Poso, PPID – Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu sabtu 26/1.2019, bertempat di stadion Kasintuwu Poso, secara resmi membuka Liga Grass Root Chlildren Of Excellent (Gocex) tahun 2018/2019. Kegiatan yang akan berlangsung selama 7 minggu itu, diikuti 47 keseblasan yang terdiri dari usia 10 tahun, 12 tahun, 14 tahun, 16 tahun dan 18 tahun.

Sementara pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di 4 lokasi yakni: U-18 di lapangan Kasintuwu, U-16 di lapangan Mapane, U-14 di lapangan desa Tambaro, sedangkan U-12 dan U-10 dilaksanakan di Tentena. Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya antara lain mengatakan, Liga Gocex merupakan salah satu langkah kebijakan Presiden Republik Indonesia untuk mempercepat pembangunan sepak bola Indonesia melalui Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI) guna mencari bibit pemain dari tingkatan usia yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Kunjungi Pasien RSU Poso Pasca Gempa Bupati Darmin: "Tidak Ada Alasan Layanan Kita Terabaikan Karena Situasi "

Selain itu Liga Gocex merupakan kesempatan emas bagi para pemain muda kita untuk menyalurkan bakat sepak bola secara teratur melalui kompetisi dan persaingan secara sehat. Karena itu pada setiap event pertandingan bupati Darmin selalu mengingatkan pentingnya menjunjung ringgi sportifitas, menghormati keputusan wasit dan menghargai lawan tanding.

Dalam suatu pertandingan diperlukan semangat, kepercayaan diri serta adu strategi baik secara individu maupun secara tim unttuk meraih kemenangan, namun bukan saling adu kekuatan untuk mencederai lawan. Bertandinglah dengan baik , hargai sesama dan hindari arogansi, tegas bupati . Ia berharap Liga Gocex berlangsung dengan aman, lancar tanpa diwarnai kecurangan dan keberpihakan, sehingga hasil dari pertandingan ini nantinya benar-benar mereka yang pantas untuk mewakili kabupaten Poso ketingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Pembukaan Porprov, Bupati Darmin Hadir Memberikan Dukungan Moril Bagi Atlit Poso

“Harapan saya kedepan dalam setiap ivent provinsi maupun nasional ada anak-anak Poso yang masuk dalam tim itu” , harapnya serius. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus Apkasi kabupaten Poso atas upaya pembinaan yang dilakukan selama ini sehingga dalam kurun waktu terakhir bisa mengukir prestasi gemilang baik ditingkat provinsi bahkan sampai ketingkat nasional.

Seperti contoh pada Liga desa, dimana kabupaten Poso berhasil mewakili Sulawesi Tengah pada liga desa tingkat nasional di bekasi, jelas bupati. Namun demikian Ia juga mengakui dibalik prestasi itu masih ada catata-catatan penting yang memerlukan perhatian guna meningkatkan mutu persepakbolaan kabupaten Poso kedepan.

Karena itu Ia mengajak kepada semua pihak bersama pemerintah untuk terus mendukung serta memberi ruang yang lebih luas kepada generasi muda Poso untuk mengembangkan minat/bakat sepak bola sebagai embrio lahirnya pesepakbola yang tangguh dan benar-benar memiliki prestasi guna mengangkat citra daerah kabupaten Poso dimasa datang. Sebelum melakukan tendangan pertama tanda dimulainya Liga Gocex , mantan pemain sepak bola diera tahun seribu sembilan ratus delapan puluan itu memberikan arahan khusus kepada keseblasan pertama yang akan bertanding sembari memberikan semangat yang diikuti dengan pemberian bonus khusus bagi keseblasan pemenang pada pertandingan pertama antara keseblasan Korobono vs Poso Kota.

Baca Juga :  Liga Desa Nusantara Seri Kabupaten - Bupati Darmin : Tanam Sportivitas Sejak Dini

Bupati Darmin sendiri yang dudampingi sejumlah pejabat dan pengurus Apkasi menyaksikan langsung pertandingan pertama itu hingga usai, dan akhirnya keseblasan Poso Kota berhak meraih bonus dari orang no.1 di Poso itu dengan menundukan Korobono 2-0. (AS)

KOMENTAR