi XII 2018 Telah Resmi Dibuka

Bupati Poso berharap agar sebagai tuan rumah yang baik, segala persiapan dimaksimalkan sedari dini, agar kegiatan nantinya yang akan dilaksanakan oleh Wapres dapat berjalan dengan baik. Rencananya, menurut Ketua Sinode GKST, Wapres akan melakukan Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit di Tentena, serta menghadiri Pertemuan Raya Pendeta Se GKST. Wapres dijadwalkan akan membawakan materi mengenai Peranan Umat Beragama Dalam Merawat Kebhinekaan. Secara resmi kami datang melaporkan dan memohon petunjuk Bapak Bupati untuk pelaksanaan 2 kegiatan ini dan akan kami bahas juga pada saat rapat bersama di jakarta nanti. Disamping itu, beberapa kendala yang dihadapi sangat membutuhkan bantuan pihak Pemda Poso untuk bersama menyelesaikanbya. Untuk hal teknis lainnya akan berkoordinasi dengan Protokoler Wapres, sehingga segala yang dibutuhkan dapat dipersiapkan sebaik mungkin. Demikian juga untuk Bukaka, akan dilakukan koordinasi terkait persiapan kunjungan RI 2 ini.

Baca Juga :  Menatap Masa Depan Poso Dalam Bingkai Sintuwu Maroso

Dari segi keamanan, Kabupaten Poso dalam keadaan yang kondusif dan terus bekerjasama dengan pihak TNI maupun POLRI untuk bersama dengan masyarakat menjaga konduktifitas yang ada. Menurut Sekda Kabupaten Poso, bahwa pengamanan RI 2 merupakan tanggungjawab TNI untuk membackup segala aktifitas Wapres agar bisa berjalan dengan lancar. Dengan demikian, lainnya akan mengikuti sesuai dengan petunjuk keprotokoleral Wapres.

Bupati Poso menghimbau agar, setelah kembali dari jakarta, dan mendapatkan informasi yang valid, maka akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi di Poso dengan mengundang : Kapolres, Dandim, pihak Bukaka, kepala-kepala OPD, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso, Camat Pamona Utara, Camat Pamona Puselemba beserta unsur Tripika Kecamatan. Dijadwalkan tanggal 19 Juli akan dilaksanakan rapat lengkap untuk membahas segala persiapan yang harus dilakukan. Seluruh persiapan harus matang direncanakan agar pelaksanaannya sesuai dengan jadwal dan tenggat waktu agar tidak membuang waktu untuk kegiatan yang terlampau banyak dan monoton.

Baca Juga :  Dari dan Menuju Kabupaten Poso Dengan Alat Transportasi Laut

Menurut Kabag Humas, bahwa hasil pertemuan di sekretariat Wapres nantinya akan menjadi patokan dalam menentukan rundown kegiatan yang nantinya akan kita persiapkan.

Kadis P&K menyampaikan bahwa untuk penyambutan Wapres, kami akan melakukan penyambutan dengan melambaikan bendera merah putih yang dibawa oleh siswa siswi mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA tinggal menyesuaikan dimana nantinya beliau akan lewat.

Selanjutnya, segala hal yang lain tetap terus dikomunikasikan agar semua yang tergabung dalam kepanitiaan nantinya akan bekerja sebaik mungkin, dan mari secara bersama kita menjadi tuan rumah yang main, tutup Bupati Poso mengakhiri pertemuan hari itu. (BP)

KOMENTAR