Palapa, PPID – Peresmian Bedah Rumah Program Pelayanan Kasih dari Bimas Kristen serta Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen se-Kabupaten Poso dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Kabupaten Poso oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Rusman Langke, M. Pd bersama Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso Drs. H. Makmur Muh. Arief, M. PdI pada Minggu, 2 Desember 2018 di rumah Keluarga Monggego – Mulyono Dusun Palapa / Kajuawu Kelurahan Pamona Kecamatan Pamona Puselemba. Bedah Rumah yang merupakan pemberian diakonia dari guru-guru, pengawas, serta pegawai Kantor Bimas Kristen dan penyuluh ini sebagai bentuk aplikasi dari motto Kementrian Agama Republik Indonesia yakni “Ikhlas Beramal” yang memotivasi Bimas Kristen serta guru-Guru Agama se-Kabupaten Poso untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan sentuhan kasih diakonia.

 

Pelaksanaan Bedah Rumah ini dibangun dari awal sehingga menjadi rumah yang permanen dengan luas rumah 6 x 9 meter, tinggi rumah 2,5 meter dengan kamar mandi/ WC seluas 2 x 1,5 meter. Bertepatan pada hari ini juga di Kecamatan Poso Pesisir Utara tepatnya di Dusun Sipatuo akan diresmikan gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nasional sebagai bentuk kerjasama dan sinergitas Pemerintah Daerah bersama Kementrian Agama Kabupaten Poso menyambut Hari Amal Bhakti Ke-73 Kementrian Agama.

Program ini merupakan partisipasi aktif semua pihak / stakeholder untuk melakukan pembangunan di Tana Poso bersama-sama membantu Pemerintah Daerah mensejahterakan masyarakat, doc by Gita

Dalam sambutan Bupati Poso mengapresiasi hubungan yang baik antara Pemerintah Daerah dengan jajaran Kementrian Agama baik di tingkat Kabupaten maupun wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dimana program ini merupakan partisipasi aktif dari semua pihak / stakeholder untuk melakukan pembangunan di Tana Poso bersama-sama membantu Pemerintah Daerah dalam mensejahterakan masyarakat secara adil dan merata. Ia juga mengapresiasi bukti nyata partisipasi semua pihak dalam membantu Pemerintah melaksanakan pembangunan di Kabupaten Poso oleh karenanya Bupati Darmin berpesan agar hubungan yang baik ini tetap dijaga dan dibina untuk kelancaran pembangunan yang merata di Tana Poso.

Baca Juga :  Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-72 di Kabupaten Poso

 

Seperti diketahui bersama dalam menjalankan roda pemerintahan, tentunya Pemerintah Daerah menyadari juga memiliki keterbatasan dalam menjangkau semua kebutuhan dasar masyarakat hingga ke bagian pelosok daerah oleh karenanya diperlukan kerja sama serta keterpaduan semua pihak dan mitra pemerintah. “Apapun yang kita rencanakan dan kerjakan dengan niat tulus, pasti akan terwujud.” Tandas Bupati Darmin sambil berharap kiranya instansi maupun mitra-mitra Pemerintah Daerah lainnya juga terus bersinergi untuk memberikan sentuhan positif bagi peningkatan kehidupan masyarakat serta pembangunan daerah Kabupaten Poso yang lebih maju.

 

Sebelum meresmikan bedah rumah Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawei Tengah Dr. H. Rusman Langke, M. Pd dalam sambutannya mengagumi keindahan Kabupaten Poso serta berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Pemerintah Daerah dalam menerima setiap kunjungan tamu-tamu daerah hal ini terbukti dengan Bupati Poso menyediakan waktu untuk hadir bersama-sama dalam mendukung setiap program kegiatan dari Kementrian Agama pada peresmian bedah rumah. Di kesempatan ini pula Bupati Darmin mendapat kehormatan untuk mencabut undian wilayah yang akan mendapatkan kesempatan untuk bedah rumah di tahun 2019 dan kesempatan tersebut jatuh pada wilayah Lore Selatan dan Pamona Timur.

