Poso, PPID – Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, prestasi yang telah kita capai melalui pengakuan akreditasi madya bintang tiga terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Poso (RSUD) memang patut disyukuri dan dibanggakan. Sebab tidak mudah bagi suatu Rumah Sakit untuk memperoleh pengakuan itu. Selain memerlukan waktu yang cukup panjang, juga diperlukan kesiapan, kebersamaan serta kesungguhan, kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh pemangku kepentingan khususnya jajaran RSUD Poso di bawah koordinasi Pemerintah Daerah yang terkoneksi secara baik.

 

Namun prestasi itu kata Bupati hendaknya tidak membuat kita terlena apalagi lupa diri, tetapi justru dijadikan motivasi untuk bekerja lebih maksimal lagi agar bisa memberikan yang terbaik bagi daerah Sintuwu Maroso tercinta. Pernyataan itu disampaikan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu ketika memberikan arahan kepada segenap karyawan/karyawati di jajaran RSUD Poso pada apel kerja, selasa 8/1.2019, pagi tadi. “Jika saat ini kita bisa meraih pengakuan akreditasi madya bintang tiga, maka ke depan saya yakin dengan tekad dan kebersamaan kita bisa meraih pengakuan akreditasi paripurna bintang lima” ujar mantan Danyon marinir itu dengan nada optimis.

Dikatakan, selain RSUD, saat ini kita juga tengah berupaya agar ke depan semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Poso bisa terakreditasi. Sebab dari 24 puskesmas yang ada, masih ada 9 puskesmas yang belum terakreditasi, jelas Bupati. Jika semua puskesmas sudah terakreditasi, maka otomatis kualitas pelayanan kesehatanpun akan semakin meningkat, sebab sudah pasti sistem pelayanan akan mengikuti standart akreditasi dimaksud. Dan dengan demikian seluruh masyarakat sampai ke wilayah pedesaan pun akan memperoleh hak dan sistem pelayanan yang sama sesuai jenjang dan kapasitas yang telah ditentukan.

 

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat KPU Kabupaten

Ia juga mengingatkan kepada seluruh jajaran RSUD Poso agar lebih giat lagi bekerja dan berupaya mempertahankan prestasi yang ada dan sedapat mungkin dapat ditingkatkan guna meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Hal ini penting kata Bupati, sebab sesuai dengan ketentuan setiap rumah sakit yang telah terakreditasi akan terus dilakukan evaluasi oleh pihak Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) setiap tahun dengan kriteria penilaian terbaru sebanyak 16 pokja, sebagai lanjutan hasil assesment sebelumnya. “Jika semua kriteria itu telah terpenuhi sesuai standart yang telah ditentukan, maka kita berpeluang besar bisa meraih akreditasi paripurna bintang lima” ujarnya.

 

Kunjungan Bupati Darmin ke RSUD untuk pertama kali ditahun 2019 ini merupakan bukti keseriusan dan komitmennya guna mewujudkan visi pemerintah daerah yakni: Terwujudnya Kabupaten Poso yang damai, adil dan sejahtera, didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan bermartabat. Dalam kaitan itu, maka sektor kesehatan dan pendidikan sebagai kebutuhan dasar menjadi perhatian penting diera pemerintahan Darmin-Samsuri, ujarnya. (AS)

KOMENTAR