Tindoli, PPID – Ritual Adat Molapa Baula (Pelepasan Hewan Kerbau) dan Peresmian Bangunan Sarana dan Pra Sarana Olahraga di desa Tindoli Kecamatan Pamona Tenggara, Jumat 8 Februari 2019 dilaksanakan dalam rangkaian syukur 3 desa atau 3T (Tindoli, Tokilo dan Tolambo). Dalam kunjungan kerja Pemerintah Daerah yang dipimpin langsung oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustisnus Sigilipu didampinggi Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, SH, MH dan sejumlah Pimpinan OPD seperti Kadis PUPR, Kadis PMD, Kepala BKPSDM, Kadis Perikanan & Kelautan serta Kadis Pertanian ini juga meninjau secara langsung lokasi pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan desa Tokilo – Tindoli – Tolambo.

Kunjungan kerja yang kerap dilakukan oleh Pemerintahan Darmin-Samsuri merupakan lawatan dinas untuk menyaksikan secara langsung baik itu kegiatan pembangunan, keadaan masyarakat, maupun situasi keamanan di suatu wilayah / desa tertentu. Bupati Darmin yang juga tengah berupaya untuk membangkitkan kembali adat budaya Pamona Poso yang mulai perlahan-lahan tenggelam oleh perkembangan zaman juga menaruh perhatian penuh terhadap perkembangan kepariwisataan Kabupaten Poso sebagai daya tarik wisatawan-wisatawan asing di Kabupaten Poso.

Penyambutan secara adat kedatangan Bupati Poso bersama rombongan sesaat memasuki desa Tindoli oleh Tarian penyambutan, doc by Gita

Hal ini kembali ditunjukkannya setelah meresmikan beberapa patung tokoh-tokoh yang sangat berperan penting di Tana Poso sebagai wujud untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda akan peristiwa besar yang pernah terjadi di Tana Poso, Bupati Darmin turut serta melakukan ritual adat molapa baula atau pelepasan hewan kerbau sebagai pertanda kesyukuran atas selesainya pembajakan sawah yang siap tanam. Ritual adat ini sebenarnya selain sebagai bentuk prasyarat adat budaya leluhur yang merupakan ungkapan syukur atas berbagai keberhasilan yang telah dicapai bahkan juga sebagai tanda dimulainya pekerjaan besar yang akan dilaksanakan bagi kepentingan masyarakat; juga sebagai wujud publikasi kepada dunia bahwa sebenarnya di Kabupaten Poso banyak terdapat adat ritual yang patut untuk dilestarikan serta dikunjungi / disaksikan oleh para wisatawan baik asing maupun lokal.

Baca Juga :  Penyerahan Makalah Adat Hadirkan 2 Pimpinan Daerah

Menurut Bupati Darmin bahwa pelaksanaan kegiatan ini yang terpenting merupakan wujud komitmen serta pengakuan masyarakat terhadap arah kebijakan bersama bagi kesehjateraan masyarakat di masa datang. “Hasil-hasil pembangunan yang nyata dan telah dirasakan langsung asas manfaatnya bagi masyarakat luas, Pemerintah Daerah terus mensyukuri sebagai sebuah karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak pernah putus-putusnya bagi Negeri Sintuwu Maroso yang terasa sampai ke pelosok desa. Karena itu hasil capaian tersebut dapat kita refleksikan dalam bentuk doa syukur dan ritual sesuai tradisi adat yang berlaku di Tana Poso” ungkap Bupati Darmin

Pelaksanaan Adat Molapa Baula dengan mengolesi kuning telur di dahi kerbau oleh Bupati Poso

Pelaksanaan ritual adat ini sendiri ditandai dengan pemberian makan pada kerbau sebagai bentuk penghormatan kepada hewan ternak yang membantu para petani dalam membajak sawah serta pemberian makan kepada penjaga kerbau selama masa pengolahan sawah. Pelaksanaan ritual adat yang cukup unik ini mendapat banyak perhatian dari warga masyarakat serta pengunjung yang hadir dimana Bupati Poso turut berpartisipasi dalam pelaksanaan adat tersebut dengan memberi makan pada kerbau dan penjaga kerbau dengan makanan yang sudah disiapkan yaitu berupa nasi pulut yang dibungkus di daun khusus serta pemberian air garam dan mengolesi kuning telur di dahi kerbau.

