Poso, PPID – Satu lagi perubahan wajah kota Poso yang menjadi icon kebanggan masyarakat Kota Poso dilaunching oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu di Lapangan Maroso Poso, Sabtu 22 Desember 2018. Air Mancur Maroso merupakan inovasi pembangunan serta penataan kota terbesar sepanjang sejarah yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Icon kebanggan Kota Poso ini berlokasi di Lapangan Maroso Poso depan Kantor Bupati Poso dengan keunikan pembangunan air mancur yang irama airnya mengikuti alunan lagu.

Adapun maksud dibangunnya Air Mancur Maroso ini untuk menjadikan Kota Poso lebih indah dan lebih maju dalam memberikan hiburan langsung kepada masyarakat Kabupaten Poso maupun masyarakat yang sedang melintasi Kota Poso. Pembangunan ini juga tentunya dalam rangka perwujudan visi misi pemerintahan Darmin-Samsuri yakni meningkatkan prasarana dasar untuk mengatasi berbagai masalah perkotaan berpedoman pada arahan RTRW dan kelestarian lingkungan. Wajah Kota Poso yang hendak ditata oleh pemerintahan Darmin-Samsuri dengan orientasi mendasar yakni perubahan paradigma tentang Kota Poso yang memiliki latar belakang masa lalu yang kelam sehingga Pemerintah Daerah berupaya untuk menarik setiap wisatawan serta memberikan hiburan tersendiri bagi warga masyarakat Kota Poso.

Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Poso, doc by Rusman

Lapangan Maroso memiliki multi fungsi baik sebagai ruang terbuka hijau (RTH) juga memiliki fungsi untuk kegiatan upacara bendera, olahraga dan kegiatan lainnya. Setiap hal yang baik untuk masalah kemaslahatan orang banyak di Kota Poso akan dikerjakan atau diupayakan oleh pemerintah daerah karena sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan masyarakatnya. Satu hal lagi yang sangat tampak di perubahan wajah kota Poso yaitu perbaikan-perbaikan jalan yang sudah dibenahi, dimulai dari jalan dari jalan lingkar menuju ke pusat kota, jalan-jalan di perkantoran (P. Kalimantan) yang telah diperlebar bahkan sampai pada jalan yang kadangkala terabaikan seperti jalan kubur cina di lawanga telah diperbaiki guna menunjang aktivitas masyarakat Kota Poso.

Baca Juga :  Bupati Tinjau Seleksi CPNS dan Terima Rute Tol Kapal Laut Pelabuhan Poso

Dengan adanya perubahan-perubahan wajah kota sampai pada perbaikan-perbaikan yang terus diupayakan oleh pemerintah daerah hingga pada pencapaian-pencapaian prestasi yang ditunjukkan dari waktu ke waktu, mulai dari keberhasilan pemda dalam mengawal Pasar Tertib Ukur sehingga mendapatkan penghargaan dari pusat sampai pada penghargaan yang diterima atas luas tanam jagung terbesar se-Sulawesi Tengah serta keluarnya Poso dari daftar daerah tertinggal menjadikan Kabupaten yang dipimpin oleh Darmin-Samsuri ini tidak kalah bersaing dengan daerah-daerah lainnya.

Doc by Rusman

Pembangunan serta perbaikan sarana prasaran serta fasilitas umum tidak hanya dipusatkan di Kota Poso saja namun juga saat ini Pemerintah Daerah juga tengah membangun Patung AC Kruyt di Kota Wisata Tentena dan akan menata sungai Poso untuk dijadikan obyek wisata yang berdaya saing untuk memajukan roda perekonomian di Kota Wisata tersebut.

Dalam laporan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Faidul Keteng mengatakan bahwa keberadaan air mancur ini merupakan satu-satunya air mancur terbesar khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah. Bupati Darmin sebelum melaunching Air Mancur tersebut dalam sambutannya mengatakn bahwa ini merupakan salah satu bagian komitmen Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri untuk menata dan menghidupkan kembali kota Poso sebagai ibu kota Kabupaten yang telah memiliki usia 123 tahun.

Baca Juga :  Tulisan Slogan "Poso Kota Cerdas Kembali Dirusak"
Sambutan Bupati Poso saat Melaunching Air Mancur Maroso, doc by Rusman

Di samping itu juga dengan penataan ibu kota Poso yang semakin menawan ditambah dengan aksesoris kota pasti akan mampu menghapus stigma negatif Poso yang dulunya dikenal sebagai kota yang tidak aman dan nyaman untuk dikunjungi. “Mainset tersebut perlahan-lahan harus kita rubah dengan menjadikan Poso sebagai Kota Smart (Smart city) yang memiliki berbagai destinasi obyek wisata menarik baik di kota maupun di wilayah-wilayah kecamatan yang dapat dikunjungi.” ungkap Bupati Darmin

Oleh karena itu diperlukan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Poso untuk bersinergi bersama-sama menopang Pemerintah Daerah dalam melakukan pembangunan mengejar ketertinggalan serta bahu-membahu seluruh stakeholder untuk melakukan yang terbaik untuk Tana Poso. “Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membangun Poso dan kalau bukan sekarang, kapan lagi..??” tandas Bupati Darmin

Yang perlu diperhatikan bersama bahwa dampak dari pembangunan air mancur ini sangat besar bagi peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekitar khussunya para pedagang di sekitar lapangan. Namun satu hal yang perlu diingat agar selalu memperhatikan kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar agar tidak mengganggu kemegahan air mancur lapangan maroso kebanggan Kota Poso.

“Setiap keberhasilan pembangunan yang dicapai merupakan bukti kebersamaan seluruh pihak baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah serta instansi/pihak lainnya oleh karenanya mari kita terus berkarya, menyatukan langkah juang, kobarkan semangat persatuan dan kesatuan, hadapi segala tantangan dengan arif dan bijaksana, demi pembaharuan menuju Poso yang cerdas dan bermartabat” tambah Bupati Darmin di hadapan seluruh masyarakat yang hadir untuk menyaksikan launching air mancur maroso.

Baca Juga :  Bantuan Hibah Sistem Pengadaan Air Minum di Kabupaten Poso

Bupati juga mengajak generasi muda Poso agar terus bersinergi menopang Pemerintah Daerah dalam berkreasi serta berprestasi dai bidang apa saja demi mengharumkan tanah leluhur sintuwu maroso. Sehingga karya-karya tersebut nantinya bisa menjadi kebanggan bagi generasi selanjutnya. Bupati juga memberikan tanggung jawab kepada generasi muda Poso untuk menjaga serta memelihara keberadaan air mancur ini sebagai aset dan kebanggan masyarakat Kota Poso.

Peluncuran air mancur maroso ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Wabup Darmin-Samsuri bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso yang sebelumnya diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Poso. Kegiatan ini dipadati oleh seluruh masyarakat Kota Poso yang diisi dengan penampilan penyanyi-penyanyi serta band-band lokal dengan tujuan menunjukkan bahwa Poso juga banyak memiliki talenta-talenta yang luar biasa dalam bidang kesenian. Selain itu tampilan fashion carnival dari Dinas Pariwisata juga ditampilkan untuk meramaikan kegiatan tersebut. Fashion carnival yang baru saja tampil di Batam ini menjadi pusat perhatian warga karena kostum-kostum menarik khas Poso yang ditampilkannya. Air mancur Maroso ini akan dioperasikan setiap malam minggunya. (GP)

KOMENTAR