Poso, PPID – Seusai memimpin Apel Bersama Lingkup Pemda Poso di Halaman Kantor, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengecheck langsung pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 untuk Kabupaten Poso, Morowali Utara dan Touna yang dipusatkan di Gedung Diklat Maliwuko dan Batalyon 714/SM pada senin 5 November 2018. Bupati Poso yang didampingi Sekretaris Daerah yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Poso  Yan Edward Guluda, SH, MH bersama Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SH, SIK meninjau langsung pelaksanaan ujian dengan 1775 orang pendaftar dari berbagai Kabupaten ini.

 

Penerimaan CPNS yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini dimana proses seleksi dilakukan secara ketat dan dilakukan dengan system pendaftaran online dikawal langsung oleh Koordinator Kepala UPT BKN Regional Makassar. Pemerintah Daerah berupaya untuk memfasilitasi segala kebutuhan serta menciptakan kondisi yang baik untuk pelaksanaan seleksi yang banyak menarik minat para pencari kerja ini.

Pemerintah Daerah berupaya memfasilitasi segala kebutuhan serta menciptakan kondisi yang baik untuk pelaksanaan seleksi yang banyak menarik minat para pencari kerja ini, doc by Rustam

 

Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Kepolisian dan TNI untuk mengamankan serta menciptakan kondisi yang aman dan tertib serta teratur selama proses berlangsung guna kelancaran dan kenyamanan 1723 orang peserta yang lulus seleksi administrasi. Pelaksanaan yang dijadwalkan mengambil 4 sesi dengan jumlah 220 per kelas ini dimulai pukul 10.00 wita dan dibuka langsung oleh Bupati Darmin dengan pesan penghantarnya menghimbau kepada para peserta agar tidak tegang dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Lantik Kepala Desa, Bupati Darmin Juga Meresmikan Sejumlah Bangunan Infrastruktur

 

Bupati Darmin juga menegaskan kepada para peserta agar segera melaporkan kepada pengawas atau pihak yang berwenang apabila terdapat indikasi penyalahgunaan wewenang maupun unsur kecurangan yang terjadi. Karena Mantan Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tahuna ini sejatinya menginginkan proses pelaksanaan seleksi yang transparan dan adil bagi setiap peserta yang datang mengikuti tes di Kabupaten Poso.

Pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 untuk Kabupaten Poso, Morowali Utara dan Touna yang dipusatkan di Gedung Diklat Maliwuko, doc by Rustam

Setelah meninjau pelaksanaan tes penerimaan CPNS di Gedung Diklat Maliwuko, Bupati Darmin menerima kedatangan Tim Ahli Transportasi Logistik Kapal Tol Laut Kementrian Perhubungan Direktorat Lalu Lintas Laut, Nurhaeda Burhan, bersama Kepala Cabang Bitung Djakarta Llyoid, Khadija, di Ruang Kerja Bupati didampingi kepala Dinas Sosial, Perhubungan, Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Poso. Adapun maksud tujuan kedatangan tim ini karena adanya program Kapal Tol Laut milik Pemerintah yang masuk di Pelabuhan Poso untuk bisa disosialisasikan kepada Pemda dan masyarakat Poso.

Baca Juga :  Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Poso Bahas 3 Agenda, Bupati : “Ciptakan Kualitas Belanja Yang Lebih Produktif dan Efisien"

 

Program pembangunan tol laut seperti ini diharapkan akan lebih meningkatkan konektivitas antar pulau di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, juga akan meningkatkan roda perekonomian secara nasional serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo karena dinilai masih adanya kesenjangan harga yang cukup tinggi antara wilayah Indonesia barat dengan wilayah Indonesia timur.

Kedatangan Tim Ahli Transportasi Logistik Kapal Tol Laut Kementrian Perhubungan Direktorat Lalu Lintas Laut, Nurhaeda Burhan, doc by Octo

Bupati Darmin menyambut baik adanya program ini sehubungan dengan aturan Presiden Nomor 70 tahun 2017 tentang penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik  untuk angkutan barang dari dan ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan. Program ini memiliki sasaran seperti terjangkaunya pendistribusian logistik ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) ; ketersediaan barang serta mengurangi disparitas harga guna meningkatkan kesehjateraan masyarakat ; juga dapat memuat hasil-hasil bumi dan produk unggulan lainnya di daerah Poso sebagai muatan balik.

 

Untuk Poso sendiri akan dilewati oleh Kapal Tol Laut dengan kode trayek T17 yang melewati Bitung – Tilamuta – Parigi – Poso – Ampana Mantangisi – Pagimana – Bitung dengan nama kapal KM Kendhaga Nusantara 13. Prioritas muatan barang seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu dan juga bahan bangunan seperti semen dan besi baja.

Baca Juga :  Wabup Samsuri : Pelayanan ASN ditujukan Bagi Semua Wilayah Kabupaten Poso
Program pembangunan tol laut akan lebih meningkatkan konektivitas antar pulau di seluruh wilayah Indonesia, doc by Octo

Mantan Komandan Pusat Latihan Pasukan Pendarat Komando Latih Korps Marinir ini menegaskan bahwa Kabupaten Poso merupakan daerah penghasil penghasil jagung karena di tahun 2017 berhasil mendapatkan penghargaan atas pencapaian luas tanam jagung terbesar se-Sulawesi Tengah. Oleh karenanya Ia memerintahkan langsung kepada Pimpinan OPD terkait untuk mendata setiap pengusaha maupun investor yang akan bekerja sama untuk menyalurkan maupun membeli setiap hasil-hasil bumi yang ada.

 

Dengan dimasukannya Poso ke dalam rute tol laut yang merupakan konsep pengangkutan logistik dengan kapal laut ini diharapkan mampu menurunkan harga bahan pokok di beberapa daerah wilayah timur Indonesia. Dan hingga saat ini masyarakat di Indonesia bagian Timur sudah merasakan penurunan harga sekitar 15-20%. Serta dapat menstimulus perkembangan sektor pertanian dan perikanan di Kabupaten Poso hingga menuju pada tercapainya perekonomian yang maju dan berkembang. (GP)

 

 

KOMENTAR