PPID – Diklat Kepemimpinan Tingkat IV (PIM IV) Kabupaten Poso tahun 2018, hari ini selasa (7/8/2018) dibuka secara resmi oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn.) Darmin Agustinus Sigilipu, bertempat di Gedung Diklat Maliwuko Poso. Diklat Pim IV itu menurut Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Yan Edward Guluda. SH. MH, diikuti 40 peserta yg berasal dari berbagai instansi lingkup pemerintah daerah dan telah lulus seleksi. Sedangkan waktu pelaksanaannya selama 97 hari dengan menggunakan metode on off artinya 32 hari didalam klas (on) , dan 65 hari diluar klas (off)

Sementara itu Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilupu dalam sambutannya antara lain mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan cermat sebagai bagian dari penggalian potensi diri dan pengembangan bakat kepemimpinan yg ada dalam diri masing-masing individu, selain untuk membentuk kompentensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan bagi para pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansi masing-masing. Lanjut Bupati, dalam era globalisasi saat ini telah terjadi perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :  Kepala BNNP Sulteng Kunjungi Poso

Perubahan tersebut menuntut bergesernya peran pemerintah dari pelaku utama menjadi hanya menfasilitasi. Hal ini berarti peran pemerintah lebih mengarah untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman serta menekankan pada upaya menciptakan iklim yg berkembang di masyarakat dan dunia usaha dengan menyediakan kemudahan melalui pelayanan yg prima. Sejalan dengan hal tersebut kata Bupati Darmin, kita membutuhkan bentuk managemen pemerintahan yg efektif, pengelolaan yang amanah, dan kemitraan yang harmonis antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Dengan demikian maka yg terpenting adalah menyiapkan sumber daya aparatur yang mampu mewujudkan pemerintahan yg baik dalam menghadapi persaingan global yg semakin kompetitif. Itulah sebabnya tegas bupati, perlu dicari suatu solusi bagaimana mengatasi problema yg terjadi dalam masyarakat.

Baca Juga :  Poso Masuk Zona Hijau, Kepala Perwakilan Ombudsman Puji Kinerja Darmin-Samsuri

Salah satunya dengan cara melahirkan pemimpin yg efektif yang sesuai dengan situasi dan kondisi setempat, sehingga peran pemimpin dan kepemimpinannya mampu memberi pengaruh terhadap semua aspek. Pembukaan diklat ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta oleh bupati Poso. Seperti biasanya mantan perwira menengah marinir berpangkat kolonel itu sebelum meninggalkan area diklat Ia mengambil waktu untuk memberi arahan khusus sekaligus berdialog dengan para peserta diklat.

Dalam arahannya Bupati Darmin kembali menekankan perlunya keseriusan peserta dalam mengikuti diklat. Saya dengan Bapak Wakil Bupati menginginkan aparatur yg benar-benar memiliki kualitas yg mampu menjawab tantangan masa depan, jadi manfaatkanlah waktu/kesempatan untuk meraih prestasi dan bersainglah secara sehat utk menjadi yg terbaik, ujar bupati Darmin serius sembari memberikan semangat. Iapun berharap jika yg dididik 40 orang, maka yg lulus nantinya harus 40 orang juga, ujarnya dgn nada optimis. (AS)

KOMENTAR