Poso, PPID – Semangat untuk meraih opini WTP dan Piala Adipura Pemerintah Daerah Kab. Poso dibawah kepemimpinan Darmin-Samsuri nampaknya tak pernah surut sedikitpun. Pagi tadi Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan agar tiga Kecamatan Poso Kota bersaudara lebih kompak dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing, dan bukan saja itu, termasuk didalam mewujudkan komitmen bersama guna menjadikan kota Poso yang bersih guna meraih Adipura.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Poso usai menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sekolah kepada anak-anak sekolah pengungsi asal Palu pada apel bersama yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati senin (22/10/2018). Dikatakan, target jangka pendek pemerintah daerah saat ini yang hendak kita perjuangkan bersama adalah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualuan (WTP) dan Piala “Adipura “. Bagaimanapun juga ini merupakan komitmen, mimpi/cita-cita yang harus kita capai. Nah untuk mewujudkan hal itu diperlukan kebersamaan dan sinergitas lintas sektor terutama ketiga Camat sebagai sebagai pimpinan wilayah yang ada dipusat kota Poso.

Baca Juga :  Poso Jadi Percontohan Daerah Budaya Lokal di Sulawesi Tengah

Untuk itu kata Bupati diperlukan kebersamaan dan kekompakan seluruh aparatur pemerintah selaku motor penggerak utama untuk melaksanakan dan mensukseskan seluruh program pemerintah daerah sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama dapat terwujud. Sebab tanpa kekompakan dan dukungan dari seluruh ASN, cita-cita itu mustahil dapat tercapai. Memang diakui bahwa untuk meraih suatu prestasi besar tentu tidaklah mudah. Tapi mulailah dengan hal-hal yang kecil untuk melakukan pekerjaan besar, bijak dalam mengambil keputusan, santun dalam berkoordinasi, terus berinovasi serta memiliki seni kepemimpinan dalam menggerakan semua potensi kekuatan demi mencapai tujuan organisasi yang berkualitas, tegas bupati Darmin dalam pertemuan khusus dengan tiga Camat dan Sekcam Poso kota bersaudara, diruang kerjanya, usai mengikuri apel pagi.

Baca Juga :  Bupati Darmin Menyerahkan SK 80% dan SK Penempatan bagi CPNS Hasil Sistem CAT

Duet pimpinan Darmin-Samsuri itu sengaja mengumpulkan para ASN di tiga wilayah Poso Kota bersaudara yang yang dilanjutkan dengan pertemuan khusus Bupati dan tiga Camat bersama Sekcam, untuk mengecek langsung kesiapan serta langkah-langkah strategis tiga kecamatan menyongsong Poso Kota Adipura. Dalam kaitan itu, Ia minta agar ketiga Camat Poso Kota bersaudara itu agar lebih intens dalam mempersiapkan wilayah Poso Kota dengan mengajak semua pihak bersama masyarakat untuk terus melaksanakan program jumat pagi bersih lingkungan diwilayahnya masing-masing. Jika ini dilakukan secara rutin dan menyeluruh oleh tiga kecamatan serta ditopang oleh instansi tekhnis lainnya maka pasti tujuan yang hendak kita capai akan bisa terwujud, ujarnya dengan nada optimis.

Baca Juga :  BUPATI POSO DARMIN PERINTAHKAN KA.OPD TINDAK ASN YANG INDISIPLINER

Ia juga mengingatkan bahwa sebagai seorang pimpinan tidak saja loyal kepada atasan tetapi juga loyal kepada bawahan, dalam arti mampu menjadi contoh serta memahami setiap permasalahan yang terjadi dilingkungan kerjanya. Selain itu seorang pejabat harus mampu menunjukan prestasi melalui keberhasilan dalam bidang tugasnya, sebab jika tidak, mana mungkin bisa dipromosi ke jabatan yang lebih tinggi, tegas Bupati Darmin serius. (AS)

KOMENTAR