Poso, PPID – Usaha menegakkan disiplin Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, serta untuk mewujudkan Pegawai Negeri sebagai Aparatur Pemerintah yang taat aturan dan berkompeten diperlukan aparatur yang berdedikasi dan berdisiplin yang tinggi, tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap aparatur Negara yang fungsinya sebagai abdi Negara dan pelayan masyarakat. Langkah ini terus dilakukan oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu saat melakukan sidak di sejumlah OPD pada Jumat, 18 Januari 2019.

 

Untuk menjalankan sistem pemerintahan Bupati Darmin menimbang perlu adanya pengenalan secara langsung terhadap OPD yang dibawahinya dengan mengunjungi satu per satu secara “mendadak” beberapa kantor di Lingkungan Pemda Poso seperti Dinas Pendapatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Badan Kesbang dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Bupati yang kerap terlihat ikut berbaris dengan para pegawai saat apel berlangsung ini, menyusuri satu per satu ruang demi ruang kantor yang ia kunjungi sambil memperhatikan kebersihan lingkungan kantor tersebut.

Baca Juga :  Poso Raih WTP
Bupati Darmin mengecheck satu per satu absen kehadiran para pegawai, doc by Topan

“Menjaga kebersihan lingkungan sama halnya dengan menjaga area pribadi, tidak hanya di rumah tetapi juga tempat dimana bekerja. Ketika area pribadi bersih dari sampah makanan, maka aktivitas saat bekerja akan terasa lebih nyaman dan tidak mudah stress. “ ungkap Bupati Darmin saat melakukan sidak di hadapan pegawai. Di samping itu Bupati yang dulunya mulai berdinas di TNI Angkatan Laut sejak tahun 1988 ini mengatakan bahwa tinggi-rendahnya produktivitas kerja juga berhubungan dengan pikiran positif, dan pikiran positif dipengaruhi oleh lingkungan sekitar oleh karenanya lingkungan kerja yang kotor dan berantakan dapat menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya tingkat produktivitas seorang aparatur negara.

 

Baca Juga :  Peresmian Kantor Desa Toini Kecamatan Poso Pesisir Sekaligus Perayaan HUT Ke-54 Desa Toini

 

Tak hanya itu saja, Bupati Darmin juga mengecheck satu per satu absen kehadiran para pegawai sebagai penegasan bahwa Pemerintahan Darmin-Samsuri tidak main-main dalam penegakkan PP 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil terutama dalam Bab II Pasal 3 ayat 11 yang berisikan tentang “masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja”. “Kami (Pemerintahan Darmin-Samsuri, red) berupaya untuk memperbaiki tingkat kedisiplinan para pegawai dalam melaksanakan tugas pelayananya terhadap masyarakat, salah satunya dengan menerapkan peraturan dan perundangan mengenai disiplin kerja yang telah ditetapkan secara efektif sesuai dengan jenis pelanggarannya” ujar Bupati Darmin.

 

Dalam penerapan konsep Good Governance tentulah membutuhkan upaya yang tidak mudah apalagi untuk menerobos meruntuhkan dinding-dinding kebiasaan lama yang memperburuk kinerja pegawai. Sehingga Darmin-Samsuri kerap terlihat melakukan sidak di kantor-kantor baik di Ibu kota kabupaten maupun di kantor-kantor desa yang ada di wilayah Kabupaten Poso apabila tengah melakukan kunjungan kerja di kecamatan-kecamatan. (GP)

Baca Juga :  16 Parpol Di Poso Sepakat Menolak Politik Uang, Kampanye Hitam dan Politisasi Sara

 

KOMENTAR