Poso, PPID – Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 di Kabupaten Poso dilaksanakan di tiga titik yaitu Pengibaran Bendera di Lapangan Maroso, Ziarah Taman Makam Pahlawan Kawua dengan inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Poso Farid Gunawan SH, MH dan Pelarungan Bunga di Dermaga Pelabuhan Poso dengan inspektur upacara Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SH, SIK pada Sabtu 10 November 2018. Peringatan yang melibatkan seluruh pihak seperti TNI yang bertugas pada Upacara Pengibaran Bendera dan Ziarah TMP serta Polri pada Pelarungan Bunga di Dermaga ini sebagai bentuk persatuan serta hubungan sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah dengan TNI/Polri di Kabupaten Poso.

 

Pada Upacara Pengibaran Bendera dengan Inspektur Upacara Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu ini juga mengikuti petunjuk dari pusat yakni melaksanakan hening cipta secara serentak di seluruh wilayah NKRI bahkan Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri tepat pada pukul 08.15 selama 60 detik (1 menit). Upacara yang berlangsung dengan khidmat ini dimulai pada pukul 08.00 wita dan diikuti oleh seluruh TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara, PGRI, Organisasi Kepemudaan hingga pelajar.

Baca Juga :  Penyerahan Bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk Perkuat Sektor Kelautan dan Perikanan
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso saat memasuki Lapangan Upacara, doc by Rusman Humas

Uniknya lagi pada pelaksanaan Upacara kali ini Bupati Darmin menginstruksikan kepada masing-masing danton pasukan untuk memegang tongkat bendera merah putih selama upacara berlangsung sehingga pada perayaan peringatan kali ini sangat terasa nuansa merah putih yang melambangkan rasa persatuan serta memperkuat nilai-nilai cinta tanah air dan sekaligus meneguhkan semangat pengabdian terhadap bangsa dan negara lebih khusus daerah Sintuwu Maroso di hati masyarakat.

 

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Poso mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan ini harus dapat melahirkan ide dan gagasan mentranformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur starategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Baca Juga :  Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Kepala TK, SD dan SMP dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Tahun 2018

 

Peringatan Hari Pahlawan bukanlah semata sebuah acara dan prosesi belaka namun kegiatan ini sarat makna dan memiliki substansi yang menggali dan memunculkan kembali semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya kembali diingatkan bahwa Indonesia lebih khususnya Tana Poso membutuhkan pahlawan-pahlawan yang berdedikasi serta berprestasi pada bidangnya masing-masing untuk memajukan daerah ini.

Pemerintah Daerah membutuhkan ASN yang dapat berlari kencang menyesuaikan dengan pola kerja Darmin-Samsuri, doc by Rustam Humas

Dengan tema SEMANGAT PAHLAWAN DI DADAKU mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan dengan tak memandang pangkat atau jabatan serta pribadi siapapun yang menjadi warga NKRI tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, daerah Tana Poso dan bangsa negara. Pemerintah Darmin-Samsuri sebenarnya selalu berupaya berlari kencang membangun Tana Poso membutuhkan setiap inisiatif dan kerja keras dari setiap Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Poso guna mengakselerasi visi misi serta program pemerintah daerah untuk pembangunan yang merata di Poso.

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat KPU Kabupaten

 

Hal ini terlihat pada pendampingan serta proses evaluasi yang terus menerus dilakukan Bupati-Wabup di Lingkungan Pemda mulai dari pekerjaan-pekerjaan pelayanan terhadap masyarakat hingga sampai gladi untuk pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan. Sebelumnya secara kompak Bupati-Wabup hadir dalam pelaksanaan gladi upacara hingga mengecheck secara langsung kesiapan-kesiapan pelaksanaan, Bupati Darmin mengecheck persiapan di Lapangan Maroso sedangkan Wabup Samsuri meninjau persiapan pelaksanaan Upacara Pelarungan Bunga di Dermaga Poso. Kerja bersama ala Darmin-Samsuri menyambut Hari Pahlawan Ke-73 di Kabupaten Poso (GP)

KOMENTAR