Taripa, PPID – Memiliki hikmat, berarti pula memiliki kepekaan secara bijaksana dalam mencermati setiap persoalan, termasuk apa yang dialami bangsa dan daerah kita, dimana selaku umat Tuhan sekaligus sebagai warga masyarakat hendaknya memiliki kepekaan dan tetap mawas diri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini diungkapkan Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu saat mengikuti Safari Natal Pemerintah Daerah Kabupaten Poso hari ke-III di Jemaat GKST Imanuel Taripa Kecamatan Pamona Timur, Rabu 12 Desember 2018.

 

Dalam kaitan kehidupan di tengah masyarakat luas, Bupati Darmin mengajak masyarakat untuk mengelola perbedaan yang ada sebagai titik pijak untuk membangun semangat dan mengembangkan pluralisme, yakni kesediaan membangun komunikasi yang rasional dan aktif untuk saling memahami kesamaan dan perbedaan. Terkait dengan pembangunan yang tengah dilakukan Pemerintah Daerah saat ini, Bupati Darmin kembali menjelaskan di hadapan warga Jemaat serta seluruh tamu/undangan yang hadir termasuk Unsur Tripika Kecamatan Pamona Timur, Ia mengatakan bahwa keseriusan Pemda dalam melakukan perubahan wajah Kota Poso terkait dengan kesan-kesan buruk yang ditinggalkan masa lalu (kerusuhan, red) saat ini Pemda tengah berupaya membangun kembali  dan menata wajah Kota Poso dengan membangun segala taman-taman kota seperti Ruang Terbuka Hijau yang berlokasi di Eks Pasar lama, Tugu-Tugu maupun lampu-lampu jalan serta yang baru-baru ini yaitu Air Mancur.

Baca Juga :  Pengoptimalan Potensi Kaum Perempuan Dalam Birokrasi
doc by Gita

Hal ini dilakukan agar setiap orang yang datang ke Poso tidak lagi melihat kesan “angker” atau “kota mati” melainkan kota hidup yang terus mengalami perbaikan-perbaikan baik dari segi fisik infrastruktur maupun juga dalam segala pelayan-pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Seperti adanya peningkatan pelayanan dalam bidang kesehatan, dimana sejak Darmin-Samsuri dilantik pada 16 februari 2016 dari 24 puskesmas yang ada di Kabupaten Poso sudah ada 15 puskesmas serta rumah sakit yang terakreditasi.

 

Itu menunjukkan keseriusan Pemerintah saat ini dalam melayani masyarakat serta menginginkan perubahan-perubahan yang terbaik dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Poso. Oleh karenanya Ia juga meminta agar kiranya masyarakat dapat mendukung serta mendoakan Pemerintah Daerah dalam segala upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di Tana Poso.

Baca Juga :  Musrenbang Kecamatan Cluster V Wilayah Pamona Selatan, Timur dan Tenggara

 

Setelah memberikan sambutan, Bupati Poso yang didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Poso Marhenis Maranu, SH membagikan sertipikat tanah kepada masyarakat Olumokunde untuk sejumlah tanah milik gereja dan Mesjid serta tanah milik masyarakat Kamba dan Magapu. Penyerahan sertifikat tanah ini dalam rangka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yakni kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu di wilayah Kabupaten Poso.

doc by Gita

Pendaftaran Tanah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah secara terus menerus, berkesinambungan dan teratur, meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan, dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan data yuridis, dalam bentuk peta dan daftar, mengenai bidang-bidang tanah dan satuan rumah susun, termasuk pemberian tanda bukti haknya bagi bidang-bidang tanah yang sudah ada haknya, dan hak milik atas satuan rumah susun serta hak-hak tertentu yang membebaninya. Salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap jaminan kepastian hukum bagi kepemilikan tanah masyarakat yang kurang mampu serta badan hukum yang bergerak di bidang keagamaan dan sosial yang penggunaan tanahnya untuk peribadatan, pesantren, panti asuhan, panti jompo.

Baca Juga :  Pemda Gulirkan Bantuan Rehab Kantor Desa dan Peresmian Anggota BPD

 

Safari Natal hari ke-III ini dipimpin oleh Ketua Majelis Klasis Pamona Timur Pdt. Margaretha Belora, S. Th dengan bacaan yang diambil dari Mazmur 24 : 1-10 dan 1 Korintus 1 : 30a di Jemaat GKST Imanuel Taripa. Sedangkan di Jemaat GKST Damai Sawidago Kecamatan Pamona Timur dipimpin oleh Pdt. (Emeritus) M. Kapang, S.Th dengan bacaan yang terdapat dalam 1 Korintus 1 : 18 – 31.

doc by Gita

1 hal yang menarik dalam safari natal kali ini dimana rombongan safari natal yang terdiri dari Pimpinan OPD bersama Bupati Poso menuju ke lokasi safari natal dengan menggunakan bis. Pelaksanaan safari natal ini masih akan berlanjut pada agenda berikutnya yang berlokasi di Gereja Beth Kadosh Desa Gintu Kecamatan Lore Lore Selatan pada Sabtu 15 Desember 2018. (GP)

KOMENTAR