Watutau, PPID – Pelantkan pejabat merupakan hal biasa sesuai dengan tuntutan dan analisis kebutuhan organisasi perangkat daerah lingkup pemda Poso sehingga perlu dipahami bahwa jabatan bukanlah hadiah ataupun pemberian karena penempatannya bukan didasarkan pada suka dan tidak suka melainkan jabatan adalah kepercayaan pimpinan dan hasil dari prestasi seseorang. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu saat melantik pejabat administrator eselon III.a dan III.b serta pejabat pengawas eselon IV.a dan IV.b pada Rabu 23 Januari 2019 di Balai Desa Watutau Kecamatan Lore Peore.

Bupati melantik Ir. Darma Metusala, MP menjabat sebagai Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah IV Inspektorat, Oldy Soplantino, SSTP sebagai Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan, Arianto Bastian Ida, S.Sos sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jeri Kristo Setiawan Gembu, SSTP sebagai Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga. Bupati Darmin juga melantik Sam Karya Nugraha Lantawa, SE sebagai Camat Lore Tengah, Adrianus Tauna, S.Sos sebagai Camat Lore Peore dan Ferdiyanto Tarakolo, S.Pt sebagai Camat Lore Timur.

Baca Juga :  Pemasangan Cap Siswa-Siswi SMK GKST 2 Tentena Kelas X Jurusan Keperawatan
Pelantikan pejabat administrator eselon III.a dan III.b serta pejabat pengawas eselon IV.a dan IV.b , doc by Gita

Pelantikan yang tidak biasa seperti dilakukan di Ibukota Kabupaten ini merupakan sebuah inovasi dari Pemerintahan Darmin-Samsuri yang ingin lebih dekat dengan masyarakat. “Karena ini merupakan salah satu langkah strategis Pemerintah Daerah yang terus melakukan pembenahan di seluruh sector dan bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan social kemasyarakatan.” ucap Bupati Darmin

Proses penempatan ini berdasarkan analisis kebutuhan organisasi agar dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat secara luas oleh karenanya Bupati Darmin berharap pejabat yang telah dilantik ini agar dapat bertanggung jawab dalam jabatan yang diemban sesuai dengan tugas dan fungsi serta amanat yang diberikan. Ia juga menegaskan kepada khususnya Camat yang telah dilantik agar melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya serta dengan penuh keikhlasan karena menempatkan diri sebagai seorang pelayan/pengabdi masyarakat bukan hanya untuk dilayani maka semua persoalan dapat terselesaikan dengan baik.

Baca Juga :  Pemda Poso Tandatangani MOU dari KPK RI
Penandatanganan Pakta Integritas, doc by Gita

Pelantikan ini selain untuk mengisi kekosongan beberapa jabatan strategis juga telah melalui pertimbangan peta jabatan yang telah disusun berdasarkan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang organisasi perangkat daerah dan juga memperhatikan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil. “Itulah sebabnya ASN terus dievaluasi dan dinilai kinerjanya guna mengantisipasi kebutuhan organisasi serta untuk mendapatkan pejabat yang berkompeten.” Tegas Bupati

Melaui pelantikan ini tentunya menjadi langkah awal yang tepat untuk memberikan kesempatan kepada para pejabat untuk dapat mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengalaman dan wawasan agar dapat diaplikasikan dalam setiap tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Setelah melantik beberapa pejabat, Bupati Darmin menyerahkan KTP-El kepada Camat Lore Timur dan Lore Peore untuk dibagikan kepada masyarakatnya di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :  Berpikir & bertindak CERDAS dalam membangun Tana Poso

Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh adat, agama dan masyarakat yang sebelumnya menyambut kedatangan Bupati Darmin dengan pemasangan topi adat dan pengalungan enu kalide sebagai bentuk penghormatan kepada orang nomor 1 di Kabupaten Poso. Antuasiasme para warga masyarakat pun nampak saat proses pelantikan berlangsung dimana mereka (masyarakat,red) datang berbondong-bondong untuk menyaksikan prosesi pelantikan yang selama ini hanya dilaksanakan di Ibukota Kabupaten saja. (GP)

KOMENTAR