Kaduwaa, PPID – Pembukaan Safari Natal Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bersama Masyarakat di Wilayah Lore Bersaudara bertempat di Jemaat GKST Hosana Desa Kaduwaa Kecamatan Lore Utara pada Jumat 7 Desember 2018 dipimpin oleh Ketua Klasis Napu Pdt. Augustin Marjam Babao. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH memimpin langsung rombongan Tim Safari Natal Pemda Poso bersama Kepala Kementrian Agama Kabupaten Poso Drs. H. Makmur Muh. Arief, M. PdI.

 

Perayaan Safari Natal Pemerintah Daerah pada dasarnya bukanlah hanya semata rutinitas atau agenda dari Pemda saja melainkan untuk lebih merekatkan hubungan antara Pemerintah dengan masyarakat hingga ke pelosok wilayah Kabupaten Poso. Dalam momen perayaan Natal yang digelar bergilir di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Poso di tiap tahunnya ini, mempertemukan seluruh umat dengan latar belakang dan agama yang berbeda dalam sebuah perayaan kebersamaan masyarakat Tana Poso terbukti dengan tampak hadirnya umat lain pada perayaan safari natal itu.

Baca Juga :  Bupati : "Ini bukan sekedar janji politik kami, tapi ini adalah bentuk perhatian khusus Darmin-Samsuri..!!
Ibadah Natal bersama Pemda Poso dengan Masyrakat Lore Bersaudara di Jemaat GKST Hosana Kaduwaa Lore Utara, doc by Gita

Hal ini membuktikan bahwa kehidupan toleransi di Kabupaten Poso sangat tinggi serta partisipasi masyarakat dalam menciptakan hubungan kekerabatan yang harmonis antara umat beragama hingga di tingkat kecamatan semakin tinggi. Dalam Sambutan selamat datang Camat Lore Utara Yanson Tokare berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang terus memberikan perhatian yang lebih terhadap warga Lore Utara karena telah memberikan alokasi dana yang besar yakni 15 milyar rupiah untuk pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

 

Sedang dalam sambutan Kakandepag Poso mengajak umat untuk menjadikan momentum natal ini sebagai wahana untuk mengevaluasi hidup sebagai umat yang saling mengasihi antara satu dengan lainnya, serta menjadikan kesempatan bulan natal dengan melakukan sesuatu yang bernilai kekal bagi diri sendiri dan juga menjadi berkat bagi semua orang. Ia juga mengajak masyarakat untuk dapat berkontribusi positif membantu Pemerintah Daerah dalam program-program pembangunan yang tengah digalakkan Pemerintahan Darmin-Samsuri demi mencapai maysarakat yang makmur dan sejahtera.

Baca Juga :  Aksi Perempuan Menjaga Perdamaian di Poso
Pujian dari Tim Safari Natal Pemda Poso, doc by Gita

Sekretaris Daerah saat membacakan sambutan Bupati Poso juga mengajak masyarakat Lore Bersaudara agar menjaga keesaan sebagai gereja dalam gerakan oikumenis yang juga merupakan kesatuan di Bumi Sintuwu Maroso dan kesatuan dalam satu bangsa. “Oleh karenanya masyarakat dihimbau agar tetap terus meningkatkan nilai-nilai kesatuan sebagai pengikat sehingga perayaan natal kali ini semakin mempererat ikatan persaudaraan yang sudah terjalin selama ini baik sesama umat maupun antar umat beragama”, tambah Yan Guluda

 

Untuk Jadwal Safari Natal Pemda Poso sendiri direncanakan hingga pada hari Rabu 19 Desember 2018 dengan lokasi kunjungan terakhir atau penutupan safari natal yang akan dilaksanakan di wilayah Pamona Puselemba. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang ditutup pada wilayah Poso Kota bersaudara, kali ini Pemerintah berupaya untuk melakukan pembaharuan-pembaharuan guna peningkatan pelayanan terhadap masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Poso. (GP)

KOMENTAR