Baca Juga :  Gerakan Keamanan Pangan Desa Hingga Pelaksanaan Sidang Isbat Nikah Terpadu dan Promosi Hasil Perikanan

Sebagian besar masyarakat Tana Poso masih hidup dan tinggal berdampingan dengan adat budaya peninggalan leluhur dan hal itu pulalah yang kembali ingin dihidupkan serta dikembangkan oleh Pemerintahan Darmin-Samsuri yakni terus mewariskan adat budaya tersebut dan sebagai wujud kepatuhan serta pengakuan bahwa masyarakat Kabupaten Poso tidak pernah meninggalkan adat budaya warisan nenek moyang. “Sehingga dengan pelaksanaan ritual ini apa yang menjadi harapan dan cita-cita bersama untuk mewujudkan Poso yang damai, adil dan sejahtera didukung sumber daya manusia yang andal dan bermartabat, di bawah lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa akan dapat terwujud dan dirasakan oleh seluruh masyarakat” ucap Bupati Darmin di hadapan warga masyarakat serta tokoh-tokoh adat dan masyarakat serta tokoh-tokoh agama yang turut hadir dalam ritual pelaksanaan adat tersebut.

Baca Juga :  Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kawua
Peresmian Sarana Bangunan Wisata Alam Desa Tindoli dengan pengguntingan pita

Dalam kunjungan kerja tersebut Bupati Darmin juga kembali menegaskan kepada masyarakat 3 Desa akan adanya perbaikan infrastruktur jalan yang menghubungkan 3 desa tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah daerah untuk memberikan warna perubahan bagi masyarakat hingga di pelosok wilayah Kabupaten Poso yang tentunya hal ini dilakukan secara bertahap dan nantinya juga akan mengunjungi serta meninjau langsung wilayah-wilayah lainnya. “Kami bermimpi tidak pada saat kami sedang tidur, tapi kami bermimpi pada saat kami tengah duduk bekerja ; merapatkan segala pekerjaan-pekerjaan daerah yang harus kami penuhi untuk kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat Bumi Sintuwu Maroso. Oleh karenanya dalam segala keterbatasan kami sebagai Pemerintah Daerah, di tengah berbagai kritikan dan rasa pesimis yang dilontarkan / diarahkan pada pemerintah daerah, kami akan tetap terus bekerja, berupaya memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah” tegas mantan Staf Ahli A Wilayah Nasional Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur TNI – Angkatan Laut ini.

Dalam sambutannya Bupati Darmin juga mengharapkan dukungan, doa serta sinergitas dari seluruh stakeholder yang ada untuk bahu-membahu dalam bidang tugas masing-masing memberikan sentuhan / kontribusi positif bagi kemajuan daerah. Setelah pelaksanaan ritual adat, Bupati Darmin juga meresmikan fasilitas serta sarana prasarana olahraga yang ada di desa Tindoli dengan pengguntingan pita dan menyerahkan sejumlah bantuan makanan tambahan (PMT) untuk anak-anak balita dan ibu-ibu hamil.

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja Pemerintah Daerah ini selain untuk memberikan stimulus kepada wilayah-wilayah yang diberikan bantuan juga kiranya dapat memotivasi wilayah lainnya untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah membangun Kabupaten Poso yang lebih baik lagi serta bersinergi bersama Pemerintah Daerah dalam mewujudkan capaian satu tujuan yang telah tertuang dalam visi misi pemerintah daerah demi kemajuan bersama. (GP)

KOMENTAR