Poso, PPID – Sejumlah prestasi mulai ditorehkan oleh penyelenggara pemerintahan baik dari tingkat kelurahan hingga pada tingkat kecamatan dimana pada hari ini Senin 19 November 2018 Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si menyerahkan piala dan penghargaan Juara I Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 yang diraih oleh Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Poso Kota Utara. Tak hanya itu saja Bupati-Wabup yang juga didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH menyerahkan piagam penghargaan serta 1 buah laptop kepada kecamatan Pamona Puselemba sebagai terbaik 1 pada penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 dan oleh karena prestasi yang membanggakan ini sehingga Pemerintah Provinsi  Sulawesi Tengah memberikan bantuan keuangan kepada kecamatan dan kelurahan se-Kabupaten Poso tahun 2018 sebesar Rp 453.000.000,- (empat ratus lima puluh tiga juta rupiah).

 

Penyerahan ini dilaksanakan pada Apel Bersama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang dilaksanakan setiap hari Senin di Halaman Kantor Bupati Poso untuk mengawali kerja Aparatur Sipil Negara di setiap minggunya. Penyerahan yang disaksikan oleh seluruh ASN di lingkup Pemda Poso ini juga bertujuan untuk sebagai bahan evaluasi kerja bagi setiap ASN dalam pelayanan terhadap masyarakat serta juga sebagai bentuk motivasi yang diberikan agar setiap ASN dapat berprestasi dalam tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Baca Juga :  Penerima SK Pangkat dan Berkala Wajib Setor 5 Kg Sampah Plastik

 

Bupati Poso di awal arahannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh ASN Pemda Poso yang tetap setia mengikuti Apel bersama sebagai bentuk awalan kerja untuk mendengar instruksi dan arahan dari Pimpinan untuk menjalankan tugas seminggu ke depan. Meskipun masih ada beberapa ASN yang tidak mengikuti Apel namun sebagian besar telah menyadari tugas utama seorang ASN dalam pengabdian terhadap daerah dengan rajin dan setia mengikuti Apel sebagai modal yang sangat berharga dalam bekerja.

Piala dan penghargaan Juara I Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 diraih oleh Keluarahan Tegalrejo Kecamatan Poso Kota Utara, doc by Taufik

Ia menambahkan lagi bahwa masa kepemimpinannya bersama Wabup Samsuri yang telah berjalan sejak dilantik pada bulan Februari tahun 2016 ini telah berupaya sekeras mungkin untuk melakukan pembangunan dan pelaksanaan pemerintahan yang lebih baik lagi ke depan. Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri juga berterima kasih kepada ASN yang selama ini telah bekerja dengan baik bahkan sampai mengukir prestasi dalam melaksanakan pembangunan serta pelayanan terhadap masyarakat dan juga membantu terlaksananya program-program pemerintah daerah yang sudah tertuang dalam visi misi Pemda di periode ini.

Baca Juga :  Akuntabilitas Kinerja Pemkab Poso Naik Kelas Menjadi Kategori B
Bupati memerintahkan seluruh Pimpinan OPD, Kepala Bagian dan Camat untuk menindak tegas pegawainya yang tidak mengikuti apel dimulai pada hari ini akan menerima sanksi berupa potongan TPP sebesar 25%, doc by Taufik

Hal ini terbukti dengan selain kehadiran ASN pada apel pagi yang terlihat signifikan mulai meningkat juga berbagai prestasi mulai ditorehkan satu persatu baik dari segi olahraga maupun pelaksanaan pemerintahan hingga di tingkat desa/kelurahan. Masih dalam arahannya Bupati Darmin mengibaratkan perumpamaan menanam padi yang juga pasti akan ditumbuhi dengan tumbuhan ilalang dalam artian bahwa tak dapat dipungkiri dalam kehidupan pekerjaan kita sebagai ASN dimana setiap niat baik pekerjaan maupun apa yang dilakukan pasti akan terdapat hal-hal yang kuarang baik di sekitarnya.

 

Di tengah ASN yang rajin pasti terdapat pula beberapa ASN yang terlihat ogah-ogahan dalam bekerja, seperti halnya masih juga ada beberapa ASN yang tidak mengikuti Apel oleh karenanya Bupati secara tegas memerintahkan kepada seluruh Pimpinan OPD, Kepala Bagian bahkan sampai pada Camat untuk menindak tegas pegawainya yang tidak mengikuti apel dimulai pada hari ini akan menerima sanksi berupa potongan TPP sebesar 25%. Dan kepada Pimpinan OPD, Kabag maupun Camat yang tidak berani untuk menindak tegas pegawainya tersebut maka secara langsung Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri akan langsung mengganti atau mencopot jabatannya sebagai Pimpinan di instansinya masing-masing.

Baca Juga :  Bupati Darmin Lantik 5 Pejabat Eselon II

 

Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri sejak awal ingin merubah pola kerja ASN Pemda Poso dari yang kurang produktif serta yang tidak mematuhi peraturan menjadi Aparatur yang berdaya saing serta memiliki kemampuan sumber daya yang kompeten sehingga dapat secara bersama-sama membangun Kabupaten Poso ke arah yang lebih baik. Ia juga berjanji akan mengecheck secara langsung setiap Pimpinan OPD, Kabag maupun Camat yang tidak berani bertindak tegas terhadap pegawai yang malas. (GP)

KOMENTAR