Poso, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu turut menyaksikan Pelantikan Forum Imam Masjid Pelopor Perdamaian dan penandatanganan MoU Komda Alkhairat Poso dengan Mosintuwu Institute dalam Kegiatan Tablik Akbar dan Rapat Kerja Alkhairat serta Deklarasi Forum Imam Masjid Pelopor Perdamaian se-Kabupaten Poso Tahun 2019 di Lapangan Futsal GOR Poso, Rabu 30 Januari 2019. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Forkompinda, Pimpinan FKUB, Pengasuh Pondok Gontor Putri Poso, Pimpinan Ormas Islam, Pimpinan OPD, Ketua Majelis Klasis Poso Kota dan seluruh pengurus cabang alkhairat.

Dasar kegiatan ini adalah untuk konsolidasi organisasi internal pengurus komda alkhairat Kabupaten Poso yang bertujuan untuk menyusun dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja, baik secara teknis maupun agenda kerja. Dengan tema “Meneguhkan peran strategis Alkhairat dalam membentuk karakter generasi bangsa yang damai dan toleran”, dalam kegiatan ini juga disajikan materi-materi pokok tentang pendidikan dan penguatan kelembagaan.

Baca Juga :  Bupati - Wakil Bupati Terima Kunjungan Watimpres
Penandatanganan MoU Komda Alkhairat Poso dengan Mosintuwu Institute disaksikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairat dan Bupati Poso, doc by Gita

 Setelah melantik Forum Imam Masjid Pelopor Perdamaian, Direktur Eksekutif Wisdom Institute Sulteng Dr. H. Lukman S. Tahir, MA mengatakan bahwa Poso adalah daerah pertama yang mendeklarasikan masjid sebagai pelopor perdamaian serta untuk memberdayakan masjid yang tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk beribadah melainkan juga sebagai pusat kegiatan-kegiatan sosial sehingga dibentuklah Forum Imam Masjid Pelopor Perdamaian se-Kabupaten Poso. Lukman juga sempat mengenalkan tentang Wisdom Institute dimana lembaga ini merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat tanpa membedakan agama, suku maupun budaya.

Bupati Poso mengawali sambutannya berterima kasih kepada jajaran alkhaerat Provinsi Sulawesi Tengah serta Komda Alkhaerat Kabupaten Poso yang selama ini terus memberi andil dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam geliat pembangunan dan sosial kemasyarakatan di Poso. Orang nomor 1 di Kabupaten Poso ini juga mengungkapkan kebanggaan dan sukacitanya dapat bertemu langsung dan bersilatuhrahmi dengan para ulama yang banyak memberikan andil bagi terpeliharanya harmonisasi kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Hidup Toleransi antar Umat Beragama di Tana Poso
Bupati Darmin : Kehidupan agama mempunyai tempat tersendiri dan berperan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, doc by Gita

Bagi bangsa yang memiliki landasan mental agama, kehidupan agama sudah pasti mempunyai tempat tersendiri dan berperan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. “Oleh karenanya selaku Pimpinan Daerah, saya mengharapkan kiranya dalam Raker ini, selain membahas masalah internal organisasi, juga dapat memikirkan langkah-langkah positif yang sifatnya dapat membangun dan membina kebersamaan dengan sesama demi tetap terpeliharanya kondisi yang sejuk di Kabupaten Poso.” ucap Bupati Darmin

Di akhir kegiatan Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairat Alhabib Sayyid Ali Bin Muhammad Aljufri Lc, Ma memberikan tausiah serta melaunching LAZIS Alkhaerat. (GP)

KOMENTAR