Baca Juga :  Wabup Samsuri Resmikan Gereja, Ketum Sinode Apresiasi Perhatian Pemda
Terus bersinergi untuk memberikan sentuhan positif bagi peningkatan kehidupan masyarakat serta pembangunan daerah Kabupaten Poso yang lebih maju, doc by Gita

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan kunci pintu rumah oleh Ketua Dharma Wanita Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah dan dilanjutkan dengan peninjauan rumah. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Unsur Tripika Kecamatan, Tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh Agama Kelurahan Pamona dan warga masyarakat Dusun Palapa / Kajuawu.

 

 

Sebelumnya, Bupati Poso yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH, Inspektur, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Kepala Dinas Perhubungan ini mengikuti Ibadah Minggu pukul 09.00 wita di Jemaat GKST Betesda Dusun Palapa. Kehadiran Bupati Poso bersama rombongan di Jemaat ini mendapat sambutan hangat oleh seluruh warga Jemaat GKST Betesda dimana atas pengakuan Pdt. Yusran Bando, S.Th mengatakan bahwa sejak didirikannya bangunan gereja yang tengah melakukan rehab ini Bupati Darmin merupakan satu-satunya Bupati pertama yang datang beribadah dengan jemaat ini.

Pemerintahan Darmin-Samsuri terus bekerja membangun Tana Poso ke arah yang lebih baik dengan titik fokus pada kemajuan Kabupaten Poso yang mensejahterakan seluruh masyarakatnya, doc by Octo

Oleh karenanya atas nama seluruh warga jemaat GKST Betesda Palapa mengucapakan terima kasih kepada Pemerintah Kelurahan hingga Pemerintah Kabupaten yang tetap terus memperhatikan dan mempedulikan jemaat ini dalam tugas dan pelayanannya terhadap warga gereja yang juga adalah bagian dari masyarakat. Ia juga memberikan apresiasi atas perhatian Pemerintahan Darmin-Samsuri yang tidak hanya memperhatikan jemaat-jemaat besar saja melainkan juga secara merata perhatian itu diberikan juga kepada jemaat kecil seperti jemaat Betesda Palapa ini.

Baca Juga :  Peresmian Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Poso dan Pengguntingan Pita Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamona Selatan

 

Sementara itu Bupati Darmin seusai mengikuti Ibadah Minggu bersama dalam sambutannya yang baru pertama kali bertemu dengan jemaat GKST Betesda Palapa ini, selaku Pemimpin Daerah mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Daerah tengah melakukan upaya-upaya dalam pembangunan Kabupaten Poso ke arah yang lebih baik lagi. Oleh karenanya terkait dengan kebutuhan dasar yang masih dibutuhkan oleh warga Dusun Kajuawu ini dimana kebutuhan air masih menjadi hal yang sangat sulit untuk dijangkau oleh rumah-rumah tangga sehingga lewat rehabilitasi jaringan air bersih yang telah diresmikan penggunannya pada beberapa waktu yang lalu oleh Bupati Poso kiranya dapat membantu warga dusun memenuhi kebutuhan akan air bersih.

 

Setelah meninjau langsung dan memperhatikan kebutuhan lain warga Dusun Kajuawu pada beberapa waktu yang lalu Bupati Darmin mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Darmin-Samsuri kembali akan membangun embung di wilayah dusun ini. Karena kebutuhan pembangunan infrastruktur air di daerah ini pada dasarnya merupakan hal yang sangat dibutuhkan selain juga untuk mengairi persawahan yang ada, Bupati Darmin telah menginstruksikan kepada Dinas PUPR dan Bappelitbangda serta Dinas Perikanan & Kelautan ini untuk membangun embung pada tahun anggaran 2019.

 

Sejatinya Pemerintah Daerah tidak pernah tinggal diam dalam melaksanakan tugas pelayananya terhadap masyarakat, Pemerintahan Darmin-Samsuri terus bekerja membangun Tana Poso ke arah yang lebih baik dengan titik fokus pada kemajuan Kabupaten Poso yang mensejahterakan seluruh masyarakatnya. (GP)

KOMENTAR