Poso, PPID – Apel bersama setiap hari senin, tadi pagi dilaksanakan bertempat di halaman kantor Bupati Poso dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan BUMDES kepada beberapa Desa di Kabupaten Poso. Apel bersama yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ini, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, para Asisten dan Staf Ahli Bupati dan diikuti oleh seluruh OPD lingkup Pemda Kabupaten Poso serta perwakilan desa penerima bantuan. (21-01-2019)

Melalui arahannya, Bupati Poso Kol. Mar. (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan apresiasi, terima kasih dan rasa bangga kepada seluruh peserta apel yang senantiasa semangat untuk hadir mengikuti apel bersama, baik yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Poso, Lapangan Maroso Poso maupun dilingkungan OPDnya masing-masing. Melalui apel ini juga Bupati Darmin mengingatkan kepada seluruh ASN agar selalu mengutamakan semangat kerja dan terus menjalakan tanggungjawab serta memelihara kedisiplinan. Masih banyak oknum ASN dari beberapa OPD yang masih malas untuk mengikuti apel baik pagi maupun sore, lambat datang dengan berbagai alasan, dan malas menjalankan pekerjaannya. Sanksi tegas akan diberikan kepada mereka yang masih membandel.

Baca Juga :  Dari dan Menuju Kabupaten Poso Dengan Alat Transportasi Laut

Kepedulian akan kebersihan lingkungan di masing-masing OPD masih kurang diperhatikan, tentu hal ini dapat berakibat pada kesehatan dan kenyamanan kerja. Ditambah lagi pengabaian terhadap kepatutan sesuai etika birokrasi ASN yang adalah wajib hukumnya. Kita digaji oleh masyarakat, sehingga pelayanan terbaik yang harus kita berikan kepada masyarakat. Minimal mulailah dari diri kita sendiri, untuk bekerja dengan baik, bekerja dengan sungguh-sungguh. Semoga kita dapat menjalankan kewajiban kita dengan baik dan semoga cita-cita Bangsa yang besar ini, akan terwujud melalui kinerja kita.

Pemerintah Pusat terus memberikan perhatian bagi daerah kita, melalui Kementrian Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi RI memberikan bantuan langsung kepada:

– BUMDES Sinditowe Desa Malitu Kecamatan Poso Pesisir Selatan

Baca Juga :  Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan

– BUMDES Tajoe Desa Tokilo Kecamatan Pamona Tenggara

– BUMDES Bina Bersama Desa Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir

– BUMDES Malino Desa Talabosa Kecamatan Lore Peore. Masing-masing BUMDES mendapatkan bantuan sebesar Rp. 50.000.000,- Melalui bantuan desa tersebut diharapkan akan menjadi stimulus bagi kemajuan desa, yang bersifat dinamis dan tentunya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Pengelolaan keuangan yang baik agar bantuan ini sesuai peruntukannya dan ikuti petunjuk yang ada di Juknis untuk kepentingan bersama. Pedomani sistem keuangan desa dan lakukan musyawarah untuk mengelola penggunaan keuangan, karena dari pengolahan keuangan yang baik akan mendapatkan manfaat bagi seluruh desa. Pemerintah Pusat akan mempertimbangkan kembali untuk pemberian bantuan yang lain jika apa yang sudah dipercayakan ini dapat dilaksanakan dengan sesuai.

Setelah selesai melaksanakan apel bersama, Bupati Darmin menemui pegawai KPUD Poso untuk mengecek keaktifan ASN yang bekerja di instansi krusial tersebut. Menurut Bupati Pelaksanaan pesta demokrasi tersisa sekitar 87 hari lagi untuk persiapan. Pelaksanaan pesta Demokrasi nanti diharapkan dapat berlangsung dengan baik dan lancar, hal yang tentu mempunyai kerumitan tersendiri karena PEMILU langsung yang dilaksanakan tahun ini, sekaligus untuk memilih Capres dan Cawapres, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta untuk memilih DPD RI. Kita harus bergandengan tangan agar pelaksanaan pekerjaan dapat berlangsung baik. Jika ada hal yang belum jelas atau dipahami, jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih tau. Kita tidak akan bisa maju jika egoisme masing-masing dipertahankan. Apabila ada staf yang tidak menjalankan tugas dengan baik, maka saya bisa untuk mengambil tindakan tegas, jika terdapat permasalahan harus diselesaikan bersama secara kekeluargaan jangan sampai keluar.

Baca Juga :  Sosialisasi Peraturan Presiden No.16 Tahun 2018 dan Mitigasi Resiko Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kerjasama LPBJ Kabupaten Poso dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) DPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sementara ditempat yang sama namun berbeda sudut, Wakil Bupati Poso Samsuri memberikan arahan kepada seluruh kepala OPD untuk lebih memperhatikan keaktifan seluruh stafnya dalam melaksanakan pekerjaan. Mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengintegrasikan sistem keuangan masing-masing OPD melalui aplikasi Online, demi keterbukaan publik dan dapat mempertanggungjawabkan segala pekerjaan yang dilakukan. (BP)

KOMENTAR