Poso, PPID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Sosialisasi serta Pelatihan Manajemen dan Analisis Risiko Bencana Pada Kegiatan Mitigasi Daerah Rawan Bencana (Struktur dan Non Struktural) Di Kabupaten Poso, yang dilaksanakan di Aula Hotel Kartika Poso, Selasa (25/9/2018).

Dalam kegiatan ini Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si menghadiri dan membuka secara resmi acara ini dengan didampingi Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Tengah Andi A. Asri, ST, M.Si dan Kepala BPBD Kabupaten Poso Ir. Masdian R. Mentiri, M.Si. Selain itu hadir juga Kabid Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD Prov. Sulteng, Komisioner KPU Kabupaten Poso dan Kabag OPS Polres Poso.

Baca Juga :  Seminar dan Lokakarya Nasional 2018

Acara diawali dengan Laporan Panitia yang disampaikan oleh Solihin Umar, S.Sos dalam kesempatan itu mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk peningkatan kapasitas penyelenggara penanggulangan bencana. Sedangkan sasaran kegiatan yaitu : Meningkatkan kesadaran kesiapsiagaan terhadap bencana, mengenalkan potensi bencana dan managemen bencana, menguatkan kemampuan untuk menanggulangi bencana, membangun kemampuan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, mengembangkan / mengaktifkan kelompok masyarakat penanggulangan bencana serta membangun dan memelihara kemandirian dalam menanggulangi bencana. Peserta terdiri dari utusan dari OPD terkait, TNI/Polri, Relawan PMI, Tagana, TRC yang berjumlah 70 orang,

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si diawal sambutannya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulawesi Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mengalokasikan kegiatan ini di Kabupaten Poso. Kegiatan ini dinilai sangat penting dalam rangka Pelatihan Manajemen dan Analisis Resiko Bencana didaerah kita. Karena bencana kadang terjadi tanpa kita ketahui dan oleh sebab itu pelatihan ini dianggap sangat diperlukan sebagai langkah awal kita untuk mengantisipasi dan meminimalisir dampak resiko dari bencana tersebut.

Baca Juga :  Desa Terberdaya, Masyarakat Sejahtera

Melalui pelatihan ini Wabup juga berharap para peserta mampu memahami akan tugas-tugas kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana serta memanejemen dan menganalisa risiko untuk mengantisipasi bencana yang akan terjadi. Oleh  karena itu Wabup mengajak para peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan cermat dan serius apa yang disampaikan oleh narasumber agar peserta memahami setiap materi pelatihan yang diberikan.

KOMENTAR