Tambarana, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyerahkan 1 unit kendaraan dinas roda empat puskesmas keliling kepada Kepala Puskesmas Tambarana pada Kamis 27 Desember 2018 bertempat di Halaman Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara. Penyerahan ini disaksikan oleh masyarakat 10 desa yang dilayani oleh Puskesmas Tambarana yakni desa Tumora, Membuke, Tobe, Bakti Agung, Tambarana, Kalora, Kawende, Maranda, Tri Mulya dan desa Kilo.

 

Penambahan 1 unit kendaraan operasional ini diawali dengan penandatanganan berita acara oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr. N. Taufan Karwur selaku Pihak Pertama, Kepala Puskesmas Tambarana I Wayan Budi, SKM selaku Pihak Kedua dan Bupati Poso. Kendaraan operasional ini berjenis toyota/inova puskesmas keliling berwarna putih senilai Rp 356.200.000,- dengan alokasi sumber Dana Alokasi Khusus tahun 2018. Mobil ambulance ini diharapkan nantinya dapat melayani 10 desa dengan mobil ambulance yang sudah ada sebelumnya sehingga mampu memenuhi kebutuhan dalam transportasi pasien maupun jenazah di wilayah Poso Pesisir Utara sesuai dengan permintaan masyarakat.

Baca Juga :  BPKAD Gelar Kegiatan Bimbingan Teknis SIMDA Barang Milik Daerah (BMD)
Penyerahan Berita Acara, Kunci dan STNK Mobil Ambulance Pusling oleh Bupati Poso kepada Kapus Tambarana, doc by Upick

Kebutuhan akan transportasi ini direspon oleh Bupati Darmin  mengingat luasnya wilayah pelayanan puskesmas Tambarana sehingga Mantan Kepala Departemen Operasi Pendidikan Komando Distrik Marinir ini menyikapi permintaan masyarakat dengan tidak menarik mobil ambulance yang lama melainkan menambah jumlah 1 unit lagi kendaraan dinas pusling (Puskesmas Keliling, red) untuk masyarakat di Wilayah Poso Pesisir Utara. Dengan penambahan 1 unit kendaraan dinas ini diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas Tambarana ini dapat lebih dipermudah lagi serta mutu pelayanannya yang lebih efektif dan efisien.

 

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan silatuhrrahmi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan masyarakat Poso Pesisir Utara dengan tujuan agar bisa memahami secara detail kondisi yang sesungguhnya terjadi di tengah masyarakat sekaligus untuk mengantisipasi banyaknya isu-isu yang tidak faktual (hoax) yang sengaja disebar untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu oleh sebagian pihak dengan menghalalkan segala cara. Melalui silatuhrrahmi ini juga Bupati menegaskan bahwa selaku Pimpinan Daerah, Ia ingin mendengar langsung berbagai masukan dari warga masyarakat tentang berbagai hal yang menjadi ganjalan-ganjalan masyarakat Poso Pesisir Utara sekaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, kegiatan pembangunan dan pelayanan sosial kemasyarakatan di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Baca Juga :  Berkinerja Terbaik dalam Pelaksanaan DAK Fisik TA 2017, Pemda Poso peroleh Penghargaan

 

“Gunakan kesempatan ini untuk bertukar pikiran dengan tetap mengedepankan semangat kebersamaan serta sikap toleran demi kemajuan bersama, sekaligus koreksi bersama untuk melangkah lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang.” Ungkap Bupati Darmin. Melaksanakan pembangunan yang damai, adil serta sejahtera sesuai dengan misi pemerintah Darmin-Samsuri meningkatkan pemerataan dan pelayanan pendidikan maupun kesehatan yang berkeadilan yang berbasis nilai-nilai agama, sosial dan kearifan lokal.

doc by Upick

Sehingga secara bertahap, pelan tapi pasti pelayanan yang ditunjukkan oleh pemerintah daerah untuk seluruh wilayah di Kabupaten Poso secara merata mulai dirasakan perkembangannya secara signifikan. Ini terlihat pada diakreditasinya puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Poso. Sejak dilantiknya Darmin-Samsuri untuk melayani serta mengabdi di Tana Poso, dari 24 puskesmas yang ada, sudah terdapat 15 puskesmas yang terakreditasi. Hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengemban tugasnya sebagai pengayom serta pengabdi masyarakat.

Baca Juga :  Kunci Sukses Bersama Raih Pembangunan di Tana Poso

 

Acara ini diakhiri dengan dialog Bupati bersama masyarakat Poso Pesisir Utara sebagai wujud perhatian Bupati Darmin terhadap kebutuhan serta aspirasi masyarakat. “Karena segala kepentingan rakyat harus didahulukan, sehingga harapan untuk mewujudkan Kabupaten Poso yang sejahtera dapat tercapai di segala bidang.” Tambah Bupati Darmin menutup sambutannya dan langsung menandatangani berita acara penyerahan dan menyerahkan kunci mobil ambulance puskesmas keliling bersama STNK kepada Kepala Puskesmas Tambarana. (GP)

KOMENTAR