Poso, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu diruang kerjanya, Kamis (4/10/2018) menerima kunjungan 2 yayasan besar asal Bali yakni Yayasan Cinta NKRI yang dipimpin Jhonson Sihombing dan Yayasan Niluh Djelanti.

Kehadiran dua yayasan besar yang bergerak dibidang kemanusiaan itu dimaksudkan untuk melaporkan sekaligus mengkoordinasikan kepada Bupati Poso perihal kegiatan mereka untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa Palu-Donggala dan sekitarnya. Menurut Niluh Djelanti, mereka memilih jalur Poso karena karena daerah ini dinilainya sebagai daerah yang aman dan cukup terbuka untuk menyalurkan bantuan kelokasi bencana.

Sebelumnya kata Niluh kedua yayasan itu telah melakukan hal yang sama di daerah Lombok yang beberapa waktu lalu juga dilanda gempa bumi. Lanjut Niluh, sebelum bertolak ke Poso, mereka juga telah mengirimkan bantuan yang sama kewilayah Palu-Donggala melalui kapal Angkatan Laut seperti beras, gula, mie instan, minyak goreng serta berbagai jenis sembako lainnya.Kini kata Niluh bantuan serupa kembali kami akan salurkan melalui jalur darat Poso. Itulah sebabnya kami wajib melaporkan itu kepada Bupati dengan harapan bisa memperoleh petunjuk dari bupati sekaitan dengan kegiatan itu.

Baca Juga :  Pembukaan Central Celebes Scooter Family #4

Menyikapi niat tulus kedua yayasan besar asal bali itu, Bupati Darmin langsung melakukan koordinasi dengan pihak Bulog termasuk beberapa Ka. OPD tehnis untuk segera mmberikan bantuan kemudahan sesuai material sembako yang dibutuhkan. Jenis bantuan tersebut meliputi: 7 ton beras, 1 ton gula, 1 ton terigu, 500 paket minyak goreng, serta beberapa jenis kebutuhan lainnya yang dibelanjakan langsung di city mal Poso.

Untuk memudahkan penyaluran bantuan tersebut Bupati Darmin menyiapkan 3 truk besar yang akan digunakan untuk mengangkut bantuan tetsebut ke Palu Sulteng. Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih atas kepeduluan yang diberikan dan Ia berharap semua bantuan yang disalurkan dapat terdistribusi dengan baik dan merata kepada para korban yang betul-betul saat ini sangat mmbutuhkan bantuan.

Baca Juga :  Peresmian Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Poso dan Pengguntingan Pita Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamona Selatan

Bupati juga berpesan jika mengalami kendala agar berkoordinasi dengan posko yang ada di mes pemda Poso di Palu Untuk tehnis penyaluran bantuan dari kedua yayasan besar itu dilakukan dengan cara semua material bantuan diadakan / dibelanjakan di Poso, sedangkan pembayarannya sepenuhnya dari kedua yayasan dimaksud. Total belanja untuk bantuan itu berkisar 200 Juta Rupiah. (AS)

KOMENTAR