Pandiri, PPID – Pengucapan syukur merupakan momentum bagi segenap warga gereja untuk membangun kebersamaan serta terciptanya rasa persaudaraan antar sesama. Yang terpenting adalah bagaimana jemaat Tuhan mempersiapkan diri untuk memberikan yang terbaik sebagai ucapan syukur kepada Tuhan yang telah menganugerahkan berkat yang berlimpah selama ini.

 

Momen ini juga dimaknai sebagai pesta iman jemaat yang dinyatakan melalui persembahan syukur tahunan. Dalam sambutannya Bupati Poso Kol Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu kembali menegaskan kepada masyarakat khususnya warga gereja bahwa nilai ucapan syukur tidaklah diukur dari seberapa besar materi yang kita bawa, tetapi seberapa tulusnya kita memberi dari berkat yang kita terima dari Tuhan.

Baca Juga :  Malam Nuzulul Qur’an di Mesjid Raya Poso

Bupati Darmin yang pernah masuk dalam Pasukan Operasi Penjaga Perdamaian yang diutus oleh PBB di Kamboja pada tahun 1993 ini juga mengungkapkan bahwa selaku Pimpinan Daerah, Pemerintah Daerah juga bersyukur atas berbagai keberhasilan yang diraih sejak Pemerintahan Darmin-Samsuri mengemban amanah rakyat yang tentunya banyak melalui rintangan yang tidak sedikit sehingga bersama masyarakat mampu melaksanakan pembangunan secara bertahap di Kabupaten Poso.

 

Menjaga hubungan yang harmonis antar sesama masyarakat Poso dengan sikap toleransi dan saling menghargai sesama anak bangsa sehingga tetap tercipta kondisi keamanan dan ketertiban sebagai hasil sinergitas masyarakat bersama pemerintah baik di tingkat desa/kelurahan, kecamatan bahkan pada pemerintah daerah kabupaten Poso.

Baca Juga :  Bupati Poso Resmikan Gereja Kibaid Poso

 

Perayaan ucapan syukur di Gereja GKST Eklesia Pandiri Kecamatan Lage ini dipimpin oleh Wakil Sekretaris Majelis Umum Sinode GKST Pdt. Djadaramo Tasiabe, M.Th dengan memakai liturgis setiap puji-pujian yang dinyanyikan oleh masing-masing kelompok pelayanan yang ada di Jemaat GKST Eklesia. Dalam Ibadah tersebut juga diisi dengan tari-tarian dengan memakai busana adat khas Poso dengan mengangkat tema “Mengucap Syukur dalam Segala Hal” dan Sub Tema “Bulan Pengucapan Syukur Tahunan ; Mensyukuri Segala Berkat Tuhan dalam Usaha dan Pekerjaan Pribadi maupun Keluarga”.

Setelah mengikuti Ibadah Ucapan Syukur Warga Gereja Eklesia Pandiri, Bupati Darmin menjamu dan kembali mempromosikan Tana Poso kepada Wisatawan Mancanegara yang tengah berkunjung di Desa Peura Kecamatan Pamona Puselemba yang juga pada saat bersamaan mengadakan Padungku. Pada kesempatan tersebut mantan Perwira Pelaksana Pangkalan Angkatan Laut Merauke ini juga mengajak Wisatawan asal Prancis itu untuk mencicipi sejumlah kuliner khas Poso serta menunjukkan sejumlah Pesona Alam yang ada di Wilayah Poso.

Baca Juga :  Ketajaman Insting Seorang Pemimpin Mengantisipasi Situasi Emergency

 

Bupati menegaskan bahwa Poso adalah daerah yang ramah serta menyambut dengan hangat setiap kunjungan para wisatawan yang ingin menikmati pesona alam Poso karena itulah yang terkandung dalam adat istiadat Poso. (GP)

KOMENTAR